kamis, 24 Oktober 2024


   

KELAS VB

GURU KELAS : Fuji lestari,S.Pd.

Tabik pun Selamat pagi sholih sholiha ibu guru kelas VB

Semoga sholih sholiha dalam keadaan sehat walafiat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. 

Sebelum belajar kita mendengarkan tausyiah terlebih dahulu, dilanjutkan menyanyikan lagu wajib nasional mars al- Azhar lampung, sholat dhuha dan murajaah surat- surat pendek. 

Bagaimana perasaan sholih sholihah hari ini? 

Semoga sholih sholihah bahagia dalam menimba ilmu disekolah yang kita cintai ini. 

Baiklah sholih sholiha, sebelum Ibu menjelaskan materi kegiatan , ibu akan mengulas kembali apa itu musyawarah , baiklah selanjutnya ibu akan menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini yaitu

Tujuan Pembelajaran

1. Pengetahuan: Siswa dapat menjelaskan pengertian musyawarah dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.

2. Keterampilan: Siswa dapat melakukan musyawarah dalam kelompok untuk memecahkan masalah sederhana.

Metode Pembelajaran

1. Ceramah: Menjelaskan konsep musyawarah dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari.

2. Diskusi Kelas: Mengajak siswa berdiskusi tentang pengalaman mereka terkait musyawarah.

3.  Melakukan praktik musyawarah dalam kelompok kecil untuk memecahkan suatu masalah.

 Media Pembelajaran

1. Presentasi: Menggunakan slide atau poster untuk menjelaskan materi musyawarah.

2. Video: Menampilkan video tentang musyawarah yang sukses dalam masyarakat.

3. Buku Cerita: Menggunakan buku cerita yang mengandung nilai-nilai musyawarah.

4. Alat Peraga: Menggunakan papan tulis untuk mencatat hasil musyawarah dan membuat mind map.

Dengan pendekatan ini, diharapkan siswa dapat memahami pentingnya musyawarah dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Materi: Arti Penting Musyawarah dalam Kehidupanku


 Pengertian Musyawarah

Musyawarah adalah proses diskusi bersama untuk mencapai kesepakatan atau keputusan. Dalam musyawarah, setiap orang memiliki kesempatan untuk menyampaikan pendapat dan ide.

Arti Penting Musyawarah

1. Membangun Kebersamaan:

Musyawarah membantu menciptakan rasa kebersamaan dan saling menghargai di antara anggota kelompok.

2. Mendengar Pendapat: Setiap orang memiliki hak untuk menyampaikan pendapatnya, sehingga beragam ide dapat dipertimbangkan.

3. Mengatasi Masalah: Melalui musyawarah, kelompok dapat menemukan solusi terbaik untuk masalah yang dihadapi.

4. Menumbuhkan Tanggung Jawab: Dalam musyawarah, setiap anggota merasa bertanggung jawab terhadap keputusan yang diambil.

5. Meningkatkan Keterampilan Sosial**: Musyawarah melatih keterampilan komunikasi, negosiasi, dan kerjasama.

Contoh Musyawarah dalam Kehidupan Sehari-hari

1. Di Sekolah: Saat merencanakan acara kelas, siswa berkumpul untuk mendiskusikan tema, waktu, dan tempat acara.

2. Di Keluarga: Keluarga berkumpul untuk membahas keputusan penting, seperti liburan atau pembelian barang.

3. Di Masyarakat: Dalam musyawarah desa, warga berdiskusi tentang pembangunan fasilitas umum atau program sosial.

 Kesimpulan

Musyawarah adalah bagian penting dalam kehidupan sehari-hari. Dengan musyawarah, kita dapat belajar untuk menghargai pendapat orang lain, bekerja sama, dan mencapai keputusan yang bermanfaat bagi semua pihak


IPAS

Materi                            :  Magnet

Tujuan Pembelajaran  :  Peserta didik dapat mengetahui sifat-sifat dan manfaat magnet dalam kehidupan sehari hari

Alat Peraga : Magnet

 Metode     :  Demonstrasi

 

 Manfaat Magnet dalam Kehidupan Sehari-hari

  • Kompas: Menunjukkan arah utara dan selatan.
  • Kulkas: Menempelkan pintu kulkas.
  • Dinamo sepeda: Menghasilkan listrik saat roda sepeda berputar.
  • Motor listrik: Menggerakkan berbagai peralatan listrik.
  • Speaker: Mengubah sinyal listrik menjadi suara.

Cara Membuat Magnet

  • Gosokan: Menggosokkan magnet secara searah pada besi atau baja.
  • Induksi: Mendekatkan besi atau baja pada magnet yang kuat.
  • Listrik: Meliliki arus listrik pada suatu kawat yang dililitkan pada besi atau baja.

Cara Menghilangkan Kemagnetan

  • Dipukul-pukul: Memukul-mukul magnet dengan benda keras.
  • Dipanaskan: Memanaskan magnet sampai suhu tinggi.
  • Arus bolak-balik: Memasukkan magnet ke dalam kumparan yang dialiri arus bolak-balik.
Refleksi kegiatan hari ini alhamdulillah sebagian besar peserta didik sudah memahami materi musyawarah dan magnet. Dengan diskusi dan tanya jawab membuat peserta didik berfikir kritis dalam menjawab soal- soal latihan. 
Berikut dokumentasi kegiatan hari ini 

0 komentar:

Posting Komentar