Materi ajar hari Kamis, 13 Febuari 2020

MUATAN BAHASA INDONESIA TENTANG MENULISKAN INFORMASI DALAM BENTUK PETA PIKIRAN

Peta pikiran merupakan suatu konsep yang menyajikan isi dari informasi pada teks dengan bentuk yang menarik. Baik menyajikan informasi dalam bentuk gambar mauoun peta pikiran, keduanya dapat membuat kita lebih memahami informasi apa yang disajikan dalam teks.
Informasi dari teks dalam bentuk peta pikiran sebenarnya hanya memudahkan kita untuk memahami isi ceritanya selain memudahkan kita memahami ceritanya, peta pikiran dapat membuat kita lebih mudah meahami&mengingat isi dalam teks peta pikiran tersebut.

MUATAN IPS TENTANG PENGARIH KONDISI GEOGRAFIS TRRHADAP EKONOMI MASYARAKAT

Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan, disebut sebagai negara kepulauan karena terdiri atas pulau-pulau besar seperti Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Papua. Berdasarkan statistiknya, wilayah Indonesia memiliki perbandingan 4:1, dimana lautan lebih dominan daripada daratannya. Berdasarkan letak geografisnya, Indonesia termasuk dalam wilayah Asia Tenggara. Dimana bagi negara yang berada di wilayah geografis ini dianggap sebagai negara yang memiliki banyak potensi dan disini Indonesia termasuk dalam kategori tersebut.

Letak geografis adalah letak suatu negara yang dilihat dari permukaan buma bumi. Berdasarkan letak geografisnya, Indonesia terletak diantara 2 benua dan 2 samudera, dimana hal ini membuat Indonesia menjadi kategori negara yang memiliki potensial seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Lantas apa pengaruh letak geografis Indonesia bagi negaranya sendiri ? Berikut penjelasannya :

1. Memiliki 2 Musim

Seperti yang sudah disinggung diatas bahwa Indonesia ini berada diantara 2 samudera yaitu Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Dimana negara ini kemudian dilalui oleh angin monsoon (angin muson). Angin ini akan berganti arah setiap 6 bulan sekali atau dapat dikatakan 2 kali dalam 1 tahun, adanya angin inilah yang menyebabkan negara ini hanya memiliki 2 musim di setiap tahunnya, yaitu musim hujan dan kemarau. Dimana terkadang ketika musim kemarau datang akan menjadi musim kemarau yang berkepanjangan dan dapat menimbulkan kekeringan di berbagai tempat, sebaliknya ketika musim hujan tiba akan terjadi hujan lebat karena wilayahnya yang berada diantara 2 samudra besar di dunia.

2. Pengaruh Terhadap Kondisi Alam

Indonesia merupakan negara kepulauan dimana wilayah negara ini adalah wilayah pertemuan antara dua samudera yang diapit oleh dataran luas (Benua Asia dan Australia). Hal inilah yang memiliki pengaruh terhadap kondisi alamnya, yaitu wilayah Indonesia menjadi beriklim laut, dimana karena negara Indonesia disebut sebagai negara kepulauan maka akan banyak mendapat pengaruh dari angin laut dan mendatangkan hujan yang mempengaruhi cuaca di Indonesia. Seperti yang telah kita ketahui bahwa cuaca di Indonesia sangat berbeda di setiap wilayahnya sehingga di wilayah tersebut muncul berbagai ragam jenis tumbuhan dan hewan

3. Ekonomi Negara

Sebagai negara yang diapit oleh 2 samudera dan 2 benua, Indonesia menjadi wilayah yang sangat strategis. Hal ini membuat terjadinya lalu lintas internasional, baik itu di darat ataupun di laut. Dengan demikian maka Indonesia memiliki potensi yang besar sebagai negara dengan tingkat perekonomian yang besar karena pada umumnya Indonesia merupakan negara berkembang dan sebagai negara industri yang kemudian negara lain menjadikan negara ini sebagai titik industrinya.

Perekonomian tersebut diantaranya dalam bidang perikanan dimana Indonesia memiliki sumber penghasilan ikan yang baik, dimana nantinya hasil laut tersebut sebagaian besar akan di ekspor ke luar negeri, dalam bidang seni antara lain adalah seni membatik yang dapat dipamerkan kepada dunia dan tentunya dapat dijadikan sebagai ciri khas negara, dalam bidang kerajinan antara lain adalah ukiran dari kayu, perak atau emas yang menarik sehingga dapat menarik perhatian dunia untuk mengkoleksi benda-benda tersebut serta dalam bidang pariwisata dimana Indonesia memiliki berjuta-juta tempat yang indah yang pantas untuk dijadikan sebagai tempat tujuan wisata dengan harga yang terjangkau, contohnya disini adalah Bali yang memiliki keindahan dan budayanya yang unik sehingga setiap tahunnya banyak wisatawan luar negeri yang berkunjung ke tempat ini.



