KELAS VB
GURU KELAS : Fuji lestari,S.Pd.
Good morning everyone...
How are you students?
Hopefully we're healthy and always in the protection of Allah.
Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah.
PENDIDIKAN PANCATSILA🌷
Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik melaksanakan praktek musyawarah dan menerapkannya dilingkungan sekolah
Musyawarah perlu dilakukan jika berhubungan dengan kepentingan orang banyak.
Musyawarah terdapat dalam sila pancasila, lebih tepatnya pada sila keempat yang berbunyi "Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan perwakilan."
Apakah kalian masih belum paham? maru, kita cari tahu!
Pengertian Musyawarah
Musyawarah adalah perundingan atau keputusan bersama dengan maksud untuk mencapai keputusan agar menyelesaikan masalah.
Lebih lanjut, keputusan bersama tersebut harus ditetapkan berdasarkan sebuah pemikiran, pertimbangan, dan pembahasan yang matang.
Dalam pengambilan keputusan bersama harus mengutamakan kepentingan anggota atau seluruh peserta rapat.
Selain itu, pengambilan keputusan bersama tidak boleh memaksakan kehendak. Sehingga tidak ada rasa keterpaksaan.
Musyawarah harus dilakukan dengan dasar persamaan derajat dan rasa adil.
2. Nilai-Nilai Musyawarah
Nilai-nilai mendasar dalam musyawarah antara lain:
a. Nilai Kebersamaan
Musyawarah harus dilakukan secara bersama-sama. Hal ini dilakukan agar tujuan musyawarah bisa tercapai.
Meskipun setiap anggota rapat memiliki latar belakang yang berbeda-beda. Hal ini tidak menjadi masalah .
Karena dalam musyawarah itu mengutamakan kepentingan bersama bukan kepentingan pribadi.
b. Nilai Kebebasan Mengutarakan Pendapat
Bebas adalah tidak mendapatkan tekanan dari orang lain. Oleh sebab itu, seluruh peserta rapat memiliki kebebasan dalam mengutarakan pendapatnya masing-masing.
Materi Ipas
Tp: peserta didik dapat memahami ekosistem
Ekosistem
Ekosistem adalah suatu sistem yang terdiri dari makhluk hidup (biotik) dan komponen tidak hidup (abiotik) yang saling berinteraksi dalam suatu lingkungan tertentu. Interaksi ini mencakup hubungan antara organisme, serta antara organisme dan lingkungan fisiknya, yang bersama-sama membentuk jaringan kehidupan yang seimbang. Ekosistem dapat berukuran kecil, seperti kolam, atau besar, seperti hutan hujan tropis.
Komponen ekosistem terdiri dari dua kategori utama:
1. **Komponen Biotik**:
- **Produsen**: Organisme yang dapat membuat makanan sendiri melalui fotosintesis, seperti tumbuhan.
- **Konsumen**: Organisme yang memakan produsen atau konsumen lain, dibagi menjadi:
- Konsumen primer (herbivora)
- Konsumen sekunder (karnivora)
- Konsumen tersier (puncak rantai makanan)
- **Pengurai**: Organisme yang memecah bahan organik mati, seperti bakteri dan jamur, mengembalikan nutrisi ke tanah.
2. **Komponen Abiotik**:
- **Air**: Sumber kehidupan bagi semua organisme.
- **Cahaya**: Energi utama yang diperlukan untuk fotosintesis.
- **Suhu**: Mempengaruhi kondisi kehidupan dan aktivitas organisme.
- **Tanah**: Media tempat tumbuhan tumbuh, mengandung mineral dan nutrisi.
- **Udara**: Menyediakan oksigen dan karbon dioksida yang penting bagi proses kehidupan.
Ekosistem dapat dibedakan menjadi dua jenis utama:
1. **Ekosistem Alami**:
- Terbentuk secara alami tanpa campur tangan manusia, seperti hutan, laut, padang rumput, dan danau.
- Memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi dan proses ekologis yang berjalan secara alami.
2. **Ekosistem Buatan**:
- Diciptakan dan dikelola oleh manusia, seperti taman, kolam ikan, dan pertanian.
- Dirancang untuk memenuhi kebutuhan tertentu, sering kali dengan pengelolaan yang lebih intensif dan fokus pada produktivitas.
Kedua jenis ekosistem memiliki peran penting dalam mendukung kehidupan.
Simbiosis adalah interaksi antara dua organisme yang berbeda spesies. Ada tiga macam simbiosis utama:
1. **Simbiosis Mutualisme**:
- Kedua organisme mendapatkan manfaat dari interaksi ini. Contohnya, hubungan antara lebah dan bunga, di mana lebah mendapatkan nektar dan bunga mendapatkan bantuan dalam penyerbukan.
