Kamis, 20 November 2025


   

Hari :  kamis , 20 November 2025.

KELAS III . B

GURU KELAS : Fuji lestari, S. Pd

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, segala puji hanya milik Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat sehat, iman, dan kesempatan untuk berkumpul kembali di hari kedua sekolah ini. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat, dan kita semua sebagai umatnya. Aamiin ya Rabbal ‘alamin.

Anak-anak yang sholeh dan sholehah,
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga semuanya sehat dan semangat ya!

Hari ini kita sudah belajar seperti biasakalian. semoga kalian semakin semangat belajar, berteman dengan baik, dan menunjukkan akhlak yang mulia. Ingatlah, anak-anak, bahwa menuntut ilmu adalah ibadah. Rasulullah SAW bersabda:
"Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap Muslim." (HR. Ibnu Majah)

Jadi, mari kita awali hari ini dengan niat yang baik, semangat belajar, dan tidak lupa berdoa. Semoga Allah SWT memberikan kita ilmu yang bermanfaat dan hati yang selalu bersyukur.

Selamat belajar, anak-anak hebat! Semoga hari ini menjadi hari yang penuh kebaikan dan keberkahan. 

Mapel : Ipas 

🎯 Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran, siswa Kelas 3 SD diharapkan mampu:

 * Mengidentifikasi dua jenis sumber energi, yaitu energi terbarukan dan energi tak terbarukan.

 * Memberikan contoh sumber-sumber energi yang termasuk terbarukan (misalnya, matahari, angin, air) dan tak terbarukan (misalnya, batu bara, minyak bumi, gas alam).

💻 Media Pembelajaran

Media yang digunakan harus menarik dan mudah dipahami oleh siswa SD:

 * Visual: Kartu bergambar sumber energi  (Matahari, Angin, Air, Batu Bara, Minyak Bumi).

 * Audio/Visual: Video pendek atau animasi tentang proses terbentuknya energi tak terbarukan dan manfaat energi terbarukan (misalnya, video YouTube sederhana).

👩‍🏫 Metode Pembelajaran

Metode yang interaktif dan berpusat pada siswa:

 * Diskusi Kelompok: Siswa mengelompokkan kartu bergambar ke dalam kategori "Terbarukan" dan "Tak Terbarukan."

 * Eksperimen Sederhana: Membuat model kincir angin sederhana dari kertas.

 * Tanya Jawab: Interaksi langsung untuk menguji pemahaman.

Materi Pembelajaran

 Energi Terbarukan vs. Energi Tak Terbarukan

1. Apa Itu Sumber Energi?

Sumber Energi adalah segala sesuatu yang bisa menghasilkan tenaga atau energi yang kita gunakan sehari-hari, seperti untuk menyalakan lampu, memasak, atau menjalankan mobil.

2. Energi Tak Terbarukan (Energi yang Bisa Habis) 💀

 * Definisi: Energi tak terbarukan adalah sumber energi yang jumlahnya terbatas di bumi dan proses pembentukannya sangat lama (jutaan tahun). Jika dipakai terus-menerus, energi ini akan habis dan tidak bisa diperbarui dalam waktu singkat.

 * Contoh:

   * Batu Bara: Digunakan untuk pembangkit listrik.

   * Minyak Bumi: Diolah menjadi bensin, solar, dan minyak tanah.

   * Gas Alam: Digunakan untuk kompor gas atau pembangkit listrik.

 * Dampak: Penggunaan energi ini bisa menghasilkan polusi (asap) yang kurang baik untuk udara kita.

3. Energi Terbarukan (Energi yang Tidak Habis) ✨

 * Definisi: Energi terbarukan adalah sumber energi yang selalu tersedia di alam, tidak akan habis, dan bisa diperbarui secara alami dalam waktu singkat. Energi ini lebih ramah lingkungan karena tidak banyak menyebabkan polusi.

 * Contoh:

   * Matahari (Surya): Panasnya ditangkap oleh Panel Surya untuk menghasilkan listrik.

   * Angin: Kekuatan angin memutar Kincir Angin (Turbin) untuk menghasilkan listrik.

   * Air: Aliran air sungai atau bendungan digunakan pada Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).

   * Panas Bumi (Geotermal): Panas dari dalam bumi.

4. Mari Kita Hemat Energi! 💧

Karena energi tak terbarukan bisa habis, dan untuk menjaga lingkungan kita tetap bersih, kita harus menghemat energi.

