Selasa, 22 Oktober 2024


   

KELAS VB

GURU KELAS : Fuji lestari,S.Pd.

Tabik pun Selamat pagi sholih sholiha ibu guru kelas VB

Semoga sholih sholiha dalam keadaan sehat walafiat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. 

Sebelum belajar kita mendengarkan tausyiah terlebih dahulu, dilanjutkan menyanyikan lagu wajib nasional mars al- Azhar lampung, sholat dhuha dan murajaah surat- surat pendek. 

Baiklah sholih sholiha, sebelum Ibu menjelaskan materi hari ini, ibu akan menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini 

Tujuan Pembelajaran

1. Pengetahuan: Siswa dapat menjelaskan pengertian musyawarah dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.

2. Keterampilan: Siswa dapat melakukan musyawarah dalam kelompok untuk memecahkan masalah sederhana.

3. Sikap: Siswa dapat menghargai pendapat orang lain dan berpartisipasi aktif dalam proses musyawarah.

 Metode Pembelajaran

1. Ceramah: Menjelaskan konsep musyawarah dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari.

2. Diskusi Kelas: Mengajak siswa berdiskusi tentang pengalaman mereka terkait musyawarah.

3.  Melakukan praktik musyawarah dalam kelompok kecil untuk memecahkan suatu masalah.

 Media Pembelajaran

1. Presentasi: Menggunakan slide atau poster untuk menjelaskan materi musyawarah.

2. Video: Menampilkan video tentang musyawarah yang sukses dalam masyarakat.

3. Buku Cerita: Menggunakan buku cerita yang mengandung nilai-nilai musyawarah.

4. Alat Peraga: Menggunakan papan tulis untuk mencatat hasil musyawarah dan membuat mind map.

Dengan pendekatan ini, diharapkan siswa dapat memahami pentingnya musyawarah dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Materi: Arti Penting Musyawarah dalam Kehidupanku


 Pengertian Musyawarah

Musyawarah adalah proses diskusi bersama untuk mencapai kesepakatan atau keputusan. Dalam musyawarah, setiap orang memiliki kesempatan untuk menyampaikan pendapat dan ide.

Arti Penting Musyawarah

1. Membangun Kebersamaan: Musyawarah membantu menciptakan rasa kebersamaan dan saling menghargai di antara anggota kelompok.

2. Mendengar Pendapat: Setiap orang memiliki hak untuk menyampaikan pendapatnya, sehingga beragam ide dapat dipertimbangkan.

3. Mengatasi Masalah: Melalui musyawarah, kelompok dapat menemukan solusi terbaik untuk masalah yang dihadapi.

4. Menumbuhkan Tanggung Jawab: Dalam musyawarah, setiap anggota merasa bertanggung jawab terhadap keputusan yang diambil.

5. Meningkatkan Keterampilan Sosial**: Musyawarah melatih keterampilan komunikasi, negosiasi, dan kerjasama.

Contoh Musyawarah dalam Kehidupan Sehari-hari

1. Di Sekolah: Saat merencanakan acara kelas, siswa berkumpul untuk mendiskusikan tema, waktu, dan tempat acara.

2. Di Keluarga: Keluarga berkumpul untuk membahas keputusan penting, seperti liburan atau pembelian barang.

3. Di Masyarakat: Dalam musyawarah desa, warga berdiskusi tentang pembangunan fasilitas umum atau program sosial.

 Kesimpulan

Musyawarah adalah bagian penting dalam kehidupan sehari-hari. Dengan musyawarah, kita dapat belajar untuk menghargai pendapat orang lain, bekerja sama, dan mencapai keputusan yang bermanfaat bagi semua pihak.

Ipas

Keseimbangan ekosistem 

 Tujuan Pembelajaran: Keseimbangan Ekosistem

1. Pengetahuan: Siswa dapat menjelaskan pengertian ekosistem dan faktor-faktor yang mempengaruhi keseimbangannya.

2. Keterampilan: Siswa dapat mengidentifikasi komponen ekosistem dan menggambarkan hubungan antar komponen tersebut.

3. Sikap: Siswa dapat menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan dan pentingnya menjaga keseimbangan ekosistem.

