Rabu, 02 Oktober 2024
KELAS VB
GURU KELAS : Fuji lestari,S.Pd.
Good morning everyone...
How are you students?
Hopefully we're healthy and always in the protection of Allah.
Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah.
Semoga sholih sholiha kelas VB, selalu semangat dalam belajar dan selalu meminta Ridho kepada Orang tua, agar kalian menjadi anak-anak kebangga keluarga. minggu kemarin sholih sholiha sudah menceritakan makan tradisional hari ini anak- anak akan mencatatkan bahsn bahan untuk membuat kue tradisional klepon dan getuk selanjutnya Senin kemarin bu guru sudah menjelaskan materi pecahan, nah hari ini kita akan berlatih soal- sodl pecahan.
Semangat belajar sholih sholiha bu guru.
Kegiatan P5
Tujuan Pembelajaran :
1. Peserta didik diberikan penjelasan oleh guru mengenai tujuan kegiatan, yaitu untuk memetakan makanan khas daerah apa yang ingin dipilih, dibuat, dan dipromosikan dalam kegiatan projek kita
2. Peserta didik dan guru membentuk kelompok untuk kegiatan projek kita membuat makanan kue tradisional Nusantara.
3. Peserta didik diminta untuk berdiskusi bersama kelompoknya untuk menentukan makanan khas daerah apa yang ingin dibuat saat pameran nanti.
4. Makanan khas daerah yang dipilih peserta didik memiliki ketertarikan dan mudah untuk di buat.
5. Peserta didik dapat menentukan jenis makanan khas daerah yang berbeda di setiap kelompoknya.
6. Peserta didik dapat melihat bagaimana cara langka langkah dan bahan pembuatan makanan khas Daerah yang akan di buat.
Media yang di gunakan : PPT, video cara membuat makanan tradisional
Metode yang digunakan : Ceramah dan diskusi
Berikut ini gambar makanan tradisional
Berikut adalah bahan-bahan untuk membuat kue kelepon
Bahan Utama:
1. 250 gram tepung ketan
2. 200 ml air pandan (dari daun pandan yang dihaluskan dan disaring)
3. 1/4 sendok teh garam
4. 100 gram gula merah (serut halus)
5. Kelapa parut (secukupnya, untuk taburan)
6. 1/4 sendok teh garam (untuk kelapa)
Cara Membuat:
1. Campurkan tepung ketan dengan air pandan dan garam, uleni hingga adonan bisa dipulung.
2. Ambil sejumput adonan, pipihkan, beri gula merah serut, bulatkan dan rapatkan.
3. Kukus bola-bola ketan selama sekitar 20 menit.
4. Campurkan kelapa parut dengan sedikit garam, kukus selama 5-10 menit.
5. Sajikan kue nelepong dengan taburan kelapa.
Kue getuk
Bahan -bahan
Berikut adalah bahan-bahan untuk membuat getuk:
### Bahan Utama:
1. 500 gram singkong (kukus dan haluskan)
2. 150 gram gula pasir (sesuaikan dengan selera)
3. 1/4 sendok teh garam
4. 1/2 sendok teh vanili bubuk (opsional)
5. Pewarna makanan (sesuai selera, seperti pewarna hijau atau merah)
Untuk Taburan:
1. Kelapa parut (kukus, dicampur sedikit garam)
Cara Membuat:
1. Campurkan singkong halus dengan gula, garam, dan vanili hingga rata.
2. Bagi adonan menjadi beberapa bagian, beri pewarna sesuai selera.
3. Susun adonan dalam cetakan, padatkan.
4. Kukus selama 20-30 menit.
5. Setelah matang, dinginkan dan potong-potong, lalu taburi dengan kelapa parut.
Selamat mencoba!
Mapel :matematika
Tp. Peserta didik dapat memahami cara penyelesaian materi pecahan.
Media pembelajaran : Buku Matematika proyektor, dan PPT
Kartu Pecahan: Kartu dengan gambar pecahan yang berbeda untuk membantu siswa mengenali dan membandingkan pecahan.
Model Fisik: Menggunakan kue atau pizza yang dibagi menjadi bagian-bagian untuk memperlihatkan pecahan secara nyata.
Buah 🍎🍊 yang dibelah2 menjadi beberapa bagian.
Metode yang digunakan Metode Demonstrasi: Menggunakan alat peraga seperti kue, pizza, atau diagram untuk menunjukkan cara membagi keseluruhan menjadi pecahan.
Metode Problem Solving: Memberikan siswa masalah nyata yang melibatkan pecahan, sehingga mereka dapat belajar menyelesaikan masalah secara praktis.
Pecahan adalah cara untuk menyatakan bagian dari keseluruhan. Pecahan terdiri dari dua bagian: **pembilang** (angka di atas) yang menunjukkan jumlah bagian yang diambil, dan **penyebut** (angka di bawah) yang menunjukkan jumlah bagian yang ada dalam keseluruhan.
Jenis Pecahan:
1. Pecahan Biasa Bentuk yang umum, seperti 1/2 atau 3/4.
2. **Pecahan Desimal**: Pecahan yang dinyatakan dalam bentuk desimal, seperti 0,5 atau 0,75.
3. **Pecahan Campuran**: Gabungan antara bilangan bulat dan pecahan, seperti 1 1/2.
Konsep Utama:
- **Membandingkan Pecahan**: Menggunakan penyebut yang sama atau dengan mengubah menjadi desimal.
- **Menjumlah dan Mengurangkan Pecahan**: Memerlukan penyebut yang sama atau melakukan perhitungan silang untuk menyamakan penyebut.
- **Mengalikan dan Membagi Pecahan**: Mengalikan pembilang dan penyebut secara langsung, atau membalik pecahan kedua saat membagi.
Pecahan digunakan dalam berbagai konteks sehari-hari, seperti memasak, pengukuran, dan pembagian.
Berikut adalah beberapa latihan soal mengenai pecahan:
#lSoal 1: Menyederhanakan Pecahan
Sederhanakan pecahan berikut:
1. 8/12
2. 15/25
Soal 2: Menjumlahkan Pecahan
Hitung hasil dari penjumlahan berikut:
1. 1/4 + 1/4
2. 2/5 + 1/10
Soal 3: Mengurangkan Pecahan
Hitung hasil dari pengurangan berikut:
1. 3/4 - 1/4
2. 5/6 - 1/3
Soal 4: Mengalikan Pecahan
Hitung hasil dari perkalian berikut:
1. 2/3 × 3/5
2. 1/2 × 4/7
Soal 5: Membagi Pecahan
Hitung hasil dari pembagian berikut:
1. 3/4 ÷ 1/2
2. 5/8 ÷ 2/3
Demikian materi yang ibu sampaikan semoga bermanfaat untuk sholih shlliha semuanya.
Refleksi kegiatan hari ini p5 alhamdulillah sholih sholiha sudah paham bahan2 dan cara membuat kue klepon dan getuk, peserta didik menuliskan bahan apa saja untuk membuat kue tradisional.
Untuk materi matematika, peserta didik masih perlu banyak pemahaman dalam mengerjakan soal pecahan.
Berikut ini dokumentasi kegiatan hari ini
0 komentar:
Posting Komentar