Selasa, 08 Oktober 2024


   


KELAS VB

GURU KELAS : Fuji lestari,S.Pd.

Good morning everyone...

How are you students? 

Hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. 

Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. 

Semoga sholih sholiha kelas VB, selalu semangat dalam belajar dan selalu meminta Ridho kepada Orang tua, agar kalian menjadi anak-anak kebangga keluarga. Hari ini kita akan lanjutkan kembali membahas soal - soal latihan Pendidikan Pancasila, Ipas dan mengulas kembali materi bahasa Indonesia persiapan Sumatif tengah semester. 

PENDIDIDKAN PANCASILA
Tp : peserta didik dapat mengerjakan latihan latihan soal. 
Materi ; Perumusan Pancasila 
Media pembelajaran : LCD proyektor, ppt, latihan soal 
Metode pembelajaran : Tanya jawab 
Latihan sosl :
1.Tanggal 1 Juni 1945 diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila, Penetapan ini didasarkan pada sejarah ketika Presiden Soekarno melakukan pidato yang menyampaikan konsep dasar Pancasila
dalam sidang ....
a. PPKI
b. BPUPKI
c. Piagam Jakarta
d. Kemerdekaan
2. Bunyi Pancasila yang disebutkan oleh Ir. Soekarno dalam pidato tanggal 1 Juni 1945 adalah ….
a. Perikebangsaan, Perikemanusiaan, Periketuhanan, Perikerakyatan, Kesejahteraan rakyat
b. Perikebangsaan, Perikemanusiaan, Periketuhanan, Internasionalisme atau perikemanusiaan
Demokrasi, Keadilan
c. Kebangsaan, Internasionalisme atau perikemanusiaan, Perikerakyatan, Kesejahteraan
rakyat, Perikebangsaan
d. Kebangsaan, Internasionalisme atau perikemanusiaan, Demokrasi, Keadilan sosial, Ketuhanan
Yang Maha Esa
3.Pancasila disahkah dalam sidang PPKI pada tanggal ....
a. 15 Agustus 1945
b. 16 Agustus 1945
c. 17 Agustus 1945
d. 18 Agustus 1945
4.Perhatikan nama-nama tokoh berikut ini!
(1) Soekarno
(2) Mohammad Hatta
(3) Mr. A.A. Maramis
(4) Bung Tomo
(5) Abikoesno Tjokrosoejoso
(6) Abdul Kahar Muzakir
(7) Agus Salim
(8) Achmad Soebardjo
(9) Wahid Hasjim
(10) Mohammad Yamin.
Tokoh yang termasuk dalam Panitia Sembilan ditandai dengan nomor ….
a. (1), (2), (3), (4)
b. (3), (4), (5), (6)
c. (4), (5), (7), (8)
d. (7), (8), (9), (10)
5.Bunyi sila yang dilambangkan oleh gambar di bawah ini adalah ....
Contoh Soal PTS/STS 1 Pendidikan Pancasila Kelas 5 Kurikulum Merdeka Gambar 1

a. Ketuhanan Yang Maha Esa
b. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
c. Persatuan Indonesia
d. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

6. Pengambilan keputusan harus dilakukan secara bersama-sama dengan tujuan yang sama demi kebaikan bersama. Pernyataan tersebut merupakan perwujudan nilai-nilai Pancasila yang menjadi dasar dari pengambilan keputusan, yaitu nilai ....
a. lapang dada
b. berjiwa besar
c. kebersamaan
d. kebebasan mengemukakan pendapat
7.Indonesia memiliki kekayaan berupa keberagaman. Namun, Indonesia tetap memiliki semangat persatuan yang tercermin dalam semboyan negara kita, yaitu ....
a. Pancasila
b. Persatuan Indonesia
c. UUD 1945
d. Bhinneka Tunggal Ika

8. Nilai-nilai keadilan tercermin dalam Pancasila sila ....
a. kedua
b. ketiga
c. keempat
d. kelima
10.Perhatikan gambar berikut ini !

