KELAS VB
GURU KELAS : Fuji lestari, S. Pd
Good morning everyone...
How are you students?
Hopefully we're healthy and always in the protection of Allah.
Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah.
Apa kabar sholih sholiha kelas VB, semoga selalu dalam lindungan Allah SWT, semoga sholih sholiha selalu bersemangat dalam beraktifitas.
dan kita selalu istiqomah dalam menjalankan ibadah.
Baiklah sholih sholiha sebelum kita masuk ke materi pembelajaran kita melakukan tepuk semangat
Selanjutnya kita akan membahas latihan latihan soal soal .
Tujuan pembelajaran : peserta didik memahami soal-soal latihan
Media pembelajaran : buku refrensi soal- soal pendidikan Anti
Metode pembelajaran : tanya jawab dan tes tertulis
A. SOAL PILIHAN GANDA (PG)
(Pilihlah jawaban yang paling tepat!)
1. Sila pertama Pancasila berbunyi...
A. Kemanusiaan yang adil dan beradab
B. Ketuhanan Yang Maha Esa
C. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
D. Persatuan Indonesia
Jawaban:
2. Lambang sila keempat Pancasila adalah...
A. Bintang
B. Rantai
C. Kepala banteng
D. Padi dan kapas
Jawaban:
3. Makna sila ketiga Pancasila adalah...
A. Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa
B. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan
C. Memeluk agama dengan taat
D. Berlaku adil kepada sesama
Jawaban:
4. Contoh pengamalan sila kedua di rumah adalah...
A. Membantu teman belajar
B. Menolong adik saat jatuh
C. Mematuhi peraturan sekolah
D. Ikut kerja bakti
Jawaban:
5. Musyawarah adalah wujud dari pengamalan sila ke...
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
Jawaban:
6. Pancasila sebagai dasar negara berarti...
A. Sebagai lagu wajib
B. Pedoman hidup bernegara
C. Hiasan negara
D. Warisan sejarah
Jawaban:
7. Toleransi antar umat beragama mencerminkan sila ke...
A. Pertama
B. Kedua
C. Ketiga
D. Kelima
Jawaban:
8. Sikap yang sesuai dengan sila keempat adalah...
A. Bermain curang
B. Menang sendiri
C. Bermusyawarah untuk mufakat
D. Saling mengejek
Jawaban:
9. Menjaga kebersihan lingkungan mencerminkan sila ke...
A. Kedua
B. Ketiga
C. Kelima
D. Pertama
Jawaban:
10. Arti dari “adil” dalam sila kelima adalah...
A. Selalu menang
B. Mendengarkan pendapat sendiri
C. Memberikan hak kepada yang berhak
D. Tidak memedulikan orang lain
Jawaban:
11. Pancasila terdiri dari... sila.
A. 3
B. 4
C. 5
D. 6
Jawaban:
12. Sila kedua Pancasila berbunyi...
A. Persatuan Indonesia
B. Kemanusiaan yang adil dan beradab
C. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan
D. Ketuhanan Yang Maha Esa
Jawaban:
13. Lambang sila kelima Pancasila adalah...
A. Kepala banteng
B. Padi dan kapas
C. Pohon beringin
D. Bintang
Jawaban:
14. Menghargai teman yang berbeda agama mencerminkan...
A. Sila pertama
B. Sila ketiga
C. Sila kedua
D. Sila kelima
Jawaban:
15. Warna dasar lambang negara Garuda Pancasila adalah...
A. Kuning
B. Putih
C. Merah
D. Hitam
Jawaban:
16. Sikap adil dalam keluarga ditunjukkan dengan...
A. Mengutamakan adik
B. Membantu pekerjaan rumah
C. Membagi tugas secara merata
D. Bermain terus-menerus
Jawaban:
17. Saat teman berbuat salah, sikap kita adalah...
A. Memarahinya
B. Menegur dengan baik
C. Mengejeknya
D. Mengadukannya ke guru
Jawaban:
18. Sikap kita terhadap keputusan musyawarah adalah...
A. Menerima jika menguntungkan
B. Menolak jika tidak disukai
C. Menerima dengan lapang dada
D. Mengabaikannya
Jawaban:
19. Hidup rukun mencerminkan sila ke...
A. Kedua
B. Ketiga
C. Keempat
D. Kelima
Jawaban:
20. Jika melihat teman bertengkar, kita sebaiknya...
A. Membiarkan
B. Ikut campur dengan emosi
C. Melerai dengan baik
D. Menertawakannya
Jawaban:
B. SOAL URAIAN
1. Apa arti penting Pancasila sebagai dasar negara?
Jawaban:
2. Sebutkan 3 contoh pengamalan sila pertama Pancasila!
Jawaban:
3. Mengapa kita harus hidup rukun dalam masyarakat?
Jawaban:
4. Apa manfaat musyawarah dalam mengambil keputusan?
Jawaban:
5. Sebutkan 2 contoh perilaku adil di sekolah!
Jawaban:
6. Apa yang kamu lakukan jika temanmu berbeda agama?
Jawaban:
7. Sebutkan 3 contoh kegiatan yang mencerminkan sila kelima Pancasila!
Jawaban:
8. Mengapa kita harus menghargai pendapat orang lain?
Jawaban:
9. Sebutkan lambang dan bunyi dari sila kedua Pancasila!
Jawaban
10. Bagaimana sikapmu jika hasil musyawarah berbeda dari pendapatmu?
Jawaban:
Mapel Ipas
A. SOAL PILIHAN GANDA (PG)
(Pilihlah jawaban yang paling tepat!)
