Selasa, 22 Agustus 2023

 

SELASA 22 AGUSTUS 2023

SELASA 22 AGUSTUS 2023, MATEMATIKA

 

                           

            





SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG
KELAS 1B
WALI KELAS : FUJI LESTARI, S.Pd

Jadwal Pelajaran
Matematika

Good morning everyone...

How are you students? 

Hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. 

Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. 

Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. 


Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

  • Bernyanyi lagu daerah
  • Menyimak cerita
  • Merangkai suku kata yang diawali huruf ‘h'
  • Menulis huruf ‘H’ dan ‘c'
  • Pasangan Bilangan

Tujuan Pembelajaran (TP):

  • Peserta didik dapat menunjukkan keterlibatan aktif dengan cara menyanyi sendiri maupun bersama-sama
  • Peserta didik dapat menyimak cerita
  • Peserta didik dapat merangkai suku kata yang diawali huruf ‘h’ dan 'c'
  • Peserta didik dapat menulis huruf ‘H’ dan ‘c’ 
  • Peserta didik dapat menguraikan bilangan sampai 10

Capaian Pembelajaran (CP):
  • Peserta didik mampu menyimak, melibatkan diri secara aktif dalam pengalaman atas bunyi-musik (bernyanyi, bermain alat/ media musik, mendengarkan), mengimitasi bunyi-musik serta dapat mengembangkannya menjadi pola baru yang sederhana. Peserta didik mengenali diri sendiri, sesama, dan lingkungannya serta mengalami keberagaman/kebhinekaan sebagai bahan dasar berkegiatan musik seperti yang terwujud dalam pengenalan kualitas-kualitas dan unsur-unsur sederhana dalam bunyi/musik beserta konteks yang menyertainya seperti: lirik lagu dan kegunaan musik yang dimainkan.
  • Peserta didik mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian. Peserta didik menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu memahami pesan lisan dan informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.
  • Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenalinya sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi
  • Peserta didik mampu menunjukan pemahaman makna simbol matematika "=" dalam suatu kalimat matematika yang terkait dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 20 menggunakan gambar. Contoh: 
  • Peserta didik dapat mengenali, meniru, dan melanjutkan pola bukan bilangan (misalnya, gambar, warna, suara).
  • SENI MUSIK


    Lagu Daerah adalah lagu yang berasal dari daerah tertentu dengan ide penciptaan berdasarkan atas budaya dan adat istiadat suatu daerah tertentu. Didalam lagu tersebut terkandung suatu makna, pesan untuk masyarakat serta suasana/keadaan masyarakat setempat, dan bahasa yang digunakan adalah bahasa daerah setempat.




    Yuk, dengarkan melalui link video dibawah ini !

    Dengarkan sambil nyanyikan ya 😊


    Lagu Anak Kambing Saya berasal dari Nusa Tenggara Timur (NTT). Lagu Anak Kambing Saya merupakan lagu anak anak yang dapat dinyanyikan oleh masyarakat dari daerah manapun, lagu ini diciptakan menggunakan bahasa Indonesia.


    Lirik Lagu Anak Kambing Saya 
    Mana di mana anak kambing saya 
    Anak kambing tuan ada di pohon waru 
    Mana di mana jatung hati saya 
    Jantung hati tuan ada di kampung baru 
    Caca marica he hei Caca marica he hei 
    Caca marica ada di kampung baru 
    Caca marica he hei 
    Caca marica he hei 
    Caca marica ada di kampung baru

    Makna Lagu Kambing Saya Lagu Anak Kambing Saya dinyanyikan bagaikan percakapan antara dua orang, yaitu satu orang bertanya dan satu orang menjawab. Makna lagu ini juga dapat berarti bahwa seorang anak yang sedang berjuang di tanah rantau sehingga harus meninggalkan orang tuanya. Lagu Anak Kambing Saya dinyanyikan dalam tempo cepat dan bernuansa keceriaan.


    MATEMATIKA


    PASANGAN BILANGAN


        Ada 5 kue.

        Dua donat

        Tiga kue bolu

        



Pasangan bilangan:

• Satu bilangan bisa dipisahkan.

• Dua bilangan bisa digabungkan.

AYO MENCOBA
• Ambil beberapa benda dan hitunglah.
• Pisahkan menjadi dua kelompok.
• Hitung banyak benda di setiap kelompok.
• Tulis hasilnya di kertas.
Contoh:


 


BAHASA INDONESIA


Dengarkan guru membaca cerita di bawah ini!


Bermain Bersama Teman

Cika bermain bersama teman-teman

Ada yang bermain engklek, lompat tali, dan sepak bola


Pesan ibu pada Cika, bermain harus berhati-hati

Keselamatan badan itu penting


Cika dan teman-teman bermain memakia sepatu

Memakai sepatu saat bermain baik untuk kesehatan

Lihat, alat apa saja yang merekan pakai untuk bermain?





Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan lisan  

  1. Dengan siapa Cika bermain?
  2. Dimana Cika dan teman-teman bermain?
  3. Apa pesan ibu kepada Cika saat bermain?
  4. Mengapa harus memakai sepatu saat bermain?
  5. Sebutkan dua alat permainan yang digunakan pada gambar di atas?

0 komentar:

Posting Komentar