Selasa, 01 Oktober 2024


   


KELAS   V B

GURU KELAS : Fuji lestari,S.Pd.

Good morning everyone...

How are you students? 

Hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. 

Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. 


Pendidikan Pancasila 
Tp: peserta didik dapat mengerjakan latihan latihan soal persiapan sumatif tengah semester 
Metode : membahas soal soal latihan 
Berikut adalah 20 latihan soal Pendidikan Pancasila. 

1. Apa yang dimaksud dengan Pancasila?
2. Sebutkan lima sila dalam Pancasila!
3. Mengapa Pancasila disebut sebagai dasar negara Indonesia?
4. Apa arti sila pertama Pancasila?
5. Sebutkan contoh penerapan sila kedua Pancasila dalam kehidupan sehari-hari!
6. Apa yang dimaksud dengan musyawarah untuk mufakat?
7. Sebutkan tiga contoh hak dan kewajiban warga negara!
8. Apa tujuan dari sila ketiga Pancasila?
9. Jelaskan pentingnya toleransi antarumat beragama!
10. Sebutkan simbol-simbol yang ada dalam lambang negara Garuda Pancasila!
11. Apa peran Pancasila dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa?
12. Sebutkan ciri-ciri masyarakat yang berlandaskan Pancasila!
13. Apa yang dimaksud dengan Bhinneka Tunggal Ika?
14. Sebutkan manfaat dari pelaksanaan demokrasi di Indonesia!
15. Apa yang harus dilakukan jika ada perbedaan pendapat?
16. Jelaskan bagaimana Pancasila dapat membantu menyelesaikan konflik!
17. Apa makna sila kelima Pancasila?
18. Sebutkan contoh kegiatan sosial yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila!
19. Bagaimana cara menghargai perbedaan di masyarakat?
20. Apa yang kamu ketahui tentang UUD 1945 dan hubungannya dengan Pancasila?

Ipas 
Tp : Peserta didik dapet mempersentasikan hasil diskusi tentang rantai makanan. 
Media pembelajaran : Proyektor, PPT dan gambar rantai makananan 

Rantai makanan adalah urutan atau jalur yang menunjukkan bagaimana energi dan nutrisi berpindah dari satu organisme ke organisme lainnya dalam suatu ekosistem. Rantai makanan dimulai dari produsen, yaitu tanaman yang menghasilkan makanan melalui fotosintesis, kemudian diikuti oleh konsumen, seperti herbivora (pemakan tumbuhan) dan karnivora (pemakan daging). Rantai makanan juga mencakup pengurai, yang membantu menguraikan sisa-sisa organisme mati dan mengembalikan nutrisi ke tanah. Contoh sederhana rantai makanan adalah: 

**Tumbuhan (produsen) → Kelinci (herbivora) → Serigala (karnivora).**

Ekosistem sawah adalah sistem lingkungan yang terbentuk di lahan pertanian, khususnya tempat menanam padi. Ekosistem ini melibatkan interaksi antara berbagai komponen biotik (organisme hidup) dan abiotik (faktor non-hidup) dalam lingkungan sawah. Berikut adalah komponen utama dari ekosistem sawah:
Komponen Biotik:
1. Produsen**: Tanaman padi sebagai produsen utama yang memanfaatkan sinar matahari untuk fotosintesis.
2. Konsumen**:
   - **Herbivora**: Seperti belalang, tikus, dan berbagai serangga yang memakan tanaman padi.
 Karnivora Seperti burung pemangsa dan ular yang memangsa herbivora.
3. Pengurai**: Mikroorganisme, cacing, dan jamur yang menguraikan sisa-sisa organisme mati dan mengembalikan nutrisi ke tanah.

Komponen Abiotik:
1. Tanah**: Memiliki nutrisi penting untuk pertumbuhan tanaman.
2. Air**: Digunakan untuk irigasi dan mendukung kehidupan di sawah.
3. Cahaya Matahari**: Sumber energi utama bagi tanaman.

