Kamis, 12 September 2019
Pb 4 dan PB 5
Muatan PPKn
Melaksanakan kewajiban dan tanggung jawab
Hak merupakan sebuah kewenangan atau segala sesuatu yang berhak dimiliki oleh setiap individu sejak dia dilahirkan di dunia ini. Hak dalam kamus besar bahasa Indonesia adalah hak itu meliputi, kekuasaan, kepemilikan, kewenangan, kepunyaan, segala hal dalam berbuat sesuatu.


Kewajiban

Kewajiban merupakan segala sesuatu yang harus dilaksanakan untuk agar semua individu mendapatkan haknya secara layak.


Hak di Rumah:

a. Hak ibu mendapat nafkah dari ayah.

b. Hak anak mendapat kasih sayang dari ayah dan ibu.

c. Hak semua anggota keluarga mendapat kasih sayang dari semua.

d. Hak anak mengatur hidupnya setelah ia dewasa.

e. Hak semua anggota keluarga dapat memiliki barang kesukaannya.


Kewajiban di Rumah:

a. Kewajiban menghormati kedua orangtua.

b. Kewajiban menjaga nama baik keluarga.

c. Kewajiban menyayangi semua anggota keluarga.

d. Kewajiban membantu pekerjaan orangtua, seperti: memncuci piring setelah makan, membantu ibu memasak, dan lain-lain.


Hak di Sekolah:

a. Hak untuk mendapat pembelajaran dari guru.

b. Hak untuk bertanya kepada guru tentang materi yang belum paham.

c. Hak untuk mendapat teman.

d. hak untuk berpendapat.


Kewajiban di Sekolah:

a. Kewajiban menghormati guru.

b. Kewajiban menjaga nama baik sekolah.

c. Kewajiban menjaga lingkungan sekolah agar tetap kondusif.

d. Kewajiban saling tolong menolong dengan teman, guru maupun, warga sekolah.


Hak di Masyarakat:

a. Hak untuk bersosialisasi dengan warga masyarakat sekitar.

b. Hak untuk memperoleh keamanan dari aparat keamanan.

c. Hak untuk menyampaikan pendapat.


Kewajiban di Mayarakat:

a. Kewajiban menjaga keamanan serta ketertiban masyarakat.

b. Kewajiban menghormati oranglain.

c. Kewajiban patuh terhadap peraturan yang berlaku di masyarakat.

d. Kewajiban selalu menjaga kebersihan di lingkungan masyarakat.


Muatan Bahasa Indonesia
Kalimat efektif dalam teks eksplanasi




Syarat kalimat efektif dalam menyunting teks eksplanasi adalah terbebas dari kesalahan penggunana tanda baca dan ejaan, disampaikan dalam bentuk ringkas, serta informasi yang disampaikan tidak bertele-tele.
Kalimat efektif adalah sebuah kalimat yang mampu menyampaikan isi dan pesan dari sebuah bacaan dengan persis seperti yang dimaksud oleh penulis dari pihak penulis sampai kepada para penyimak kalimat tersebut. untuk mencapai hal ini, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh sebuah kalimat. Syarat - syarat tersebut mencakup penggunaan tanda baca dan ejaan yang tepat, kalimat yang tidak terlalu panjang, hingga penyampaian informasi yang tidak bertele-tele.
Seluruh kaidah ini harus dipenuhi karena jika tidak mampu menyebabkan kesalahpahaman di kalangan masyarakat ketika mencoba memahami baik isi, pesan, maupun konteks penulisan sebuah kalimat. Hal ini pulalah yang menjadikan kalimat efektif sebagai kalimat ideal dalam Bahasa Indonesia.

Bupena hal 182 dan 183

Pb.5 muatan IPS
Pengaruh komputer dalam bidang pendidikan

PENGARUH KOMPUTER TERHADAP BIDANG PENDIDIKAN

Pengaruh Komputer Terhadap Bidang Pendidikan
Komputer berpengaruh sangat penting bagi bidang pendidikan, dengan adanya komputer mempermudah kita dalam melaksanakan sebuah pekerjaan. Contoh pengaruh komputer dalam pendidikan adalah mempermudah seorang pegawai sekolah dalam membuat kurikulum pengajaran, jadwal pelajaran sekolah, membuat daftar nilai siswa, membuat daftar nama siswa, membuat absen siswa, membuat perhitungan gaji pegawai, membuat perencanaan pengajaran, dan mengakses informasi pendidikan lewat internet.