MUATAN IPS TENTANG HUBUNGAN KONDISI ALAM DENGAN EKONOMI MASYARAKAT

Kondisi geografis Indonesia menyebabkan negara ini memiliki kekayaan alam yang beragam. Indonesia memiliki berbagai produk pertanian dan perkebunan seperti  kopi, teh, tebu, dan lainnya.
Hubungan nya sangat erat contoh misalnya orang yang tinggal di perbukitan biasanya bermata pencarian sebagai peladang (teh,cengkeh,dll),di pedesaan kebanyakan bermata pencaharian sebagai petani,peternak,dll. Sedangkan di daerah pantai biasanya bermata pencaharian sebagai nelayan.
Ini di karenakan hubungan cuaca,pola pikir,serta kebudayaan yang ada dimasing -masing.

MUATAN BAHASA INDONESIA TENTANG MENULISKAN INFORMASI TEKS DARI TEKS NONFIKSI


Salah satu cara efektif untuk menemukan informasi penting pada teks adalah dengan membaca dari awal hingga akhir secara intensif. Apabila ditemukan informasi penting, garis bawahi kalimat tersebut agar mudah diidentifikasi. Dengan cara ini, akan lebih mudah untuk menangkap informasi dalam suatu teks.

MUATAN PPkN TENTANG PERAN MENJAGA KELESTARIAN ALAM BERDASARKAN MATA PENCAHARIAN

Manusia sebagai makhluk dominan yang mempunyai pengaruh besar terhadap lingkungannya mempunyai peran positif untuk menjaga keseimbangan lingkungan hidupnya. Beberapa peran positif yang dapat dilakukan manusia adalah :
  1. Menerapkan sistem tebang pilih dan mengatur pengelolaan sumber daya alam secara bijak terutama sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.
  2. Mengadakan reboisasi atau penghijauan untuk menjaga kelestarian flora dan fauna, serta mencegak terjadinya bencana yang diakibatkan oleh terganggunya keseimbangan lingkungan.
  3. Melindungi flora dan fauna langka dengan menetapkan kawasan cagar alam dan suaka marga satwa, serta mengawasi ekspor dan impor hewan- hewan tertentu (baca : Cagar Alam di Indonesia beserta Flora dan Fauna yang Dilindungi).
  4. Mengolah limbah industri dengan tepat, serta melakukan daur ulang limbah atau sampah rumah tangga untuk mengurangi dampak pencemaran lingkungan. Manusia juga dapat memilah sampah dengan cara membagi sampah menjadi tiga kategori yakni sampah organik yang nantinya bisa digunakan sebagai pupuk kompos, sampah anorganik dan sampah logam yang bisa dimanfaatkan kembali (baca : Cara Pemanfaatan Sampah).
  5. Menerapkan sistem multikultur atau tumpang sari dalam bercocok tanam, sehingga kesuburan tanah dapat terjaga. Selain itu, pada daerah lereng gunung dapat diterapkan terassering untuk mengurangi resiko erosi tanah.
  6. Mengkonsumsi hasil peternakan dan pertanian dalam negeri, sehingga mengurangi impor buah- buahan dan daging dari luar negeri yang secara tak disengaja dapat membawa telur hama baru yang merugikan petani.
  7. Mengurangi penggunaan bahan- bahan kimia berbahaya yang dapat mencemari lingkungan, seperti pestisida dan detergen tidak ramah lingkungan. Pestisida dapat diganti dengan menerapkan metode biological control yang memanfaatkan musuh alami hama tanaman.
  8. Menghindari pemborosan air sehingga sumber daya air tetap terjaga (baca : Cara Menjaga Kelestarian Air). Selain itu, manusia juga harus bijak dalam menggunakan listrik dan bahan bakar (baca : Kekurangan dan Kelebihan Bahan Bakar Fosil). Menghemat listrik dapat dilakukan dengan penggunaan alat elektronik yang berdaya rendah dan mematikan lampu jika tidak digunakan. Sedangkan menghemat bahan bakar dapat dilakukan dengan membiasakan jalan kaki jika jarak tempuh dekat dan memilih transportasi umum untuk mengurangi penggunaan kendaraan bermotor.
  9. Melakukan analisis mengenai dampak lingkungan (AMDAL), yakni dengan cara mempertimbangkan kemungkinan terjadinya kerusakan dan pencemaran lingkungan sebelum melakukan pembangunan (baca : Prinsip Etika Lingkungan).
  10. Membuat peraturan atau undang- undang yang dapat melindungi kelestarian dan keseimbangan lingkungan hidup serta keanekaragaman hayati yang ada. Setelah membuat peraturan, maka aturan tersebut harus benar- benar dipatuhi dan menindak tegas oknum- oknum yang melanggarnya

0 komentar:

Posting Komentar