KELAS VB
GURU KELAS : Fuji lestari, S. Pd
Good morning everyone...
How are you students?
Hopefully we're healthy and always in the protection of Allah.
Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah.
Apa kabar sholih sholiha kelas VB, semoga selalu dalam lindungan Allah SWT, semoga sholih sholiha selalu bersemangat dalam beraktifitas.
dan kita selalu istiqomah dalam menjalankan ibadah.
Kata-kata motivasi hari ini :
Belajar hari ini adalah bekal untuk masa depanmu nanti."
Baiklah sholih sholiha sebelum kita masuk ke materi pembelajaran kita melakukan tepuk WOW
Selanjutnya kita akan belajar mapel pendidikan pancasila, ipas dan Bahasa Indonesia.
pendidikan pancasila tujuan pembelajaran : Menjelaskan pengertian keragaman budaya dan gotong royong dengan benar.Menyebutkan contoh keragaman budaya yang ada di Indonesia. Media pembelajaran : Gambar atau video tentang rumah adat, tarian, pakaian, dan upacara adat dari berbagai daerah. Dan Soal-soal latihan Metode pembelajaran : Ceramah interaktif guru menjelaskan sambil melibatkan tanya jawab dan tugas Mandiri
Materi: Keberagaman Budaya Indonesiaku dan Gotong Royong
Keberagaman Budaya Indonesiaku
1. Pengertian Keberagaman Budaya
Keberagaman budaya adalah perbedaan yang ada dalam masyarakat Indonesia seperti suku, adat istiadat, bahasa daerah, rumah adat, pakaian adat, tarian, lagu daerah, dan makanan khas.
2. Penyebab Keberagaman Budaya
-
Letak geografis yang luas
-
Banyaknya suku bangsa
-
Pengaruh lingkungan dan sejarah daerah
3. Contoh Keberagaman Budaya
-
Rumah adat: Joglo (Jawa), Tongkonan (Toraja), Gadang (Minangkabau)
-
Tari tradisional: Tari Saman (Aceh), Tari Kecak (Bali), Tari Piring (Sumatera Barat)
-
Bahasa daerah: Jawa, Sunda, Batak, Bugis, dsb.
-
Makanan khas: Rendang, Gudeg, Pempek, Papeda
4. Sikap Terhadap Keberagaman Budaya
-
Menghargai budaya daerah lain
-
Tidak membeda-bedakan suku atau adat
-
Bangga terhadap budaya bangsa
-
Menjaga dan melestarikan budaya lokal B. Gotong Royong
1. Pengertian Gotong Royong
Gotong royong adalah kegiatan bekerja bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama. Ini adalah salah satu bentuk pengamalan nilai-nilai Pancasila.
2. Contoh Gotong Royong
-
Membersihkan lingkungan bersama
-
Membangun fasilitas umum di desa
-
Menolong tetangga yang sedang kesusahan
-
Membersihkan kelas bersama-sama
3. Manfaat Gotong Royong
-
Meringankan pekerjaan
-
Mempererat hubungan sosial
-
Meningkatkan rasa kebersamaan dan persatuan
-
Menumbuhkan sikap tolong-menolong
4. Nilai Pancasila dalam Gotong Royong
Gotong royong mencerminkan sila keempat dan kelima, yaitu:
-
Sila ke-4: Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan
-
Sila ke-5: Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia Kesimpulan
Indonesia kaya akan budaya yang beragam. Keberagaman ini harus dijaga dan dihargai agar tetap menjadi kekuatan bangsa. Gotong royong adalah cara kita menjaga persatuan dan kebersamaan dalam kehidupan sehari-hari.
Berikut soal Pendidikan Pancasila tentang "Keberagaman Budaya Indonesiaku dan Gotong Royong"
1. Apa yang dimaksud dengan keberagaman budaya?
A. Perbedaan pendapat dalam masyarakat
B. Perbedaan suku, adat istiadat, dan kebiasaan masyarakat
C. Perbedaan usia masyarakat
D. Persamaan dalam pekerjaan masyarakat
Jawaban:
2. Contoh wujud keberagaman budaya di Indonesia adalah...
A. Banyaknya tempat perbelanjaan
B. Banyaknya kendaraan umum
C. Beragamnya pakaian adat dan rumah adat
D. Banyaknya gedung perkantoran
Jawaban:
3. Sikap kita terhadap keberagaman budaya adalah...
A. Menyukai budaya sendiri dan merendahkan yang lain
B. Mengabaikan budaya daerah lain
C. Menghargai dan menghormati semua budaya
D. Meniru semua budaya luar negeri
Jawaban:
