KELAS VB
GURU KELAS : Fuji lestari,S.Pd.
Tabik pun Selamat pagi sholih sholiha ibu guru kelas VB
Semoga sholih sholiha dalam keadaan sehat walafiat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.
Sebelum belajar kita mendengarkan tausyiah terlebih dahulu, dilanjutkan menyanyikan lagu wajib nasional mars al- Azhar lampung, sholat dhuha dan murajaah surat- surat pendek.
Baiklah sholih sholiha, sebelum Ibu menjelaskan materi hari ini, ibu akan menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini
Tujuan Pembelajaran
- Memahami Konsep: Siswa dapat memahami konsep pecahan dan cara melakukan penjumlahan serta pengurangan pecahan.
- Menghitung dengan Benar: Siswa dapat menghitung penjumlahan dan pengurangan pecahan biasa dan campuran dengan tepat.
- Aplikasi dalam Kehidupan Sehari-hari: Siswa dapat menerapkan penjumlahan dan pengurangan pecahan dalam situasi nyata.
- Memahami Konsep: Siswa dapat memahami konsep pecahan dan cara melakukan penjumlahan serta pengurangan pecahan.
- Menghitung dengan Benar: Siswa dapat menghitung penjumlahan dan pengurangan pecahan biasa dan campuran dengan tepat.
- Aplikasi dalam Kehidupan Sehari-hari: Siswa dapat menerapkan penjumlahan dan pengurangan pecahan dalam situasi nyata.
Media Pembelajaran
- Kartu Pecahan: Kartu bergambar pecahan yang bisa digunakan untuk bermain dan belajar.
- Papan Tulis Interaktif: Untuk menjelaskan dan memvisualisasikan penjumlahan serta pengurangan pecahan.
- Aplikasi Pembelajaran: ppr Menggunakan aplikasi atau software pendidikan yang menyediakan latihan interaktif tentang pecahan.
- Kartu Pecahan: Kartu bergambar pecahan yang bisa digunakan untuk bermain dan belajar.
- Papan Tulis Interaktif: Untuk menjelaskan dan memvisualisasikan penjumlahan serta pengurangan pecahan.
- Aplikasi Pembelajaran: ppr Menggunakan aplikasi atau software pendidikan yang menyediakan latihan interaktif tentang pecahan.
Metode Pembelajaran
- Pembelajaran Kooperatif: Siswa bekerja dalam kelompok kecil untuk memecahkan masalah pecahan, berbagi strategi, dan saling membantu.
- Diskusi Kelas: Mengajak siswa berdiskusi tentang berbagai cara menyelesaikan penjumlahan dan pengurangan pecahan.
- Praktik Langsung: Memberikan soal latihan dan tugas praktis agar siswa bisa langsung menerapkan konsep yang dipelajari.
Berikut beberapa pertanyaan pemantik tentang penjumlahan pecahan biasa dan campuran:
Jika kamu memiliki 1/4 kue dan temanmu memberi 1/8 kue, berapa total kue yang kamu miliki sekarang?
Pecahan Campuran: Jika kamu memiliki 1 1/2 liter jus dan kemudian menambahkannya dengan 2 2/3 liter jus lainnya, berapa total jus yang kamu miliki?
Materi matematika
1. Pecahan Biasa- Pecahan biasa terdiri dari pembilang dan penyebut. Contoh: 1/2, 3/4.- Penjumlahan: Jika penyebut sama, jumlahkan pembilang. Jika tidak, cari KPK (Kelipatan Persekutuan Terkecil) untuk menyamakan penyebut.- Pengurangan: Prinsipnya sama dengan penjumlahan.
2. Pecahan Campuran- Pecahan campuran terdiri dari bilangan bulat dan pecahan. Contoh: 2 1/3, 4 2/5.- Untuk melakukan penjumlahan atau pengurangan, ubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa terlebih dahulu.
Contoh Soal
Pecahan Biasa:
1. **Penjumlahan** - 3/5 + 1/5 = ? - 1/3 + 2/6 = ?
2. **Pengurangan** - 4/7 - 1/7 = ? - 5/8 - 1/4 = ?
Pecahan Campuran:
3. **Penjumlahan** - 2 1/2 + 1 1/4 = ? - 3 3/5 + 2 1/10 = ?
4. **Pengurangan** - 5 2/3 - 2 1/3 = ? - 4 3/4 - 1 1/2 = ?
Pembahasan soal
Pecahan Biasa:
1. 3/5 + 1/5 = 4/52. 1/3 + 2/6 = 1/3 + 1/3 = 2/3
3. 4/7 - 1/7 = 3/74. 5/8 - 1/4 = 5/8 - 2/8 = 3/8
Pecahan Campuran:
1. 2 1/2 + 1 1/4 = 2 1/2 + 1 2/4 = 3 3/42. 3 3/5 + 2 1/10 = 3 6/10 + 2 1/10 = 5 7/10
3. 5 2/3 - 2 1/3 = 3 1/34. 4 3/4 - 1 1/2 = 4 3/4 - 1 2/4 = 3 1/4
Dengan materi dan soal ini, siswa dapat berlatih penjumlahan dan pengurangan pecahan dengan baik.