Contoh Soal PTS/STS 1 Pendidikan Pancasila Kelas 5 Kurikulum Merdeka Gambar 2

Kegiatan anak pada gambar merupakan penerapan nilai-nilai Pancasila di lingkungan ....
a. rumah
b. sekolah
c. kelas
d. masyarakat
10.Indonesia memiliki keberagaman dalam berbagai aspek. Berikut ini yang tidak termasuk bentuk-bentuk keberagaman yang ada di Indonesia adalah ....
a. bahasa nasional
b. agama
c. suku
d. rumah adat
11.Pancasila berperan sebagai pembina persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.
Pernyataan tersebut mengandung pengertian bahwa ....
a. Pancasila hanya ada di Indonesia
b. dengan Pancasila, bangsa Indonesia dapat bersatu
c. keberadaan Pancasila telah ada sejak dulu
d. sila-sila dalam Pancasila merupakan kesatuan yang tidak dapat terpisahkan

Sikap berikut ini yang mencerminkan penerapan sila keempat Pancasila di lingkungan sekolah adalah ….
a. melaksanakan doa
b. menjenguk teman yang sakit
c. memberi alat tulis kepada anak
d. memilih ketua kelas

13. Mengutamakan kepentingan dan keselamatan negara daripada kepentingan golongan pribadi atau kelompok, seperti ras, agama, golongan, dan partai merupakan nilai yang terkandung pada sila ....
a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat
14.Sikap yang termasuk pengamalan nilai-nilai sila Pancasila yang dilambangkan seperti gambar berikut ini adalah ….

Contoh Soal PTS/STS 1 Pendidikan Pancasila Kelas 5 Kurikulum Merdeka Gambar 3
tanggung jawab menerima dan melaksanakan hasil rapat
b. sanggup dan rela berkorban untuk kepentingan negara dan bangsa jika diperlukan
c. tidak menggunakan hak milik untuk usaha-usaha yang bersifat pemerasan terhadap orang lain
d. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan

15. Saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah sesuai agama dan kepercayaan merupakan perwujudan pengamalan sila ....
a. Ketuhanan yang Maha Esa
b. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
c. Persatuan Indonesia
d. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia
16.Saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah sesuai agama dan kepercayaan merupakan perwujudan pengamalan sila ....
a. Ketuhanan yang Maha Esa
b. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
c. Persatuan Indonesia
d. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia

17. Tidak merugikan kepentingan umum mencerminkan pengamalan nilai Pancasila, yakni sila ....
a. Persatuan Indonesia
b. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia
c. Ketuhanan yang Maha Esa
d. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
18.Pernyataan berikut ini yang tidak menunjukkan tujuan kegiatan gotong royong adalah ….
a. meningkatkan kekompakan sosial.
b. memperkuat dan menjalin persaudaraan
c. meringankan beban pekerjaan.
d. tercipta keadilan sosial

19. Gotong royong memberikan banyak manfaat bagi kita semua. Berikut ini kegiatan yang tidak dapat dilakukan dengan cara gotong royong adalah ....
a. piket kelas
b. ujian sekolah
c. kerja bakti
d. membantu korban bencana alam
20.Perilaku saling menolong atau memberi bantuan untuk meringankan beban disebut ....
a. tolong menolong
b. kerja bakti
c. gotong royong
d. persatuan

Mapel Ipas 
Tp. Peserta didik dapat menjawab latihan latihan soal ipas
Materi bunyi dan cahaya 
Media pembelajaran : LCD proyektor, buku ipas dan modul LKS 
Metode pembelajaran : Tanya jawab soal ipas
Jawaban: 
  1. Sebutkan tiga sifat bunyi!

    • Jawaban: 1) Frekuensi, 2) Amplitudo, 3) Kecepatan.
  2. Jelaskan perbedaan antara gelombang longitudinal dan gelombang transversal!

