Rabu, 16 Agustus 2023

 Rabu 16 AGUSTUS 2023,

 

                           

            





SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG
KELAS 1B
WALI rabuKELAS :  FUJI lESTARI I, S.Pd

Good morning everyone...

How are you students? 

Hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. 

Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. 

Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learni

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

  • Bernyanyi lagu daerah
  • Menyimak cerita
  • Merangkai suku kata yang diawali huruf ‘h'
  • Menulis huruf ‘H’ dan ‘c'
  • Menghitung maju dan mundur

Tujuan Pembelajaran (TP):

  • Peserta didik dapat menunjukkan keterlibatan aktif dengan cara menyanyi sendiri maupun bersama-sama
  • Peserta didik dapat menyimak cerita
  • Peserta didik dapat merangkai suku kata yang diawali huruf ‘h’ dan 'c'
  • Peserta didik dapat menulis huruf ‘H’ dan ‘c’ 
  • Peserta didik dapat menggunakan gambar, obyek, dan bilangan dalam bentuk pola bilangan sampai 10

Capaian Pembelajaran (CP):
  • Peserta didik mampu menyimak, melibatkan diri secara aktif dalam pengalaman atas bunyi-musik (bernyanyi, bermain alat/ media musik, mendengarkan), mengimitasi bunyi-musik serta dapat mengembangkannya menjadi pola baru yang sederhana. Peserta didik mengenali diri sendiri, sesama, dan lingkungannya serta mengalami keberagaman/kebhinekaan sebagai bahan dasar berkegiatan musik seperti yang terwujud dalam pengenalan kualitas-kualitas dan unsur-unsur sederhana dalam bunyi/musik beserta konteks yang menyertainya seperti: lirik lagu dan kegunaan musik yang dimainkan.
  • Peserta didik mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian. Peserta didik menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu memahami pesan lisan dan informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.
  • Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenalinya sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi
  • Peserta didik mampu menunjukan pemahaman makna simbol matematika "=" dalam suatu kalimat matematika yang terkait dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 20 menggunakan gambar. Contoh: 
  • Peserta didik dapat mengenali, meniru, dan melanjutkan pola bukan bilangan (misalnya, gambar, warna, suara).

SENI MUSIK


Lagu Daerah adalah lagu yang berasal dari daerah tertentu dengan ide penciptaan berdasarkan atas budaya dan adat istiadat suatu daerah tertentu. Didalam lagu tersebut terkandung suatu makna, pesan untuk masyarakat serta suasana/keadaan masyarakat setempat, dan bahasa yang digunakan adalah bahasa daerah setempat.
daerah tertentu. Didalam lagu tersebut terkandung suatu makna, pesan untuk masyarakat serta suasana/keadaan masyarakat setempat, dan bahasa yang digunakan adalah bahasa daerah setempat.

Yuk, dengarkan melalui link video dibawah ini !

Dengarkan sambil nyanyikan ya 😊


Arti Sang Bumi Ruwa Jurai adalah satu bumi ada dua masyarakat adat pepadun (hidup di daratan) dan sai batin (tinggal di wilayah pesisir). Maknanya, hidup rukun walau berbeda adatnya. 

MATEMATIKA

MATEMATIKA


Menghitung Maju dan Mundur


1. Menghitung Maju


    Upe naik tangga.

    Upe menghitung maju mulai dari 1.


Cara menghitung maju:

• mulai dari bilangan kecil ke besar;

• langkahnya sama.


2. Menghitung Mundur

    Upe turun tangga.
    Upe menghitung mundur mulai dari 10.

BERMAIN!!!
  • Buat barisan terdiri atas 6 anak.
  • Berhitunglah dengan suara nyaring.
  • Siswa paling ujung menyebutkan satu bilangan.
  • Siswa di sampingnya melanjutkan.
  • Setiap kelompok dapat menghitung maju atau mundur.
  • Kelompok paling cepat dan benar jadi pemenang.

Berlatih Yuk!!!
  1. Lengkapi bilangan mulai dari 1 sampai 10 

  2. Lengkapi bilangan mulai dari 10 sampai 1 


Lalujawablah pertanyaan-pertanyaan guru ini dengan jelas.

  1. Ada berapa anak pada gambar di atas?
  2. Dari kedua anak pada gambar itu, yang manakah Caca?
  3. Menurutmu, apa yang bisa dilakukan Caca?
  4. Apa isi ceritanya, ya?


Yuk Simak cerita ini dengan saksama.

Lalu, ikuti guru membaca ceritanya. 




0 komentar:

Posting Komentar