2. **Simbiosis Komensalisme**:
- Salah satu organisme mendapat manfaat, sementara yang lain tidak terpengaruh. Misalnya, lumut yang tumbuh di pohon, di mana lumut mendapatkan tempat hidup tanpa merugikan pohon.
3. **Simbiosis Parasitisme**:
- Salah satu organisme (parasit) mendapatkan keuntungan, sedangkan yang lain (inang) dirugikan. Contohnya, cacing pita dalam usus manusia, yang mengambil nutrisi dari inangnya.
Interaksi ini berperan penting dalam ekosistem dan dapat mempengaruhi keseimbangan lingkungan.
Rantai makanan
Rantai makanan adalah urutan interaksi makanan antara organisme dalam suatu ekosistem, menggambarkan bagaimana energi dan nutrisi berpindah dari satu organisme ke organisme lainnya.
1. **Produsen**: Tumbuhan yang mengubah energi matahari menjadi makanan melalui fotosintesis.
2. **Konsumen Primer**: Herbivora yang memakan produsen, seperti kelinci yang memakan rumput.
3. **Konsumen Sekunder**: Karnivora yang memakan konsumen primer, seperti ular yang memakan kelinci.
4. **Konsumen Tersier**: Predator puncak yang memakan konsumen sekunder, seperti elang.
5. **Pengurai**: Organisme seperti bakteri dan jamur yang menguraikan bahan organik mati, mengembalikan nutrisi ke tanah.
Rantai makanan membantu menjaga keseimbangan ekosistem dengan memastikan sirkulasi energi dan nutrisi.
Rantai makanan dalam ekosistem sawah menggambarkan aliran energi dan nutrisi antar organisme. Berikut adalah contoh rantai makanan yang umum:
1. **Produsen**:
- **Padi**: Tumbuhan utama yang mengubah energi matahari menjadi makanan.
2. **Konsumen Primer**:
- **Serangga Herbivora**: Seperti belalang dan ulat yang memakan daun padi.
3. **Konsumen Sekunder**:
- **Burung Pemangsa**: Seperti burung pipit yang memakan serangga herbivora.
4. **Konsumen Tersier**:
- **Karnivora**: Seperti ular atau musang yang memakan burung pemangsa.
5. **Pengurai**:
- **Bakteri dan Jamur**: Menguraikan sisa-sisa organisme mati, mengembalikan nutrisi ke tanah.
Rantai makanan ini membantu menjaga keseimbangan ekosistem sawah dan memastikan aliran energi yang berkelanjutan.
Latihan soal
Berikut beberapa soal latihan tentang materi ekosistem:
1. **Definisi**: Apa yang dimaksud dengan ekosistem? Jelaskan dengan contoh.
2. **Komponen Ekosistem**: Sebutkan dan jelaskan dua komponen biotik dan dua komponen abiotik dalam ekosistem.
3. **Simbiosis**: Apa yang dimaksud dengan simbiosis mutualisme? Berikan contoh!
4. **Rantai Makanan**: Buatlah satu rantai makanan sederhana di ekosistem hutan, sertakan minimal tiga tingkat trofi.
5. **Ekosistem Alami vs Buatan**: Sebutkan perbedaan antara ekosistem alami dan ekosistem buatan.
6. **Keanekaragaman Hayati**: Mengapa keanekaragaman hayati penting dalam suatu ekosistem?
7. **Contoh Ekosistem**: Sebutkan dan jelaskan dua contoh ekosistem, beserta karakteristiknya.
8. **Peran Pengurai**: Apa peran pengurai dalam ekosistem? Mengapa mereka penting?
9. **Dampak Aktivitas Manusia**: Sebutkan satu cara aktivitas manusia dapat mempengaruhi keseimbangan ekosistem.
10. **Fungsi Ekosistem**: Apa saja fungsi ekosistem dalam kehidupan manusia?
Bahasa Indonesia
Tp. Peserta didik dapat membuat kalian atau dengan mengakak kalimat perintah yang ditambah akhiran kan dan lah
Berikut beberapa contoh kalimat menggunakan akhiran "lah" dan "kan":
Akhiran "lah":
1. **Jangan lupa untuk membawa buku kalian, ya!**
2. **Semoga hari ini berjalan dengan baik, ya!**
3. **Bersikaplah sopan kepada semua orang di sekitarmu.**
Akhiran "kan":
1. **Tolong nyalakan lampu sebelum masuk ke dalam ruangan.**
2. **Bisa kamu tunjukkan jalan menuju sekolah?**
3. **Silakan ajarkan saya cara menyelesaikan masalah ini.**
Refleksi kegiatan hari ini Alhamdulillah peserta didik melaksanakan praktek musyawarah dan menerapkannya dilingkungan sekolah. Peserta dapat membuat kalimat perintah dengan baik. Dan peserta didik melaksanakan kegiatan simulasi ANBK.
Berikut dokumentasi kegiatan hari ini :
0 komentar:
Posting Komentar