    • Jawaban: Gelombang longitudinal memiliki arah getaran yang sejalan dengan arah rambat gelombang (misal: bunyi), sedangkan gelombang transversal memiliki arah getaran yang tegak lurus terhadap arah rambat gelombang (misal: gelombang air).
  3. Apa yang dimaksud dengan frekuensi bunyi?

    • Jawaban: Frekuensi bunyi adalah jumlah getaran yang terjadi dalam satu detik, diukur dalam hertz (Hz).
  4. Bagaimana kecepatan bunyi di udara dibandingkan dengan di air?

    • Jawaban: Kecepatan bunyi lebih cepat di air daripada di udara.
  5. Apa yang terjadi pada bunyi ketika melalui medium yang berbeda?

    • Jawaban: Bunyi dapat berubah kecepatan dan arah, serta mengalami pembiasan dan pemantulan.
  6. Sebutkan satu contoh sumber bunyi alami dan satu contoh sumber bunyi buatan!

    • Jawaban: Sumber bunyi alami: petir; sumber bunyi buatan: gitar.
  7. Apa yang dimaksud dengan resonansi dalam konteks bunyi?

    • Jawaban: Resonansi adalah fenomena ketika frekuensi bunyi yang dihasilkan oleh sumber bunyi sejalan dengan frekuensi alami suatu objek, menyebabkan objek tersebut bergetar lebih kuat.
  8. Bagaimana manusia dapat mendengar bunyi? Deskripsikan prosesnya!

    • Jawaban: Bunyi memasuki telinga, getaran menyebabkan gendang telinga bergetar, dan sinyal diteruskan ke otak melalui saraf pendengaran.
  9. Apa yang dimaksud dengan echo?

    • Jawaban: Echo adalah suara yang terdengar kembali setelah bunyi dipantulkan oleh suatu permukaan.

Cahaya

10. Apa itu cahaya?Jawaban: Cahaya adalah gelombang elektromagnetik yang dapat dilihat oleh mata manusia.

  1. Jelaskan perbedaan antara cahaya terpantul dan cahaya diteruskan!awaban: Cahaya terpantul adalah cahaya yang memantul kembali setelah mengenai permukaan, sedangkan cahaya diteruskan adalah cahaya yang melanjutkan perjalanannya melalui medium. 


Mapel Bahasa Indonesia 
Tp. peserta didik dapat memahami macam- macam majas, kalimat lamgsung dan tak lamgsung, unsur -unsur insttinsik cerita 
Media pembelajaran : LCD proyektor, PPT, buku  cetak B. Indonesia . 
Metode : Tanya jawab 

Materi : majas, kalimat langsung dan tak langsung , unsur- unsur insttinsik cerita 

Berikut adalah beberapa macam majas beserta penjelasannya:

1. Majas Personifikasi: Memberikan sifat manusia kepada benda mati atau hal abstrak. Contoh: "Angin berbisik lembut di telingaku."

2. Majas Metafora: Mengganti satu kata dengan kata lain yang memiliki makna yang serupa untuk menciptakan perbandingan. Contoh: "Dia adalah raja di sekolah."

3. Majas Simile: Perbandingan langsung dengan kata penghubung seperti "seperti" atau "bagaikan." Contoh: "Wajahnya bersinar seperti bulan purnama."

4. Majas Hiperbola: Pernyataan yang berlebihan untuk memberikan efek dramatis. Contoh: "Aku sudah menunggu seribu tahun."

5. Majas Litotes: Pernyataan yang merendahkan diri atau situasi untuk menekankan sesuatu. Contoh: "Saya bukan orang yang pintar, tetapi bisa sedikit."

6. Majas Ironi: Menyatakan sesuatu yang bertentangan dengan maksud sebenarnya. Contoh: "Bagus sekali, kamu datang tepat waktu!" (padahal terlambat).

7. Majas Alusio: Mengacu pada suatu peristiwa, tokoh, atau karya terkenal. Contoh: "Dia sangat berbakat, seperti Mozart dalam musik."