1. Indonesia memiliki letak strategis karena berada di antara dua benua yaitu...
A. Asia dan Afrika
B. Eropa dan Amerika
C. Asia dan Australia
D. Australia dan Amerika
Jawaban:
2. Salah satu hasil pertanian utama di Pulau Jawa adalah...
A. Kelapa sawit
B. Padi
C. Sagu
D. Karet
Jawaban:
3. Negara tetangga Indonesia yang berbatasan langsung di darat adalah...
A. Singapura dan Thailand
B. Papua Nugini dan Malaysia
C. Filipina dan Brunei Darussalam
D. Australia dan India
Jawaban:
4. Provinsi yang terkenal sebagai penghasil tambang emas adalah...
A. DKI Jakarta
B. Papua
C. Bali
D. Jawa Timur
Jawaban:
5. Pekerjaan utama penduduk di daerah pantai adalah...
A. Petani
B. Nelayan
C. Pedagang
D. Peternak
Jawaban:
6. Jenis sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui adalah...
A. Air
B. Hutan
C. Batubara
D. Angin
Jawaban:
7. Manfaat utama sungai bagi masyarakat adalah...
A. Tempat pembuangan limbah
B. Tempat bermain
C. Sumber air bersih dan transportasi
D. Tempat membuang sampah
Jawaban:
8. Hasil perkebunan utama di Pulau Sumatra adalah...
A. Jagung
B. Gandum
C. Kelapa sawit
D. Sagu
Jawaban:
9. Kegiatan jual beli antara dua negara disebut...
A. Ekspor
B. Impor
C. Perdagangan internasional
D. Perdagangan lokal
Jawaban:
10. Indonesia terletak di antara dua samudra, yaitu...
A. Atlantik dan Arktik
B. Hindia dan Pasifik
C. Atlantik dan Pasifik
D. Hindia dan Arktik
Jawaban:
11. Contoh kegiatan ekonomi di daerah pegunungan adalah...
A. Menangkap ikan
B. Bertani sayur dan buah
C. Menjual pakaian
D. Menambang minyak
Jawaban:
12. Daerah yang dikenal sebagai lumbung padi Indonesia adalah...
A. Jawa Barat
B. Nusa Tenggara
C. Sulawesi Utara
D. Maluku
Jawaban:
13. Kegiatan mengolah tanah untuk ditanami disebut...
A. Perikanan
B. Perkebunan
C. Pertanian
D. Peternakan
Jawaban:
14. Barang yang dibawa masuk dari luar negeri disebut...
A. Ekspor
B. Impor
C. Logistik
D. Perdagangan lokal
Jawaban:
15. Mata pencaharian penduduk Indonesia sangat dipengaruhi oleh...
A. Pendidikan
B. Letak geografis
C. Gaya hidup
D. Hobi
Jawaban:
B. SOAL Uraian
1. Sebutkan dua contoh sumber daya alam yang dapat diperbarui!
Jawaban:
2. Mengapa Indonesia disebut negara agraris?
Jawaban:
3. Jelaskan apa yang dimaksud dengan ekspor!
Jawaban:
4. Sebutkan tiga hasil perkebunan Indonesia!
Jawaban:
5. Bagaimana pengaruh letak geografis terhadap mata pencaharian penduduk?
Jawaban:
6. Apa manfaat hutan bagi kehidupan manusia?
Jawaban:
7. Jelaskan kegiatan ekonomi yang biasanya dilakukan di daerah dataran rendah!
Jawaban:
8. Mengapa kita harus menghemat sumber daya alam?
Jawaban:
9. Sebutkan dua negara yang menjadi mitra dagang utama Indonesia!
Jawaban:
10. Apa perbedaan antara pertanian dan perkebunan?
Jawaban:
Mapel seni rupa
1. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik diharapkan dapat:
-
Kognitif:
-
Menjelaskan pengertian dan manfaat daur ulang.
-
Mengidentifikasi jenis-jenis barang bekas yang dapat didaur ulang menjadi kerajinan.
-
-
Afektif:
-
Menumbuhkan sikap peduli lingkungan dengan memanfaatkan barang bekas.
-
Menunjukkan kreativitas dan tanggung jawab dalam proses pembuatan kerajinan.
-
-
Psikomotorik:
-
Membuat satu produk kerajinan dari barang bekas dengan teknik yang sesuai.
-
Menyajikan hasil kerajinan dengan tampilan yang menarik
.2. Media Pembelajaran
-
Media yang digunakan dapat berupa:
-
Visual:
-
Gambar contoh produk kerajinan dari barang bekas.
-
Infografis alur proses daur ulang menjadi produk kerajinan.
-
-
Audio-Visual:
-
Video tutorial pembuatan kerajinan daur ulang.
-
Slide presentasi berisi teori dan langkah-langkah pembuatan.
-
-
Fisik/Alat dan Bahan:
-
Barang bekas: botol plastik, kardus, kertas koran, kaleng, kain perca, dll.
-
Alat: gunting, lem, cutter, cat, kuas, tali, dll
.3. Metode Pembelajaran
-
Metode yang dapat digunakan meliputi:
-
Ceramah Interaktif:
Untuk menyampaikan teori tentang daur ulang, manfaatnya, dan pengenalan jenis-jenis bahan. -
Diskusi Kelompok:
Untuk merancang ide dan desain produk kerajinan dari barang bekas. -
Demonstrasi:
Guru atau video memperagakan langkah-langkah pembuatan kerajinan. -
Praktik Langsung (Project-Based Learning):
Siswa membuat produk kerajinan secara individu atau kelompok berdasarkan desain yang telah dirancang. -
Presentasi Hasil dan Refleksi:
Setiap siswa atau kelompok mempresentasikan hasil karya, menjelaskan proses pembuatannya, dan mendapatkan umpan balik.
0 komentar:
Posting Komentar