 * Cara Menghemat:

   * Matikan lampu dan TV jika tidak dipakai.

   * Gunakan air secukupnya.

   * Lebih sering berjalan kaki atau naik sepeda daripada naik mobil.


Mapel Bahasa Indonesia 

Tujuan pembelajaran : 

materi tentang bekerja di laut, berbagai profesi di sekitarku, pakaian profesi, dan profesi layanan jasa transportasi.

Semoga berhasil! 🌟

I. Soal Pilihan Ganda (10 Soal)

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat!

 1.Profesi yang pekerjaannya sehari-hari menangkap ikan dan hasil laut lainnya adalah...

   A. Petani

   B. Nahkoda

   C. Nelayan

   D. Pedagang

 2.Alat yang umum digunakan oleh nelayan tradisional untuk menangkap ikan di laut adalah...

   A. Pancing

   B. Kapal besar

   C. Jaring

   D. Cangkul

 3.Orang yang pekerjaannya mendesain, memotong, dan menjahit pakaian adalah...

   A. Penulis

   B. Tukang kayu

   C. Penjahit

   D. Koki

 4.Berikut ini adalah profesi yang termasuk dalam layanan jasa transportasi, kecuali...

   A. Pilot

   B. Kondektur

   C. Masinis

   D. Apoteker

 5.Pakaian profesi yang digunakan oleh seorang dokter saat melakukan operasi biasanya berwarna...

   A. Cokelat

   B. Biru atau hijau muda

   C. Hitam

   D. Merah

 6.Helm dan jaket tebal anti api adalah perlengkapan wajib bagi profesi...

   A. Tukang pos

   B. Pemadam kebakaran

   C. Polisi

   D. Petani

 7 Siapakah yang bertugas mengemudikan kereta api?

   A. Kondektur

   B. Nahkoda

   C. Masinis

   D. Pilot

 8 Profesi yang bertugas melayani dan menjaga keselamatan penumpang di dalam pesawat terbang adalah...

   A. Pramugari/Pramugara

   B. Nahkoda

   C. Satpam

   D. Sopir

 9 Seorang yang bekerja di kantor pos dan mengantar surat atau paket ke rumah-rumah adalah...

   A. Dokter hewan

   B. Wartawan

   C. Tukang pos

   D. Perawat

 10 Mengapa seragam polisi lalu lintas harus mencolok (seperti berwarna putih atau cerah)?

   A. Agar terlihat mahal.

   B. Agar mudah dikenali dan terlihat jelas oleh pengguna jalan.

   C. Agar tidak cepat kotor.

   D. Agar nyaman dipakai saat panas.

II. Soal Uraian (10 Soal)

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jelas dan tepat!

1 Sebutkan tiga (3) jenis hasil laut yang biasa ditangkap dan dijual oleh nelayan!

 2 Mengapa pekerjaan nelayan dikatakan sangat bergantung pada kondisi cuaca?

 3 Jelaskan perbedaan utama antara tugas seorang Guru dan seorang Arsitek!

 4Apa peran penting seorang Kondektur di dalam bus atau angkutan umum?

 5Tuliskan dua (2) contoh profesi yang pakaiannya dilengkapi dengan helm untuk alasan keselamatan!

 6 Mengapa seorang koki (juru masak) sering memakai topi tinggi saat bekerja?

 7 Sebutkan tiga (3) profesi yang bekerja di lingkungan bandar udara (bandara)!

 8 Jika ada masalah dengan air atau pipa di rumah, profesi apa yang akan kita panggil jasanya?

 9 Jelaskan dengan singkat, apa yang dimaksud dengan profesi Dokter Hewan?

 10Sebutkan dan jelaskan satu (1) manfaat dari adanya profesi Sopir Taksi di kota besar!

Kesimpulan dan refleksi hari ini Alhamdulillah kegiatan hari ini berjalan dengan lancar , murid bersemangat bersekolah hari ini

Alhamdulillah siswa bersemangat mempelajari materi jenis sumber energi terbarukan dan tak terbaharu kan 

Dilanjutkan sholih sholihah Assesmen pak dan B. Indo

Alhamdulillah kegiatan pembelajaran berjalan dengan baik dan lancar. 

Berikut dokumentasi kegiatan hari ini :


 




0 komentar:

Posting Komentar