Jum'at, 26 Juli 2024.




   


KELAS   V B

GURU KELAS : Fuji lestari,S.Pd.

Good morning everyone...

How are you students? 

Hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. 

Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. 


Pendidikan Anti Korupsi
Materi Aku bisa bersifat jujur 

Kenapa harus jujur sih
Manfaat terbesar dari berbuat jujur adalah dapat dipercaya oleh orang lain dan membangun kepercayaan dari orang lain merupakan hal yang sulit. Membiasakan berbuat jujur akan menghindarkan kita dari segala macam fitnah sehingga hidup akan terasa lebih tentram.

Jujur?

Jujur adalah sikap lurus hati. Makna dari sikap lurus hati adalah tidak mengatakan suatu kebohongan. Jujur adalah sikap yang menampilkan sesuatu yang sebenar-benarnya.

Orang yang jujur pasti akan mengatakan hal yang benar. Hal-hal yang disampaikan tidak menyalahi fakta yang seharusnya. Selain itu, jujur juga dapat dikatakan sesuatu yang sesuai antara niat dengan ucapan.

Niat dan ucapan juga akan sejalan dengan perbuatannya. Ini berarti bahwa intensi adalah sebuah komponen utama dari kejujuran. Orang yang sudah terbiasa jujur pasti memiliki ucapan dan perbuatan yang sama lurusnya.

Sebuah kejujuran adalah aspek moral kehidupan. Aspek ini memiliki nilai baik serta nilai positif. Kejujuran juga dapat digantikan dengan kata lain.

Di dalam kejujuran, terdapat sikap yang tulus. Orang yang menyampaikan suatu hal yang benar tentu memiliki niat yang lebih baik. Meskipun terkadang kejujuran adalah hal yang tidak mudah diterima. 

Selain itu, terdapat pula sikap setia dan adil di dalam suatu kejujuran. Sifat jujur adalah hal yang sangat berharga. Bayaran dari seseorang yang selalu jujur adalah kepercayaan.

Semua orang pasti menghargai suatu kebenaran. Di dalam setiap etnis, budaya maupun agama kebenaran tentu dijunjung tinggi. Maka setiap ajaran tentu mengharuskan kejujuran ada di dalamnya.

Kenapa Harus Memiliki Sifat Jujur?

1. Dasar perbuatan baik

sifat jujur: Dasar perbuatan baikSifat jujur adalah salah satu dasar dari perbuatan baik. Orang yang selalu berkata jujur sebenarnya dimulai dari dirinya. Tidak hanya kepada orang lain, tetapi kejujuran juga harus ditanamkan kepada diri sendiri.

Orang yang selalu bersikap jujur pasti mengerti antara hal yang salah dan hal yang benar. Sebelum ia menyampaikan suatu kejujuran pada orang lain, ia akan berbalik pada dirinya sendiri. Ia akan mempertanyakan mengenai hal yang ingin disampaikan.

Apakah hal tersebut harus segera disampaikan. Sebaliknya, apakah hal tersebut dapat disampaikan pada waktu yang tepat. Pertanyaan-pertanyaan seperti itu akan terlintas di dalam pikiran sebelum menyampaikan sesuatu.

Pada dasarnya, memang kejujuran harus segera disampaikan. Akan tetapi, ada hal yang perlu kamu ingat. Hal tersebut adalah segala sesuatu tidak harus langsung terjadi.

Ada beberapa hal mengenai kejujuran yang memang harus ditunda dalam penyampaiannya. Hal-hal seperti itu tentu memiliki alasan tersendiri. Contohnya seperti harus mendapatkan fakta atau bukti yang valid sebelum mengungkapkannya.

Maka dari itu, sifat jujur dapat dikatakan sebagai hal dasar. Hal dasar dalam perbuatan baik. Orang yang menjunjung tinggi suatu kejujuran tentu akan menghargai kebenaran

2. Membuat hati tenang

sifat jujur: Membuat hati tenangMengungkapkan sebuah kebenaran pasti memiliki banyak dampaknya. Baik dampak untuk orang lain, maupun dampak bagi diri sendiri. Dampak itu akan dirasakan ketika sebuah kejujuran sudah terungkap.

Orang yang memiliki sifat jujur akan membuat hidupnya nyaman. Membuat ia merasakan ketenangan dan kedamaian. Hal itu karena ia tidak lagi menyimpan sebuah rahasia.

Kejujuran tidak hanya berkaitan dengan suatu hal yang harus diucapkan. Melakukan sesuatu yang benar juga termasuk ke dalam kejujuran. Seperti sikap jujur dengan tidak berbuat curang.

Contohnya ketika seorang siswa sedang menjalankan ujian. Guru pengawasnya harus pergi ke toilet. Itu akan membuat suasana kelas menjadi kacau.

Dalam situasi ini, ada beberapa siswa yang tidak berlaku jujur. Seperti bekerja sama dengan teman lainnya. Bahkan menyontek ke dalam buku catatan.

Perbuatan-perbuatan seperti itu juga termasuk sikap yang tidak jujur. Orang yang tetap jujur dengan orang yang menyontek tentu akan berbeda. Mereka yang tetap jujur akan tenang dalam menjalankan ujian.

Sementara mereka yang menyontek akan was-was, khawatir guru pengawas kembali ke kelas. Ini adalah salah satu contoh nyata dari perbuatan mengenai kejujuran. Ketika kamu menjunjung tinggi suatu kejujuran dan menjalankannya, maka hati menjadi tenang

3. Mendapat kepercayaan

sifat jujur: Mendapat kepercayaanSifat jujur akan membawa dampak positif bagi diri kamu. Orang yang terbiasa berkata jujur akan dipercaya oleh orang lain. Kepercayaan itu datang sendirinya akibat dari kejujuran.

Hal ini tentu menjadi sebuah keuntungan untuk kamu. Selain kamu sudah menyampaikan suatu kejujuran, kamu juga akan mendapatkan kepercayaan. Bagi sebagian orang, memberikan kepercayaan adalah hal yang sulit.

Namun, ketika menghadapi seseorang yang selalu jujur berbeda. Orang yang selalu jujur akan membuat kepercayaan mereka terbuka. Maka salah satu cara mendapatkan kepercayaan seseorang adalah melalui sifat jujur.

Kepercayaan dalam hal ini juga beragam. Dapat terjadi dimanapun kejujuran itu berada. Contohnya seperti dalam urusan pekerjaan.

Jika kamu selalu berkata jujur, maka kamu akan dipercaya oleh rekan-rekan kerja kamu. Ini menjadi sebuah manfaat yang besar untuk kamu. Ada kalanya, kejujuran itu akan mempengaruhi pekerjaan kamu.

Contohnya, posisi kerja kamu akan berubah. Semula adalah pegawai biasa, dapat diangkat menjadi kepala bidang tertentu. Hal itu terjadi karena rekan atau bos kamu sudah percaya pada sikap atau perkataan kamu.




0 komentar:

Posting Komentar