Kegiatan P5
Tp: Peserta didik mencatat hal- hal yang akan di bawa untuk Aksi nyata pembuatan makanan tradisional
Media yang digunakan : LCD proyektor, Ppt dan video pembuatan es dawet
Metode yang digunakan : Diskusi kelompok
Hal-hal hal yang akan dilakukan :
1. Peserta didik diajak untuk menuliskan persiapan memasak (alat, bahan, dan langkah pembuatan)
2. Peserta didik diminta untuk berkumpul bersama kelompok untuk berdiskusi tentang persiapan memasak makanan khas daerah.
3. Setiap kelompok menuliskan alat, bahan, langkah pembuatan memasak makanan khas daerah
4. peserta didik diberikan pengarahan oleh guru tentang cara pemakaian alat masak seperti blender, mesin oven, mixer dan lain-lain dan mengimbau untuk tetap berhati-hati saat menggunakan alat masak khususnya yang bersifat benda tajam seperti, pisau, parutan serbaguna, gunting, dan lain sebagainya.
4. Peserta didik berbagi tugas dan peran dalam kelompoknya
Contoh minuman tradisional es dawet
Berikut adalah resep untuk membuat es dawet yang segar:
Bahan-bahan:
Untuk Dawet:
- 100 gram tepung beras
- 50 gram tepung sagu
- 1/4 sendok teh daun pandan (screwpine), haluskan
- 250 ml air daun pandan (dari merebus daun pandan)
- 1/4 sendok teh garam
- Air secukupnya untuk merebus
Untuk Santan:
- 200 ml santan kental
- 1/2 sendok teh garam
- 1-2 lembar daun pandan
Untuk Sirup:
- 150 gram gula merah, serut halus
- 200 ml air
- 1/2 sendok teh vanili (opsional)
Cara Membuat:
1. Membuat Dawe:
1. Campurkan tepung beras, tepung sagu, air daun pandan, dan garam dalam mangkuk. Aduk hingga rata.
2. Siapkan panci berisi air mendidih. Masukkan adonan ke dalam cetakan dawet atau saringan.
3. Tekan-tekan adonan hingga keluar bentuk dawet ke dalam air mendidih. Masak hingga dawet mengapung, angkat, dan tiriskan.
2. Membuat Santan:
1. Campurkan santan, garam, dan daun pandan dalam panci. Masak dengan api kecil hingga santan mendidih. Aduk perlahan agar tidak pecah. Angkat dan dinginkan.
3. Membuat Sirup:
1. Rebus gula merah dan air dalam panci hingga gula larut. Tambahkan vanili jika digunakan. Angkat dan dinginkan.
Penyajian:
1. Siapkan gelas, masukkan dawet secukupnya.
2. Tambahkan santan kental di atasnya.
3. Tuangkan sirup gula merah sesuai selera.
4. Tambahkan es serut jika diinginkan, dan sajikan segera.
Selamat mencoba!
Mapel Matematika
Tp. Peserta didik latihan mengerjakan soal- soal bilangan cacah dan kpk
Media pembelajaran : buku cetak matematika, modul LKS dan soal dari internet
Metode pembelajaran : tanya jawab dan diskusi pemecaha soal cerita
Berikut adalah 15 soal latihan tentang bilangan bulat, kelipatan persekutuan terkecil (KPK), dan faktor persekutuan terbesar (FPB):
Soal Bilangan Bulat
1. Sebutkan 5 bilangan bulat negatif!
2. Hitunglah hasil dari -5 + 3 - 2!
3. Apakah -10 termasuk bilangan bulat? Jelaskan!
4. Berapakah hasil kali dari -4 dan 6?
5. Jika a = -7 dan b = 4, berapakah nilai a + b?
Soal KPK
6. Tentukan KPK dari bilangan 4 dan 6!
7. Hitung KPK dari bilangan 9 dan 12!
8. Apa KPK dari 5, 10, dan 15?
9. Jika KPK dari dua bilangan adalah 36, sebutkan dua bilangan yang mungkin!
10. Tentukan KPK dari 8 dan 14!
Soal FPB
11. Hitung FPB dari bilangan 12 dan 16!
12. Apa FPB dari 24, 36, dan 60?
13. Jika FPB dari dua bilangan adalah 7, sebutkan dua bilangan yang mungkin!
14. Tentukan FPB dari 15 dan 25!
15. Apakah FPB dari dua bilangan yang sama selalu sama dengan bilangan itu? Berikan contoh!
Semoga soal-soal ini bermanfaat untuk latihan!
Refleksi kegiatan P5 dan matematika hari ini alhamdulillah berjalan dengan lancar, peserta didik mencatat apa2 yang akan di persiapkan untuk kegiatan praktek atau aksi nyata membuat minuman tradisional yaitu es dawet,, alhamdulillah peserta didik paham materi penjumlahan pecahan biasa, peserta didik antusias dalam mengerjakan soal-soal penjumlahan pecahan.
Berikut dokumentasi kegiatan hari ini
0 komentar:
Posting Komentar