Materi bahasa Indonesia Bab 3 Ekspresi diri melalui hobi Tujuan Pembelajaran:1. Pemahaman Konsep - Siswa dapat memahami dan menjelaskan pengertian awalan "me-" dan akhiran "-lah", serta "-kan". 2. Identifikasi - Siswa dapat mengidentifikasi kata-kata yang menggunakan awalan "me-" dan akhiran "-lah", "-kan" dalam kalimat.
3. Penggunaan dalam Kalimat - Siswa dapat membuat kalimat dengan menggunakan kata yang diawali dengan "me-" dan diakhiri dengan "-lah" dan "-kan".
4. Analisis - Siswa dapat menganalisis perubahan makna kata dengan penambahan awalan dan akhiran tersebut.
Media Pembelajaran:1. Kartu Kata - Menggunakan kartu yang berisi kata-kata dengan awalan "me-" dan akhiran "-lah", "-kan".
2. Papan Tulis - Untuk menulis contoh kalimat dan mendiskusikan dengan siswa.
3. Video Pembelajaran - Menampilkan video yang menjelaskan konsep awalan dan akhiran.
4. Buku Kerja - Disediakan buku kerja untuk latihan mandiri siswa.
Metode Pembelajaran:1. Ceramah Interaktif: - Menjelaskan konsep awalan dan akhiran dengan tanya jawab.
2. Diskusi Kelompok: - Siswa berdiskusi dalam kelompok untuk mencari contoh kata.
3. Latihan Mandiri: - Siswa mengerjakan soal dalam buku kerja secara mandiri.
4. Permainan Kata: - Mengadakan permainan untuk mengidentifikasi kata dengan awalan dan akhiran yang diajarkan.
Materi Materi Awalan "me-", Akhiran "-lah", dan "-kan" Kelas 5 SD
1. Pengertian Awalan dan Akhiran
- Awalan: Bagian yang ditambahkan di depan kata dasar untuk membentuk kata baru.- Akhiran: Bagian yang ditambahkan di belakang kata dasar untuk membentuk kata baru.
2. Awalan "me-"
Pengertian:Awalan "me-" biasanya digunakan untuk membentuk kata kerja aktif. Contoh:- **membaca** (me + baca)- **menulis** (me + tulis)- **melihat** (me + lihat)
Contoh Kalimat:- Dia **membaca** buku setiap malam.- Saya **menulis** surat untuk teman.
3. Akhiran "-lah"
Pengertian:Akhiran "-lah" sering digunakan untuk memberikan penekanan atau ajakan. Contoh:- **bacalah** (baca + -lah)- **tulislah** (tulis + -lah)
Contoh Kalimat:- **Bacalah** buku ini dengan seksama.- **Tulislah** nama kalian di lembar tersebut.4. Akhiran "-kan"
Pengertian:Akhiran "-kan" digunakan untuk membentuk kata kerja yang menunjukkan tindakan kepada objek. Contoh:- **berikan** (beri + -kan)- **tanyakan** (tanya + -kan)
Contoh Kalimat:- Tolong **berikan** saya air minum.- **Tanyakan** pada guru jika ada yang tidak dimengerti.
5. Latihan Soal
1. Buatlah 3 kalimat dengan kata yang diawali "me-".2. Berikan 2 contoh kalimat yang menggunakan akhiran "-lah".3. Buatlah 3 kalimat dengan kata yang diakhiri "-kan".
PenutupDengan memahami awalan "me-" dan akhiran "-lah" serta "-kan", siswa dapat memperkaya kosa kata dan kemampuan berbahasa siswa . Selamat belajar!
Repleksi kegiatan hari ini alhamdulillah peserta didik mulai memahami konsep penjumlahan pecahan dan pengurangan pecahan . Peserta didik membuat kalimat kalimat berimbuhan me dan Akhiran kan dan lah. Peserta didik berkunjung ke perpustakaan membedah buku materi imbuhan me, akhiran kan dan lah.
- Pembelajaran Kooperatif: Siswa bekerja dalam kelompok kecil untuk memecahkan masalah pecahan, berbagi strategi, dan saling membantu.
- Diskusi Kelas: Mengajak siswa berdiskusi tentang berbagai cara menyelesaikan penjumlahan dan pengurangan pecahan.
- Praktik Langsung: Memberikan soal latihan dan tugas praktis agar siswa bisa langsung menerapkan konsep yang dipelajari.
Berikut beberapa pertanyaan pemantik tentang penjumlahan pecahan biasa dan campuran:
Jika kamu memiliki 1/4 kue dan temanmu memberi 1/8 kue, berapa total kue yang kamu miliki sekarang?
Pecahan Campuran: Jika kamu memiliki 1 1/2 liter jus dan kemudian menambahkannya dengan 2 2/3 liter jus lainnya, berapa total jus yang kamu miliki?
0 komentar:
Posting Komentar