Kamis, 15 Mei 2025


   
Hari Kamis, 15 Mei 2025.

KELAS VB 

GURU KELAS : Fuji lestari, S. Pd

Good morning everyone...

How are you students? 

Hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. 

Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. 

Apa kabar sholih sholiha kelas VB, semoga selalu dalam lindungan Allah SWT, semoga sholih sholiha selalu bersemangat dalam beraktifitas. 

dan kita selalu istiqomah dalam menjalankan ibadah. 

Bu guru mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri mohon maaf lahir dan batin semoga kita semua saling memaafkan dan lebih menambah keimanan kita semua. 

Baiklah sholih sholiha sebelum kita masuk ke materi pembelajaran kita melakukan tepuk WOW. 

Selanjutnya kita akan latihan soal - soal pendidikan pancasila, ipas dan seni rupa 

Mapel pendidikan pancasila 

Tujuan pembelajaran : peserta didik dapat memahami latihan soal-soal materi gotong royong 

Media pembelajaran : soal-soal pendidikan pancasila 

Metode pembelajaran : tanya jawab 

Pilihlah jawaban yang paling tepat!

  1. Gotong royong adalah kegiatan yang dilakukan secara...
    a. Sendiri
    b. Bersama-sama
    c. Diam-diam
    d. Terpaksa

  2. Salah satu manfaat gotong royong adalah...
    a. Membuat pekerjaan lebih lambat
    b. Menambah beban kerja
    c. Menumbuhkan rasa persatuan
    d. Menimbulkan pertengkaran

  3. Contoh gotong royong di sekolah adalah...
    a. Bermain saat pelajaran
    b. Membersihkan kelas bersama-sama
    c. Menyontek saat ujian
    d. Duduk diam saat upacara

  4. Gotong royong mencerminkan nilai...
    a. Egois
    b. Kerja sama
    c. Kemalasan
    d. Keangkuhan

  5. Gotong royong dapat mempererat...
    a. Permusuhan
    b. Persahabatan
    c. Persaingan
    d. Perpecahan

  6. Siapa yang sebaiknya ikut serta dalam kegiatan gotong royong?
    a. Hanya orang tua
    b. Hanya anak-anak
    c. Semua warga
    d. Petugas kebersihan saja

  7. Saat mengikuti gotong royong, kita harus bersikap...
    a. Masa bodoh
    b. Sombong
    c. Semangat dan ramah
    d. Malas

  8. Membersihkan selokan bersama warga adalah contoh gotong royong di...
    a. Sekolah
    b. Rumah
    c. Pasar
    d. Lingkungan masyarakat

  9. Kegiatan yang tidak termasuk gotong royong adalah...
    a. Kerja bakti
    b. Ronda malam
    c. Belanja di pasar
    d. Mendirikan poskamling bersama

  10. Dengan gotong royong, pekerjaan menjadi...
    a. Sulit diselesaikan
    b. Lebih berat
    c. Lebih cepat dan ringan
    d. Membosankan

  1. Gotong royong mencerminkan nilai Pancasila sila ke-…

  2. Contoh sikap gotong royong di rumah adalah …

  3. Kegiatan membersihkan taman bersama teman termasuk gotong royong di lingkungan

  1. Jelaskan manfaat gotong royong bagi kehidupan masyarakat!

  2. Ceritakan pengalamanmu saat mengikuti kegiatan gotong royong, baik di sekolah, rumah, atau lingkungan sekitar!

Mapel : Ipas 

Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran, siswa diharapkan dapat:

  1. Menjelaskan makna perjuangan bangsa Indonesia dalam melawan penjajahan.

  2. Mengidentifikasi tokoh-tokoh pejuang dan peristiwa penting dalam perjuangan melawan penjajah.

  3. Menunjukkan sikap menghargai jasa para pahlawan.

  4. Menyampaikan pendapat tentang bentuk perjuangan masa kini yang dapat dilakukan oleh pelajar.       Media Pembelajaran

  • Gambar atau video pendek tentang perjuangan para pahlawan (contoh: pertempuran 10 November di Surabaya)

  • Peta wilayah perjuangan di Indonesia

  • Buku tematik kelas 5

  • Lembar kerja siswa                    Metode Pembelajaran

  • Ceramah interaktif: Guru menjelaskan materi dengan melibatkan pertanyaan ke siswa.

  • Diskusi kelompok: Siswa mendiskusikan tokoh atau peristiwa perjuangan.

  • Presentasi siswa: Hasil diskusi kelompok dipresentasikan di depan kelas.

  • Roleplay/simulasi: Siswa memerankan tokoh perjuangan..

  • Soal Diskusi

Bagilah siswa ke dalam kelompok kecil dan berikan salah satu soal berikut untuk didiskusikan:

  1. Menurut kelompokmu, apa saja sikap yang dimiliki para pahlawan saat melawan penjajahan?

  2. Mengapa bangsa Indonesia harus berjuang melawan penjajahan?

  3. Siapa tokoh perjuangan yang paling kalian kagumi? Jelaskan alasannya.

  4. Bagaimana cara kita menghargai jasa para pahlawan di masa kini?

  5. Apa perbedaan antara perjuangan melawan penjajahan zaman dulu dan perjuangan generasi muda saat ini?

Mapel : Seni Rupa

Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran, siswa diharapkan dapat:

  1. Menjelaskan pengertian dan fungsi ragam hias dalam seni rupa.

  2. Mengidentifikasi jenis-jenis ragam hias (flora, fauna, geometris, dan figuratif).

  3. Membuat karya ragam hias dengan teknik dan media yang sesuai.

  4. Menunjukkan sikap kreatif dan teliti dalam berkarya seni.                     Media Pembelajaran

  • Gambar contoh ragam hias dari berbagai daerah

  • Video pendek tentang proses pembuatan ragam hias

  • Alat dan bahan menggambar: kertas gambar, pensil, penghapus, pensil warna/spidol/krayon

  • Lembar kerja untuk latihan menggambar motif ragam hias 

  • Metode Pembelajaran

  • Ceramah interaktif: Guru menjelaskan jenis dan contoh ragam hias sambil memancing pertanyaan.

