Kamis,26 September 2019
Pb 4 dan 5
Muatan Bahasa Indonesia
Menyampaikan informasi penting dari teks eksplanasi
Teks eksplanasi adalah teks yang berisi tentang proses mengapa dan bagaimana suatu peristiwa alam, ilmu pengetahuan, sosial, budaya, dan lainnya bisa terjadi. Suatu peristiwa baik peristiwa alam maupun sosial yang terjadi disekitar kita, selalu mempunyai hubungan sebab akibat dan proses.
Kejadian yang terjadi disekitar kita pantas nya tidak hanya kita amati dan rasakan saja, tetapi sekaligus digunakan sebagai pembelajaran. Mengapa kejadian tersebut bisa terjadi dan bagaimana bisa terjadi kejadian seperti itu.
Teks eksplanasi diantaranya mempunyai tujuan:
  • Menjelaskan fenomena yang terjadi
  • Menjelaskan sebab-akibat suatu peristiwa

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

Sangat mudah membedakan teks eksplanasi dengan teks deskripsi atau teks lain. Dikarenakan teks eksplanasi mempunyai ciri-ciri yang sangat khusus. Ciri-cirinya:
  • Strukturnya terdiri dari penyataan umum, urutan sebab akibat, dan interpretasi.
  • Informasi yang dimuat berdasarkan fakta (faktual).
  • Faktual tersebut memuat informasi yang bersifat ilmiah/keilmuan, contohnya sains.
  • Sifatnya informatif dan tidak berusaha untuk mempengaruhi pembaca untuk percaya terhadap hal yang dibahas.
  • Memiliki / menggunakan sequence markers. Seperti pertama, kedua, ketiga, dan sebagainya. Bisa juga menggunakan: pertama, berikutnya, terakhir.
Bupena halaman 18

Muatan PPKn 
Manfaat kegiatan ekonomi bagi masyarakat
Manfaat kegiatan ekonomi di masyarakat

1) Memenuhi kebutuhan hidupnya 
2) Menyejahterakan masyarakat
3) Memupuk rasa persatuan dan kesatuan
4)Dapat membantu perekonomian masyarakat
5)supaya tidak menjadi pengangguran atau Sampah masyarakat. Di indonesia kini banyak yg namanya pengangguran, pengangguran biasanya disebut dengan sampah masyarakat. jadi, salah satu dari beberapa manfaat dari kegiatan ekonomi adalah agar mengurangi pengangguran.

Muatan IPS
Kerjasama negara anggota ASEAN dalam bidang budaya
ASEAN atau Assosication of South East Asian Countries merupakan organisasi yang beranggotakan negara-negara merdeka yang berada di kawasan Asia Tenggara. Negara-negara yang tergabung dalam ASEAN, jika ditinjau dari segi wilayah, dapat dibagi menjadi 2 golongan yaitu negara yang berada di daratan benua Asia dan negara-negara yang berada di perairan benua Asia. Adapun negara yang tergabung dalam ASEAN meliputi Indonesia, Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, Vietnam, Myanmar, Timor Leste, dan Laos.

Pada kesempatan ini, soal menanyakan kita tentang contoh kerjasama ASEAN dalam bidang budaya. Berikut beberapa contoh kerjasama ASEAN dalam bidang budaya yang dapat kakak berikan:

1. Meningkatkan kerja sama menanggulangi perkembangan jumlah penduduk di wilayah ASEAN.2. Meningkatkan kerja sama pencegahan dan penyalahgunaan narkotika.

3. Memperkenalkan negara-negara anggota melalui sekolah-sekolah dan lembaga-lembaga pendidikan lainnya.

4. Mengadakan pekan film dan Festival Film.

5. Menyelenggarakan program pertukaran acara radio dan televisi antar anggota.

6. Menyelenggarakan Festival Lagu.

7. Menyelenggarakan Festival Seni.

8. Menyelenggarakan Program Pertukaran artis radio/televisi.
Gambar lambang ASEAN
Lambang Asean dan Artinya Asean didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 oleh 5 negara pemrakarsanya, yaitu Indonesia, Filiphina, Malaysia, Thailand, dan Singapura melalui Deklarasi Bangkok. Sebagai simbol organisasinya, Asean membuat sebuah lambang yang penampakannya seperti terlihat pada gambar berikut ini.
Bupena hal 20

Desain dari lambang resmi ASEAN di atas mengandung beberapa nilai filosofis sebagai bentuk pengejawantahan harapan, keinginan, sekaligus identitas organisasi negara-negara ASEAN. Lambang Asean dan artinya dapat dijelaskan sebagaimana berikut. Bentuk lingkaran yang mengelilingi sisi terluar lambang ASEAN mencerminkan kesatuan negara-negara Asean. Batang padi yang berjumlah 10 di tengah lambang mencerminkan harapan dan mimpi para pendiri (founding fathers) ASEAN agar negara-negara ASEAN yang jumlahnya 10 dapat saling terikat dalam persahabatan dan solidaritas. Warna-warna pada logo ASEAN memiliki makna tersendiri. Warna biru melambangkan perdamaian dan stabilitas, warna merah melambangkan dinamisme dan keberanian, dan warna putih kuning melambangkan kemakmuran dan kejayaan. Dari lambang ASEAN dan artinya tersebut, dapat kita temukan bahwa lambang tersebut secara garis besar menggambarkan stabilitas, kedamaian, kesatuan, dan kedinamisan. Makna ini sesuai dengan semboyan “Satu Misi, Satu Identitas, Satu Komunitas (One Vision, One Identity, One Community)” yang menjadi semboyan Asean. Lambang Asean dilindungi undang-undang Asean dalam hal hak cipta dan reproduksinya. Terkait dengan reproduksi, warna yang digunakan harus disamakan dengan kode warna pokoknya. Dalam hal penggunaan, lambang Asean harus digunakan untuk mempromosikan Asean dengan tujuan dan prinsip-prinsip tertentu. lambang Asean tidak dibolehkan untuk digunakan dalam tujuan politik, atau kegiatan lain yang bisa merugikan martabat Asean. Selain itu, lambang asean juga tidak diperkenankan digunakan dalam tujuan komersial kecuali dengan seizin dan persetujuan resmi undang-undang Asean







0 komentar:

Posting Komentar