4. Gotong royong berarti...
A. Mengerjakan pekerjaan sendiri
B. Membantu teman untuk keuntungan pribadi
C. Bekerja sama untuk kepentingan bersama
D. Memberi tugas kepada orang lain
Jawaban:
5. Contoh gotong royong di lingkungan sekolah adalah...
A. Menyontek saat ujian
B. Membersihkan kelas bersama-sama
C. Bermain di taman sekolah
D. Berbelanja ke kantin
Jawaban:
6. Manfaat dari gotong royong adalah...
A. Pekerjaan menjadi lebih lama
B. Timbul rasa iri antar warga
C. Pekerjaan cepat selesai dan menumbuhkan rasa persatuan
D. Terjadi perselisihan
Jawaban:
7. Rumah adat Tongkonan berasal dari daerah...
A. Papua
B. Toraja, Sulawesi Selatan
C. Bali
D. Aceh
Jawaban:
8. Tari Kecak berasal dari...
A. Sumatera Barat
B. Jawa Barat
C. Bali
D. Kalimantan Timur
Jawaban:
9. Salah satu bentuk pelestarian budaya adalah...
A. Mengabaikan budaya daerah
B. Mempelajari dan memperkenalkan budaya kepada generasi muda
C. Menghapus budaya lama
D. Meniru budaya asing
Jawaban:
10. Nilai Pancasila yang sesuai dengan semangat gotong royong adalah...
A. Ketuhanan Yang Maha Esa
B. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
C. Persatuan Indonesia
D. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan
Jawaban:
11. Keberagaman budaya di Indonesia merupakan kekayaan yang harus kita ________.
Jawaban:
12. Contoh kegiatan gotong royong di masyarakat adalah ________.
Jawaban:
13. Lagu daerah dari Sumatera Barat yang terkenal adalah ________.
Jawaban:
14. Bhinneka Tunggal Ika berarti ________.
Jawaban:
15. Dengan bergotong royong, pekerjaan menjadi lebih ________.
Mapel : Ipas
Tujuan pembelajaran : peserta didik dapat meneladani semangat perjuangan para pahlawan
Media pembelajaran : Video perjuangan melawan penjajah
Metode pembelajaran : tanya jawab dan tugas latihan.
Ringkasan Materi: Perjuangan Bangsa Indonesia Melawan Penjajah
Bangsa Indonesia pernah dijajah oleh bangsa asing seperti Portugis, Belanda, dan Jepang. Penjajahan menyebabkan penderitaan rakyat karena mereka dipaksa bekerja, diambil hasil buminya, dan tidak boleh mengatur negaranya sendiri.
Untuk mengusir penjajah, rakyat Indonesia melakukan berbagai perlawanan, baik secara fisik (mengangkat senjata) maupun non-fisik (pergerakan organisasi dan diplomasi).
Perlawanan Secara Fisik
Beberapa tokoh dan perlawanan daerah yang terkenal:
-
Pangeran Diponegoro (Perang Diponegoro di Jawa, 1825–1830)
-
Sultan Hasanuddin (melawan Belanda di Makassar)
-
Kapitan Pattimura (perlawanan di Maluku, 1817)
-
Cut Nyak Dhien dan Teuku Umar (perang di Aceh)
Perlawanan Non-Fisik
-
Berdirinya organisasi nasional seperti Budi Utomo (1908), Sarekat Islam (1912), dan Perhimpunan Indonesia.
-
Sumpah Pemuda tahun 1928, yang menyatukan tekad bangsa: satu tanah air, satu bangsa, satu bahasa.
-
Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 oleh Soekarno dan Hatta.
Latihan Soal
1.Tokoh yang memimpin perlawanan rakyat Maluku melawan penjajah Belanda adalah...
A. Pangeran Diponegoro
B. Cut Nyak Dhien
C. Kapitan Pattimura
D. Sultan Hasanuddin
Jawaban:
2.Organisasi pergerakan nasional pertama di Indonesia adalah...
A. Sarekat Islam
B. Budi Utomo
C. PNI
D. Perhimpunan Indonesia
Jawaban:
3.Perang Diponegoro terjadi pada tahun ________ sampai ________.
Jawaban:
4.Peristiwa penting yang menyatukan semangat pemuda Indonesia pada tahun 1928 adalah ________.
Jawaban:
5.Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dibacakan pada tanggal...
A. 1 Juni 1945
B. 17 Agustus 1945
C. 10 November 1945
D. 20 Mei 1908
Jawaban:
Mapel : B. Indonesia
Tujuan pembelajaran : peserta didik dapat memahami materi tek eksposisi Dampak banjir bagi masyarakat
Media pembelajaran : Buku cetak B. Indonesia
Metode pembelajaran : tugas mandiri latihan hal. 186.
Selamat belajar sholih sholihah kesayangan.
0 komentar:
Posting Komentar