Metode Pembelajaran

1. Ceramah: Menjelaskan konsep ekosistem dan keseimbangannya.

2. Diskusi: Mengajak siswa berdiskusi tentang contoh keseimbangan ekosistem di sekitar mereka.

3. Praktik Lapangan: Mengobservasi ekosistem di lingkungan sekitar, seperti taman atau kebun.

4. Presentasi: Siswa mempresentasikan hasil observasi atau penelitian tentang ekosistem.

Media Pembelajaran

1. Presentasi PowerPoint: Menampilkan informasi dan gambar mengenai ekosistem.

2. Video Edukasi: Menampilkan dokumentasi tentang keseimbangan ekosistem dan dampak kerusakan lingkungan.

3. Poster: Membuat poster tentang komponen ekosistem dan interaksinya.

4. Model: Menggunakan model ekosistem (misalnya, diorama) untuk menggambarkan keseimbangan antar komponen.

Dengan pendekatan ini, diharapkan siswa dapat memahami pentingnya keseimbangan ekosistem dan bagaimana menjaga lingkungan.

Materi ekosistem 

Materi: Keseimbangan Ekosistem

Pengertian Ekosistem

Ekosistem adalah suatu sistem yang terbentuk oleh interaksi antara makhluk hidup (biotik) dan komponen tidak hidup (abiotik) di lingkungan tertentu. Contoh ekosistem meliputi hutan, danau, laut, dan padang rumput.


Komponen Ekosistem

1. Komponen Biotik**: Semua makhluk hidup, seperti tumbuhan, hewan, dan mikroorganisme.

2. Komponen Abiotik**: Elemen non-hidup yang mempengaruhi kehidupan, seperti air, tanah, udara, dan cahaya matahari.


 Keseimbangan Ekosistem

Keseimbangan ekosistem terjadi ketika semua komponen biotik dan abiotik berfungsi dengan baik dan saling mendukung. Keseimbangan ini penting untuk menjaga kelangsungan hidup makhluk hidup dan keberlangsungan fungsi ekosistem.


 Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keseimbangan Ekosistem

1. **Suhu**: Suhu yang ekstrem dapat mempengaruhi aktivitas kehidupan dan distribusi spesies.

2. Air: Ketersediaan air yang cukup mendukung pertumbuhan tumbuhan dan kehidupan hewan.

3. Cahaya Matahari**: Cahaya matahari penting untuk fotosintesis dan keberlangsungan hidup tumbuhan.

4. Interaksi antar Spesies**: Hubungan antara predator dan mangsa, serta simbiosis antara spesies, mempengaruhi keseimbangan.


 Dampak Gangguan terhadap Keseimbangan

1. **Penebangan Hutan**: Mengurangi habitat dan mengganggu rantai makanan.

2. **Pencemaran**: Merusak kualitas air dan udara, mempengaruhi kesehatan makhluk hidup.

3. Perubahan Iklim: Mengubah kondisi lingkungan dan mempengaruhi pola hidup spesies.


 Upaya Menjaga Keseimbangan Ekosistem

1. **Konservasi**: Melestarikan habitat alami dan melindungi spesies terancam punah.

2. Reboisasi: Menanam kembali pohon di area yang telah ditebang.

3. Pengelolaan Sumber Daya Alam**: Menggunakan sumber daya alam secara berkelanjutan.

4. Edukasi Lingkungan: Meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga keseimbangan ekosistem.

Kesimpulan

Keseimbangan ekosistem sangat penting untuk kelangsungan hidup semua makhluk hidup di Bumi. Dengan memahami komponen dan faktor yang mempengaruhi keseimbangan ini, kita dapat berkontribusi dalam menjaga dan melestarikan lingkungan kita.

