Selasa, 6 Mei 2025

  •    
    Hari Selasa 06  Mei 2025.

    KELAS VB 

    GURU KELAS : Fuji lestari, S. Pd

    Good morning everyone...

    How are you students? 

    Hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. 

    Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. 

    Apa kabar sholih sholiha kelas VB, semoga selalu dalam lindungan Allah SWT, semoga sholih sholiha selalu bersemangat dalam beraktifitas. 

    dan kita selalu istiqomah dalam menjalankan ibadah. 

    Kata-kata motivasi hari ini : 

    Belajar hari ini adalah bekal untuk masa depanmu nanti."

    Baiklah sholih sholiha sebelum kita masuk ke materi pembelajaran kita melakukan tepuk WOW

    Selanjutnya kita akan belajar mapel pendidikan pancasila, ipas dan Bahasa Indonesia.

  • pendidikan pancasila                           tujuan pembelajaran : Menjelaskan pengertian keragaman budaya dan gotong royong dengan benar.Menyebutkan contoh keragaman budaya yang ada di Indonesia.   Media pembelajaran : Gambar atau video tentang rumah adat, tarian, pakaian, dan upacara adat dari berbagai daerah. Dan Soal-soal latihan                                             Metode pembelajaran : Ceramah interaktif guru menjelaskan sambil melibatkan tanya jawab dan tugas Mandiri 

  • Materi: Keberagaman Budaya Indonesiaku dan Gotong Royong

     Keberagaman Budaya Indonesiaku

    1. Pengertian Keberagaman Budaya
    Keberagaman budaya adalah perbedaan yang ada dalam masyarakat Indonesia seperti suku, adat istiadat, bahasa daerah, rumah adat, pakaian adat, tarian, lagu daerah, dan makanan khas.

    2. Penyebab Keberagaman Budaya

    • Letak geografis yang luas

    • Banyaknya suku bangsa

    • Pengaruh lingkungan dan sejarah daerah

    3. Contoh Keberagaman Budaya

    • Rumah adat: Joglo (Jawa), Tongkonan (Toraja), Gadang (Minangkabau)

    • Tari tradisional: Tari Saman (Aceh), Tari Kecak (Bali), Tari Piring (Sumatera Barat)

    • Bahasa daerah: Jawa, Sunda, Batak, Bugis, dsb.

    • Makanan khas: Rendang, Gudeg, Pempek, Papeda

    4. Sikap Terhadap Keberagaman Budaya

    • Menghargai budaya daerah lain

    • Tidak membeda-bedakan suku atau adat

    • Bangga terhadap budaya bangsa

    • Menjaga dan melestarikan budaya lokal                                                       B. Gotong Royong

    1. Pengertian Gotong Royong
    Gotong royong adalah kegiatan bekerja bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama. Ini adalah salah satu bentuk pengamalan nilai-nilai Pancasila.

    2. Contoh Gotong Royong

    • Membersihkan lingkungan bersama

    • Membangun fasilitas umum di desa

    • Menolong tetangga yang sedang kesusahan

    • Membersihkan kelas bersama-sama

    3. Manfaat Gotong Royong

    • Meringankan pekerjaan

    • Mempererat hubungan sosial

    • Meningkatkan rasa kebersamaan dan persatuan

    • Menumbuhkan sikap tolong-menolong

    4. Nilai Pancasila dalam Gotong Royong
    Gotong royong mencerminkan sila keempat dan kelima, yaitu:

    • Sila ke-4: Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan

    • Sila ke-5: Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia   Kesimpulan

    Indonesia kaya akan budaya yang beragam. Keberagaman ini harus dijaga dan dihargai agar tetap menjadi kekuatan bangsa. Gotong royong adalah cara kita menjaga persatuan dan kebersamaan dalam kehidupan sehari-hari.

    Berikut soal Pendidikan Pancasila tentang "Keberagaman Budaya Indonesiaku dan Gotong Royong"

    1. Apa yang dimaksud dengan keberagaman budaya?
    A. Perbedaan pendapat dalam masyarakat
    B. Perbedaan suku, adat istiadat, dan kebiasaan masyarakat
    C. Perbedaan usia masyarakat
    D. Persamaan dalam pekerjaan masyarakat
    Jawaban: 

    2. Contoh wujud keberagaman budaya di Indonesia adalah...
    A. Banyaknya tempat perbelanjaan
    B. Banyaknya kendaraan umum
    C. Beragamnya pakaian adat dan rumah adat
    D. Banyaknya gedung perkantoran
    Jawaban: 

    3. Sikap kita terhadap keberagaman budaya adalah...
    A. Menyukai budaya sendiri dan merendahkan yang lain
    B. Mengabaikan budaya daerah lain
    C. Menghargai dan menghormati semua budaya
    D. Meniru semua budaya luar negeri
    Jawaban: 

    4. Gotong royong berarti...
    A. Mengerjakan pekerjaan sendiri
    B. Membantu teman untuk keuntungan pribadi
    C. Bekerja sama untuk kepentingan bersama
    D. Memberi tugas kepada orang lain
    Jawaban: 

    5. Contoh gotong royong di lingkungan sekolah adalah...
    A. Menyontek saat ujian
    B. Membersihkan kelas bersama-sama
    C. Bermain di taman sekolah
    D. Berbelanja ke kantin
    Jawaban: 