8. Majas Antithesis Menggunakan dua ide yang berlawanan untuk menekankan perbedaan. Contoh: "Kau bisa memilih untuk hidup dalam kegelapan atau menerangi hidupmu."

9. Majas Paradox Pernyataan yang tampaknya bertentangan tetapi mengandung kebenaran. Contoh: "Semakin kau tahu, semakin kau merasa bodoh."

10. Majas Asonansi: Pengulangan bunyi vokal dalam kata-kata yang berdekatan. Contoh: "Dia melangkah dengan penuh rasa hati."

Setiap majas memiliki fungsi dan tujuan tertentu dalam bahasa, baik untuk mengekspresikan emosi maupun memperindah ungkapan.

Materi kalimat langsung dan tak langsung 
Berikut adalah penjelasan tentang kalimat langsung dan tak langsung beserta contohnya:

Kalimat Langsung
Kalimat langsung adalah kalimat yang menyampaikan ucapan atau pernyataan seseorang secara langsung. Biasanya ditandai dengan tanda petik.

Contoh:
1. Ucapannya:"Saya akan pergi ke pasar."
2. Dialog:Dia berkata, "Kita harus belajar bersama."

 Kalimat Tak Langsung
Kalimat tak langsung adalah kalimat yang menyampaikan ucapan atau pernyataan seseorang tanpa menggunakan tanda petik. Dalam kalimat ini, biasanya ada perubahan bentuk kata atau struktur kalimat.

Contoh:
1. Ucapannya:Dia berkata bahwa dia akan pergi ke pasar.
2. Dialog:Dia mengatakan bahwa kita harus belajar bersama.
 Perbedaan Utama
- Tanda Petik:Kalimat langsung menggunakan tanda petik, sedangkan kalimat tak langsung tidak.
- Struktur Kalimat:** Kalimat tak langsung sering kali memerlukan perubahan kata kerja, kata ganti, dan waktu.

Contoh Lain
1. Kalimat Langsung:** "Besar sekali cuaca hari ini," kata Rina.
2. Kalimat Tak Langsung:** Rina berkata bahwa cuaca hari ini sangat besar.

Memahami perbedaan ini penting dalam penulisan dan pengucapan bahasa yang tepat.

Unsur-unsur intrinsik dalam sebuah cerita meliputi elemen-elemen yang membentuk struktur dan isi cerita tersebut. Berikut adalah beberapa unsur intrinsik yang penting:

1. Tema Ide pokok atau pesan yang ingin disampaikan dalam cerita. Contoh: cinta, persahabatan, perjuangan.

2. Alur Rangkaian peristiwa dalam cerita yang biasanya terdiri dari pengenalan, konflik, klimaks, dan penyelesaian.

3. Karakter: Tokoh-tokoh dalam cerita yang memiliki peran penting. Karakter dapat dibedakan menjadi protagonis (tokoh utama) dan antagonis (tokoh penentang).

4. Latar: Tempat, waktu, dan suasana di mana cerita berlangsung. Latar dapat mempengaruhi mood dan perkembangan cerita.

5. Amanat: Pesan moral atau pelajaran yang dapat diambil dari cerita. Ini sering kali berkaitan dengan tema.

6. Sudut Pandang Perspektif dari mana cerita diceritakan, seperti sudut pandang orang pertama, kedua, atau ketiga.

7. Gaya Bahasa: Cara penulis menggunakan bahasa, termasuk pilihan kata, nada, dan ritme, yang memberikan keunikan pada cerita.

8. Konflik Masalah atau pertentangan yang dihadapi oleh karakter, yang menjadi pendorong utama dalam alur cerita.

Setiap unsur ini saling berhubungan dan berkontribusi dalam membentuk keseluruhan cerita.

Refleksi kegiatan hari ini alhamdulillah peserta didik semangat untuk mengerjakan latihan- latihan soal untuk persiapan Sumatif tengah semester. 
Berikut ini dokumentasi kegiatan hari ini 



0 komentar:

Posting Komentar