Poster 



Bahasa Indonesia 

Menyimak teks prosedur 

Tujuan Pembelajaran

1. Pengetahuan: Siswa dapat memahami pengertian teks prosedur dan ciri-cirinya.

2. Keterampilan: Siswa dapat menyusun teks prosedur yang jelas dan terstruktur.

3. Sikap: Siswa dapat bekerja sama dalam kelompok untuk membuat teks prosedur dan saling menghargai pendapat. 

Metode Pembelajaran

1. Ceramah: Menjelaskan pengertian dan ciri-ciri teks prosedur.

2. Diskusi: Mengajak siswa berdiskusi tentang contoh teks prosedur dalam kehidupan sehari-hari.

3. Praktik: Siswa membuat teks prosedur berdasarkan aktivitas sehari-hari, seperti membuat makanan atau merawat tanaman.

4. Presentasi: Siswa mempresentasikan teks prosedur yang telah dibuat di depan kelas.


Media Pembelajaran

1. Buku Teks: Menggunakan buku pelajaran untuk membaca contoh teks prosedur.

2. Slide Presentasi: Menampilkan informasi tentang teks prosedur dan contohnya.

3. Kertas dan Alat Tulis: Untuk menyusun teks prosedur secara manual.

4. Video: Menampilkan video yang menjelaskan cara membuat sesuatu (misalnya, resep masakan) sebagai contoh teks prosedur.

Dengan pendekatan ini, diharapkan siswa dapat memahami dan mampu menyusun teks prosedur dengan baik.

Materi menyimak teks prosedur 

 Materi: Menyimak Teks Prosedur

 Pengertian Teks Prosedur

Teks prosedur adalah teks yang berisi langkah-langkah untuk melakukan suatu kegiatan atau membuat sesuatu. Teks ini dirancang untuk memberikan petunjuk yang jelas dan sistematis.


Tujuan Menyimak Teks Prosedur

1. Memahami Langkah-langkah Siswa dapat mengidentifikasi dan memahami setiap langkah dalam teks prosedur.

2. Mengikuti Instruksi: Siswa dapat mengikuti instruksi yang diberikan dalam teks untuk melakukan suatu kegiatan.


 Ciri-Ciri Teks Prosedur

1. Struktur Jelas: Teks terdiri dari judul, tujuan, bahan yang diperlukan, dan langkah-langkah.

2. Bahasa yang Mudah Dipahami: Menggunakan kalimat yang sederhana dan jelas.

3. Urutan yang Logis: Langkah-langkah disusun secara berurutan dari awal hingga akhir.


Contoh Teks Prosedur

Judul: Cara Membuat Teh Hangat


Tujuan: Untuk menyajikan teh hangat yang nikmat.

Bahan:

- 1 kantong teh

- 1 cangkir air panas

- Gula (sesuai selera)

Langkah-langkah:

1. Panaskan air hingga mendidih.

2. Masukkan kantong teh ke dalam cangkir.

3. Tuang air panas ke dalam cangkir.

4. Biarkan teh terendam selama 3-5 menit.

5. Tambahkan gula sesuai selera dan aduk rata.

6. Teh hangat siap disajikan.

Aktivitas Menyimak

1. Menyimak Bacaan**: Siswa menyimak pembacaan teks prosedur yang dibacakan oleh guru.

2. Diskusi**: Setelah menyimak, siswa mendiskusikan langkah-langkah yang telah disimak.

3. Tanya Jawab**: Siswa menjawab pertanyaan terkait isi teks prosedur yang disimak untuk menguji pemahaman.

 Kesimpulan

Menyimak teks prosedur sangat penting untuk memahami cara melakukan suatu kegiatan. Dengan menyimak dengan baik, siswa dapat mengikuti instruksi dengan tepat dan menghasilkan sesuatu sesuai dengan yang diharapkan.

Refleksi kegiatan hari ini materi pendidikan pancasila alhamdulillah peserta dapat berdiskusi dalam memutuskan suatu permasalahan secara musyawarah. Peserta didik dapat mengetahui faktor2 penyebab keseimbamgan ekosistem terganggu. Untuk materi bahasa Indonesia peserta dapat menyebutkan ciri2 teks prosedur dalam sebuah cerita. 

Berikut ini dokumentasi kegiatan hari ini 




0 komentar:

Posting Komentar