Menurut Robert Taylor, peranan komputer di bidang pendidikan dibagi menjadi 3 bagian yaitu TUTOR, TOOL, dan TUTEE.
  1. Sebagai TUTOR, komputer berperan sebagai pengajar melalui pendekatan pengajaran berbentukan komputer. Penggunaan komputer sebagai alat pembelajaran dikenal sebagai CBE ( Computer Based Education ).
  2. Sebagai TOOL, komputer menjadi alat untuk memudahkan proses pengajaran dan pembelajaran seperti konteks pengajaran berintegrasikan komputer. Komputer juga digunakan untuk melakukan pengolahan data proses pembelajaran, seperti pengolahan data nilai siswa, penjadwalan, beasiswa dan sebagainya.
  3. Sebagai TUTEE, komputer berperan sebagai alat yang diajar,dan bisa melakukan Tanya jawab atau dialog dengan komputer yg biasa disebut dengan CAI ( Computer Assist Intruction )
Menurut Sudjana dan Rivai (1989) ada beberapa model pembelajaran dengan komputer, yaitu model latihan dan praktek (drill and practice), model tutorial, model penemuan (problem solving), model simulasi (simulation), dan model permainan (game). Model pembelajaran ini dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran agar pembelajaran lebih menarik sehingga dapat membantu para siswa untuk mengembangkan pengetahuan mereka.
Dengan menggunakan komputer kita dapat memperoleh pendidikan dan ilmu pengetahuan Antara lain dari setiap aplikasi yang kita instal dapat membuat kita ahli dalam beberapa bidang seperti :
·         Adobe Photoshop, dengan aplikasi ini kita bisa menjadi seseorang yang mahir dalam bidang editing photo
·         Coreldraw, dengan aplikasi ini kita bisa menjadi seseorang yang mahir dalam bidang desain grafis.
·         Power Point, dengan aplikasi ini kita menjadi seseorang yang mahir dalam bidang presentasi
·         Autocad, dengan aplikasi ini kita menjadi seseorang yang mahir dalam bidang desain arsitektur
Dampak Positif Komputer di Bidang Pendidikan
  1. Mempermudah untuk mencari bahan informasi
  2.  Mempermudah pekerjaan pegawai sekolah
  3. Mempermudah siswa dalam mengerjakan tugas
  4. Kemampuan belajar siswa dapat meningkat
  5. Kecerdasan psikomotorik siswa dapat terangsang dengan baik.
  6. Inovasi dalam pembelajaran semakin berkembang
  7. Materi pembelajaran dapat disampaikan lebih menarik dan interaktif
  8. Sebagai pengganti mesin ketik
  9. Sebagai alat hitung
  10. Sebagai media komunikasi menggunakan internet.
Dampak Negatif Komputer di Bidang Pendidikan 
  1. Mempermudah terjadinya HAKI ( Hak Atas Kekayaan Intelektual )
  2. Akses negatif internet
  3.  Kecanduan bermain komputer bagi anak
  4. Penyalahgunaan pengetahuan
Muatan SBDP

Interval (musik) adalah sebuah jarak antara nada satu ke nada yang lainnya. baik jarak nada ke atas atau jarak nada ke bawah. Interval memiliki beberapa nama yaitu:
  • 1. Prim: yaitu interval nada dari nada satu ke nada yang sama. Misal: dari nada do ke do
  • 2. Sekon: yaitu interval nada dari nada satu ke nada kedua di atas atau di bawahnya. Misal nada do ke re
  • 3. Terts: yaitu interval nada dari nada satu ke nada ketiga: Misal nada do ke mi
  • 4. Quart/Kuart: yaitu interval dari nada kesatu ke nada keempat di atasnya. Misal nada do ke fa, re ke sol, mi ke la, dsb.
  • 5. Quin/Kuint: adalah interval lima nada.
  • 6. Sekt: adalah interval enam nada.
  • 7. Septim: adalah interval tujuh nada.
  • 8. Oktaf: adalah interval delapan nada, dalam musik diatonis oktav mengidentifikasikan pengulangan nada yang sama hanya dalam tingkatan yang lebih tinggi. Misal nada do rendah ke nada do tinggi, sol bawah ke sol tinggi, dsb

0 komentar:

Posting Komentar