Rabu, 11 September 2024




KELAS   V B

GURU KELAS : Fuji lestari,S.Pd.

Good morning everyone...

How are you students? 

Hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. 

Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. 

Kegiatan P5

*Tugas 1*
Tabel Hasil Pengamatan 
- Siswa mengamati makanan kesukaan dan makanan tradisional pada video yang diberikan guru.
- kemudian siswa diajak untuk mengamati dari makanan-makanan yang  sudah di bawa kemarin dengan semua alat inderanya: melihat, menghirup (mencium bau), merasakan tekstur, hingga mencoba (mengecap)
- kemudian pilih salah satu makanan kesukaan dan satu  makanan Tradisional yang kamu ketahui atau yang pernah kalian makan 
- siswa mengisi kolom yang berisi 2 emoticon :   (menarik) dan    (tidak menarik). Peserta didik mengisi kedua kolom dengan tanda √ (ceklis ) dengan menarik, dan tanda × (silang )tidak menarik.
*Tugas 2* 
Refleksi Makanan Kesukaan 
1. Peserta didik diminta untuk mewarnai salah satu emoticon sesuai dengan apa yang mereka rasakan.

Mapel : Matematika
T. P : Peserta didik dapat mengerjakan latihan latihan soal matematika dengan benar

 berikut adalah 10 soal cerita yang berkaitan dengan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dan Kelipatan Persekutuan Kecil (KPK) 

1.Kumpulan Buku
   Ani memiliki 144 buku dan Dita memiliki 216 buku. Ani dan Dita ingin membagi buku mereka dalam kumpulan yang sama banyaknya tanpa ada sisa. Berapa banyak buku dalam setiap kumpulan, dan berapa jumlah kumpulan yang bisa mereka buat? (Gunakan FPB dan KPK)

2. Pengaturan Kursi
   Dalam satu aula terdapat 360 kursi yang akan diatur dalam barisan-barisan. Jika barisan terdiri dari 12 kursi dan 15 kursi, berapa banyak barisan yang bisa dibuat tanpa menyisakan kursi?

3. Pembagian Kue
   Sebuah kue akan dibagi kepada 72 anak dan 90 anak. Setiap anak mendapatkan potongan yang sama banyaknya. Berapa jumlah potongan yang sama jika kue dibagi rata tanpa ada sisa?

4. Pemilihan Jadwal
   Dua kelas di sekolah memiliki jadwal kelas olahraga yang berbeda, dengan interval 48 hari dan 60 hari. Setiap kelas olahraga bertemu pada hari yang sama setelah berapa hari? (Cari KPK dari 48 dan 60)

5. Pengiriman Barang
   Sebuah perusahaan pengiriman barang memiliki dua jenis paket dengan ukuran 120 kg dan 150 kg. Untuk mengemas barang dalam ukuran paket yang sama tanpa sisa, berapa berat paket yang ideal untuk dikirim?

6. Festival Musik
   Dua band, Band A dan Band B, masing-masing berlatih setiap 35 hari dan 50 hari. Jika mereka mulai berlatih pada hari yang sama, setelah berapa hari mereka akan berlatih pada hari yang sama lagi? (Cari KPK dari 35 dan 50)

7. Pembuatan Kalung 
   Seorang pengrajin kalung memiliki 288 manik-manik merah dan 360 manik-manik biru. Dia ingin membuat kalung dengan manik-manik yang sama jumlahnya dari masing-masing warna. Berapa banyak manik-manik yang bisa dimasukkan dalam setiap kalung jika kalung tersebut harus mengandung jumlah yang sama dari kedua warna?

8. Penataan Kursus
   Terdapat dua jenis kursus di sekolah yang diadakan setiap 28 minggu dan 42 minggu. Setelah berapa minggu kursus tersebut akan diadakan pada minggu yang sama lagi? (Cari KPK dari 28 dan 42)

9. Taman Bermain
   Di sebuah taman bermain terdapat dua jenis permainan dengan jadwal perawatan setiap 84 hari dan 96 hari. Setelah berapa hari kedua jenis permainan tersebut akan memerlukan perawatan pada hari yang sama lagi? (Cari KPK dari 84 dan 96)

10. Pengaturan Jadwal Perawatan
    Sebuah rumah sakit menjadwalkan perawatan mesin setiap 150 hari dan 200 hari. Setelah berapa hari kedua jadwal perawatan tersebut akan bertepatan pada hari yang sama? (Cari KPK dari 150 dan 200)

Setiap soal ini mengharuskan pemahaman FPB dan KPK untuk menemukan solusi yang tepat.

Refleksi kegiatan hari ini materi P5
Peserta didik dapat menuliskan perasaannya  dalam kegiatan pembelajarsn P5 tentang keberagaman makanan tradisional dan modern . 
Peserta didik alhamdulillah sudah memahami materi kpk dan FPB
Berikut ini  dokumentasi kegiatan hari ini

0 komentar:

Posting Komentar