    6. Manfaat dari gotong royong adalah...
    A. Pekerjaan menjadi lebih lama
    B. Timbul rasa iri antar warga
    C. Pekerjaan cepat selesai dan menumbuhkan rasa persatuan
    D. Terjadi perselisihan
    Jawaban: 

    7. Rumah adat Tongkonan berasal dari daerah...
    A. Papua
    B. Toraja, Sulawesi Selatan
    C. Bali
    D. Aceh
    Jawaban: 

    8. Tari Kecak berasal dari...
    A. Sumatera Barat
    B. Jawa Barat
    C. Bali
    D. Kalimantan Timur
    Jawaban: 

    9. Salah satu bentuk pelestarian budaya adalah...
    A. Mengabaikan budaya daerah
    B. Mempelajari dan memperkenalkan budaya kepada generasi muda
    C. Menghapus budaya lama
    D. Meniru budaya asing
    Jawaban: 

    10. Nilai Pancasila yang sesuai dengan semangat gotong royong adalah...
    A. Ketuhanan Yang Maha Esa
    B. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
    C. Persatuan Indonesia
    D. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan
    Jawaban: 

    11. Keberagaman budaya di Indonesia merupakan kekayaan yang harus kita ________.
    Jawaban: 

    12. Contoh kegiatan gotong royong di masyarakat adalah ________.
    Jawaban: 

    13. Lagu daerah dari Sumatera Barat yang terkenal adalah ________.
    Jawaban: 

    14. Bhinneka Tunggal Ika berarti ________.
    Jawaban:

    15. Dengan bergotong royong, pekerjaan menjadi lebih ________.

    Mapel : Ipas

    Tujuan pembelajaran : peserta didik dapat meneladani semangat perjuangan para pahlawan 

    Media pembelajaran : Video perjuangan melawan penjajah 

    Metode pembelajaran : tanya jawab dan tugas latihan. 


    Ringkasan Materi: Perjuangan Bangsa Indonesia Melawan Penjajah

    Bangsa Indonesia pernah dijajah oleh bangsa asing seperti Portugis, Belanda, dan Jepang. Penjajahan menyebabkan penderitaan rakyat karena mereka dipaksa bekerja, diambil hasil buminya, dan tidak boleh mengatur negaranya sendiri.

    Untuk mengusir penjajah, rakyat Indonesia melakukan berbagai perlawanan, baik secara fisik (mengangkat senjata) maupun non-fisik (pergerakan organisasi dan diplomasi).

    Perlawanan Secara Fisik

    Beberapa tokoh dan perlawanan daerah yang terkenal:

    • Pangeran Diponegoro (Perang Diponegoro di Jawa, 1825–1830)

    • Sultan Hasanuddin (melawan Belanda di Makassar)

    • Kapitan Pattimura (perlawanan di Maluku, 1817)

    • Cut Nyak Dhien dan Teuku Umar (perang di Aceh)

    Perlawanan Non-Fisik

    • Berdirinya organisasi nasional seperti Budi Utomo (1908), Sarekat Islam (1912), dan Perhimpunan Indonesia.

    • Sumpah Pemuda tahun 1928, yang menyatukan tekad bangsa: satu tanah air, satu bangsa, satu bahasa.

    • Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 oleh Soekarno dan Hatta.

    Latihan Soal

    1.Tokoh yang memimpin perlawanan rakyat Maluku melawan penjajah Belanda adalah...
    A. Pangeran Diponegoro
    B. Cut Nyak Dhien
    C. Kapitan Pattimura
    D. Sultan Hasanuddin
    Jawaban: 

    2.Organisasi pergerakan nasional pertama di Indonesia adalah...
    A. Sarekat Islam
    B. Budi Utomo
    C. PNI
    D. Perhimpunan Indonesia
    Jawaban: 

    3.Perang Diponegoro terjadi pada tahun ________ sampai ________.
    Jawaban: 

    4.Peristiwa penting yang menyatukan semangat pemuda Indonesia pada tahun 1928 adalah ________.
    Jawaban: 

    5.Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dibacakan pada tanggal...
    A. 1 Juni 1945
    B. 17 Agustus 1945
    C. 10 November 1945
    D. 20 Mei 1908
    Jawaban: 

    Mapel : B. Indonesia 

    Tujuan pembelajaran : peserta didik dapat memahami materi tek eksposisi Dampak banjir bagi masyarakat 

    Media pembelajaran : Buku cetak B. Indonesia 

    Metode pembelajaran : tugas mandiri latihan hal. 186. 


    Selamat belajar sholih sholihah kesayangan. 

    Baiklah Soleh soleha ibu guru, demikian materi kita pada hari ini semoga sholih sholihah dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat  lima waktu dan hapalan-hapalan surat pendek di rumah 
    Ibu guru akhiri wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Refleksi kegiatan hari ini, Alhamdulillah  pembelajaran Daring berjalan dengan lancar, peserta didik dapat menyelesaikan soal keragaman budaya dan gotong royong dengan benar dan memahami materi tek eksposisi Dampak banjir bagi masyarakat 

    Berikut dokumentasi kegiatan hari ini

    0 komentar:

    Posting Komentar