Kamis, 26 September 2024



   


KELAS

KELAS VB

GURU KELAS : Fuji lestari,S.Pd.

Good morning everyone...

How are you students? 

Hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. 

Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. 

PENDIDIKAN PANCATSILA🌷

PENDIDIKAN PANCATSILA🌷

 Tujuan Pembelajaran :

Peserta didik melaksanakan praktek musyawarah dan menerapkannya dilingkungan sekolah

Musyawarah perlu dilakukan jika berhubungan dengan kepentingan orang banyak. 

Musyawarah terdapat dalam sila pancasila, lebih tepatnya pada sila keempat yang berbunyi "Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan perwakilan."

Apakah kalian masih belum paham? maru, kita cari tahu!

Pengertian Musyawarah

Musyawarah adalah perundingan atau keputusan bersama dengan maksud untuk mencapai keputusan agar menyelesaikan masalah.

Lebih lanjut, keputusan bersama  tersebut harus  ditetapkan berdasarkan sebuah pemikiran, pertimbangan, dan pembahasan yang matang. 

Dalam pengambilan keputusan bersama harus mengutamakan kepentingan anggota atau seluruh peserta rapat. 

Selain itu, pengambilan keputusan bersama tidak boleh memaksakan kehendak. Sehingga tidak ada rasa keterpaksaan. 

Musyawarah harus dilakukan dengan dasar persamaan derajat dan rasa adil. 

2. Nilai-Nilai Musyawarah

Nilai-nilai mendasar dalam musyawarah antara lain: 

a. Nilai Kebersamaan

Musyawarah harus dilakukan secara bersama-sama. Hal ini dilakukan agar tujuan musyawarah bisa tercapai.

Meskipun setiap anggota rapat memiliki latar belakang yang berbeda-beda. Hal ini tidak menjadi masalah .

Karena dalam musyawarah itu mengutamakan kepentingan bersama bukan kepentingan pribadi.

b. Nilai Kebebasan Mengutarakan Pendapat

Bebas adalah tidak mendapatkan tekanan dari orang lain. Oleh sebab itu, seluruh peserta rapat memiliki kebebasan dalam mengutarakan pendapatnya masing-masing. 

PENDIDIKAN PANCATSILA🌷

 Tujuan Pembelajaran :

Peserta didik melaksanakan praktek musyawarah dan menerapkannya dilingkungan sekolah

Musyawarah perlu dilakukan jika berhubungan dengan kepentingan orang banyak. 

Musyawarah terdapat dalam sila pancasila, lebih tepatnya pada sila keempat yang berbunyi "Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan perwakilan."

Apakah kalian masih belum paham? maru, kita cari tahu!

Pengertian Musyawarah

Musyawarah adalah perundingan atau keputusan bersama dengan maksud untuk mencapai keputusan agar menyelesaikan masalah.

Lebih lanjut, keputusan bersama  tersebut harus  ditetapkan berdasarkan sebuah pemikiran, pertimbangan, dan pembahasan yang matang. 

Dalam pengambilan keputusan bersama harus mengutamakan kepentingan anggota atau seluruh peserta rapat. 

Selain itu, pengambilan keputusan bersama tidak boleh memaksakan kehendak. Sehingga tidak ada rasa keterpaksaan. 

Musyawarah harus dilakukan dengan dasar persamaan derajat dan rasa adil. 

2. Nilai-Nilai Musyawarah

Nilai-nilai mendasar dalam musyawarah antara lain: 

a. Nilai Kebersamaan

Musyawarah harus dilakukan secara bersama-sama. Hal ini dilakukan agar tujuan musyawarah bisa tercapai.

Meskipun setiap anggota rapat memiliki latar belakang yang berbeda-beda. Hal ini tidak menjadi masalah .

Karena dalam musyawarah itu mengutamakan kepentingan bersama bukan kepentingan pribadi.

b. Nilai Kebebasan Mengutarakan Pendapat

Bebas adalah tidak mendapatkan tekanan dari orang lain. Oleh sebab itu, seluruh peserta rapat memiliki kebebasan dalam mengutarakan pendapatnya masing-masing. 

Ipas

Tp. peserta didik dapat memahami tentang piramida makanan 

Metode pembelajaran : Diskusi 

Alat peraga : PPT 

Piramida Makanan

Apa itu Piramida Makanan?

Piramida makanan adalah gambaran sederhana tentang hubungan makan dan dimakan antar makhluk hidup dalam suatu ekosistem. Bentuknya menyerupai piramida, dengan tingkatan-tingkatan yang menunjukkan posisi setiap makhluk hidup dalam rantai makanan.

Tingkatan dalam Piramida Makanan:

  1. Produsen:
    • Makhluk hidup yang dapat menghasilkan makanan sendiri melalui proses fotosintesis.
    • Contoh: Tumbuhan hijau, alga
  1. Konsumen Tingkat 1 (Herbivora):
    • Hewan pemakan tumbuhan.
    • Contoh: Belalang, kelinci, sapi.
  2. Konsumen Tingkat 2 (Karnivora):
    • Hewan pemakan daging.
    • Contoh: Ular, kucing, singa.
  3. Konsumen Tingkat 3 (Karnivora Puncak):
    • Hewan pemangsa utama, tidak memiliki pemangsa alami.
    • Contoh: Elang, harimau.
  4. Pengurai:
    • Makhluk hidup yang menguraikan sisa-sisa organisme mati menjadi zat-zat yang lebih sederhana.
    • Contoh: Bakteri, jamur.
  5. Pengurai:
    • Makhluk hidup yang menguraikan sisa-sisa organisme mati menjadi zat-zat yang lebih sederhana.
    • Contoh: Bakteri, jamur.
  6. Mengapa Piramida Makanan Penting?

    • Menunjukkan aliran energi: Energi mengalir dari produsen ke konsumen tingkat tinggi.
    • Menjelaskan hubungan antar makhluk hidup: Setiap makhluk hidup memiliki peran penting dalam ekosistem.
    • Membantu memahami dampak perubahan populasi: Perubahan pada satu tingkat trofik dapat mempengaruhi seluruh piramida.

    Contoh Piramida Makanan:


Hal Penting yang Perlu Diingat:

  • Jumlah individu: Semakin tinggi tingkatan trofik, jumlah individu biasanya semakin sedikit.
  • Energi: Energi yang berpindah dari satu tingkat ke tingkat berikutnya semakin berkurang.
  • Rantai makanan: Piramida makanan terdiri dari banyak rantai makanan yang saling berhubungan.

Yuk, Kita Simpulkan!

Piramida makanan adalah alat yang berguna untuk memahami hubungan makan dan dimakan antar makhluk hidup dalam suatu ekosistem. Dengan memahami piramida makanan, kita dapat lebih menghargai pentingnya menjaga kelestarian lingkungan.

Ingin tahu lebih lanjut?

Kamu bisa mencari informasi tambahan tentang piramida makanan melalui buku, internet, atau bertanya kepada guru.

Semoga rangkuman ini bermanfaat ya!

Apakah kamu ingin mempelajari topik lain tentang piramida makanan, seperti rantai makanan atau jaring-jaring makanan?

Yuk, kita belajar bersama!

Kata kunci: piramida makanan, ekosistem, produsen, konsumen, pengurai, rantai makanan, jaring-jaring makanan.

Refleksi kegiatan hari ini  materi ipas peserta didik dapat membuat diorama rantai makan secara kelompok.peserta didik dapat berlatih bersama tentang musyawarah. 

Berikut dokumentasi kegiatan hari ini 



0 komentar:

Posting Komentar