  • Demonstrasi: Guru memperlihatkan cara membuat motif ragam hias secara langsung.

Berikut adalah Tujuan PembelajaranMediaMetode, dan Soal Diskusi untuk materi Makna Perjuangan Bangsa Indonesia Melawan Penjajahan (kelas 5 SD):


Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran, siswa diharapkan dapat:

  1. Menjelaskan makna perjuangan bangsa Indonesia dalam melawan penjajahan.

  2. Mengidentifikasi tokoh-tokoh pejuang dan peristiwa penting dalam perjuangan melawan penjajah.

  3. Menunjukkan sikap menghargai jasa para pahlawan.

  4. Menyampaikan pendapat tentang bentuk perjuangan masa kini yang dapat dilakukan oleh pelajar.


Media Pembelajaran

  • Gambar atau video pendek tentang perjuangan para pahlawan (contoh: pertempuran 10 November di Surabaya)

  • Peta wilayah perjuangan di Indonesia

  • Buku tematik kelas 5

  • Lembar kerja siswa

  • Kutipan pidato atau semboyan tokoh pejuang (contoh: “Merdeka atau Mati!”)


Metode Pembelajaran

  • Ceramah interaktif: Guru menjelaskan materi dengan melibatkan pertanyaan ke siswa.

  • Diskusi kelompok: Siswa mendiskusikan tokoh atau peristiwa perjuangan.

  • Presentasi siswa: Hasil diskusi kelompok dipresentasikan di depan kelas.

  • Roleplay/simulasi: Siswa memerankan tokoh perjuangan.

  • Refleksi: Siswa menulis atau menyampaikan makna perjuangan bagi dirinya saat ini.


Soal Diskusi

Bagilah siswa ke dalam kelompok kecil dan berikan salah satu soal berikut untuk didiskusikan:

  1. Menurut kelompokmu, apa saja sikap yang dimiliki para pahlawan saat melawan penjajahan?

  2. Mengapa bangsa Indonesia harus berjuang melawan penjajahan?

  3. Siapa tokoh perjuangan yang paling kalian kagumi? Jelaskan alasannya.

  4. Bagaimana cara kita menghargai jasa para pahlawan di masa kini?

  5. Apa perbedaan antara perjuangan melawan penjajahan zaman dulu dan perjuangan generasi muda saat ini?                                 Tujuan  Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran, siswa diharapkan dapat:

  1. Menjelaskan pengertian dan fungsi ragam hias dalam seni rupa.

  2. Mengidentifikasi jenis-jenis ragam hias (flora, fauna, geometris, dan figuratif).

  3. Membuat karya ragam hias dengan teknik dan media yang sesuai.

  4. Menunjukkan sikap kreatif dan teliti dalam berkarya seni.


Media Pembelajaran

  • Gambar contoh ragam hias dari berbagai daerah

  • Video pendek tentang proses pembuatan ragam hias

  • Alat dan bahan menggambar: kertas gambar, pensil, penghapus, pensil warna/spidol/krayon

  • Lembar kerja untuk latihan menggambar motif ragam hias


Metode Pembelajaran

  • Ceramah interaktif: Guru menjelaskan jenis dan contoh ragam hias sambil memancing pertanyaan.

  • Demonstrasi: Guru memperlihatkan cara membuat motif ragam hias secara langsung.

  • Tanya jawab: Melatih pemahaman konsep dan teknik siswa.

  • Latihan praktik: Siswa membuat karya ragam hias secara individu atau kelompok. 

Pilihan Ganda

  1. Ragam hias adalah...
    a. Gambar abstrak tanpa arti
    b. Hiasan untuk memperindah benda atau karya seni
    c. Coretan tidak bermakna
    d. Lukisan pemandangan

  2. Contoh ragam hias flora adalah...
    a. Burung
    b. Awan
    c. Bunga melati
    d. Ikan

  3. Motif ragam hias yang berbentuk hewan disebut...
    a. Flora
    b. Fauna
    c. Geometris
    d. Figuratif

  4. Ragam hias dapat ditemukan pada...
    a. Benda elektronik
    b. Benda hias dan kerajinan
    c. Alat berat
    d. Kendaraan umum

  5. Motif ragam hias geometris berbentuk...
    a. Daun dan bunga
    b. Lingkaran, segitiga, garis
    c. Hewan dan manusia
    d. Pemandangan alam

Baiklah Soleh soleha ibu guru, demikian materi kita pada hari ini semoga sholih sholihah dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat  lima waktu dan hapalan-hapalan surat pendek di rumah 
Ibu guru akhiri wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Refleksi kegiatan hari ini, Alhamdulillah   berjalan dengan lancar peserta didik mengerjakan soal soal latihan dengan baik, dan memahami materi materi yang disampaikan  hari ini. 

Berikut dokumentasi kegiatan hari ini

0 komentar:

Posting Komentar