 Proses Ekosistem:
- Fotosintesis**: Tanaman padi mengubah cahaya matahari menjadi energi.
- **Rantai Makanan**: Munculnya interaksi antara produsen, konsumen, dan pengurai.
- **Siklus Nutrisi**: Nutrisi dalam tanah digunakan oleh tanaman, kemudian dikembalikan ke tanah oleh pengurai.

Manfaat Ekosistem Sawah:
- Menyediakan bahan pangan, khususnya beras.
- Mendukung keanekaragaman hayati, termasuk serangga, burung, dan mikroorganisme.
- Menjaga keseimbangan ekologi dengan menyediakan habitat.

Ekosistem sawah juga menghadapi tantangan seperti pencemaran, perubahan iklim, dan praktik pertanian yang tidak berkelanjutan, yang dapat memengaruhi kesehatannya.
Berikut gambar ekosistem 

Bahasa Indonesia 
Tp. Peserta didik dapat mengerjakan latihan latihan soal bahasa Indonesia 
Media pembelajaran, Proyektor, PPT. 
Metode: diskusi, membahas soal2 latihan 

Bab 1: Membaca dan Menyimpulkan
Di sebuah desa yang damai, hiduplah seorang anak bernama Rani. Rani sangat menyukai alam dan sering bermain di kebun bunga milik neneknya. Suatu hari, saat berjalan-jalan, Rani menemukan seekor kucing kecil yang terluka. Tanpa ragu, ia membawanya pulang dan merawatnya dengan penuh kasih sayang. Setiap hari, Rani memberi makan dan bermain dengan kucing itu, yang kemudian diberinya nama Ciko. Seiring berjalannya waktu, Ciko sembuh dan menjadi sahabat setia Rani, menemani setiap petualangan di kebun. Kebahagiaan Rani pun semakin lengkap, karena ia belajar bahwa cinta dan perhatian dapat menyembuhkan, baik untuk manusia maupun hewan.

1. Bacalah teks berikut! Apa tema utama dari teks tersebut?
2. Apa yang dapat disimpulkan dari paragraf pertama teks yang telah dibaca?
3. Sebutkan dua informasi penting yang terdapat dalam teks!
4. Bagaimana cara menemukan ide pokok dalam sebuah bacaan?
5. Apa yang dimaksud dengan menyimpulkan bacaan?

 Bab 2: Menulis Cerita Pendek
6. Buatlah kalimat pembuka untuk cerita pendek tentang pengalaman liburanmu!
7. Sebutkan tiga unsur yang ada dalam cerita pendek!
8. Apa pentingnya alur dalam sebuah cerita?
9. Buatlah paragraf penutup untuk cerita tentang persahabatan!
10. Bagaimana cara membuat tokoh dalam cerita menjadi menarik?

 Bab 3: Tata Bahasa dan Punctuation
11. Apa yang dimaksud dengan kalimat efektif?
12. Sebutkan tiga jenis kalimat berdasarkan intonasinya!
13. Kapan kita menggunakan tanda baca titik?
14. Buatlah contoh kalimat dengan menggunakan tanda baca koma!
15. Apa fungsi dari tanda tanya dalam kalimat?

Soal Tambahan
16. Bacalah kalimat berikut dan perbaiki jika ada kesalahan tata bahasa: "Dia pergi ke pasar dan membeli sayur."
17. Apa perbedaan antara kalimat deklaratif dan kalimat interogatif?
18. Buatlah kalimat menggunakan kata sifat untuk mendeskripsikan hewan peliharaanmu!
19. Sebutkan dua cara untuk meningkatkan kosakata saat membaca!
20. Mengapa penting untuk memahami ejaan yang benar dalam menulis?

Demikian materi hari ini ya nak, banyak berlatih soal2,tetap semangat dan jangan  lupa beribadah sholat 5 waktu. 
Refleksi hari ini materi pendidikan Pancasila dan b. Indonesia alhmdulillah peserta didik dapat mengerjakan latihan² soal dengan baik, untuk materi ipas hari ini sholih sholiha mepersentasiksn tugas kelompoknya. 
Berikut ini dokumentasi kegiatan 

0 komentar:

Posting Komentar