KELAS III . B
GURU KELAS : Fuji lestari, S. Pd
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, segala puji hanya milik Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat sehat, iman, dan kesempatan untuk berkumpul kembali di hari kedua sekolah ini. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat, dan kita semua sebagai umatnya. Aamiin ya Rabbal ‘alamin.
Anak-anak yang sholeh dan sholehah,
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga semuanya sehat dan semangat ya!
Hari ini kita sudah belajar seperti biasakalian. semoga kalian semakin semangat belajar, berteman dengan baik, dan menunjukkan akhlak yang mulia. Ingatlah, anak-anak, bahwa menuntut ilmu adalah ibadah. Rasulullah SAW bersabda:
"Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap Muslim." (HR. Ibnu Majah)
Jadi, mari kita awali hari ini dengan niat yang baik, semangat belajar, dan tidak lupa berdoa. Semoga Allah SWT memberikan kita ilmu yang bermanfaat dan hati yang selalu bersyukur.
Selamat belajar, anak-anak hebat! Semoga hari ini menjadi hari yang penuh kebaikan dan keberkahan.
Mapel Matematika
tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa dapat:
-
Menyebutkan beberapa kelipatan dari suatu bilangan dengan benar.
-
Menentukan faktor dari suatu bilangan dengan benar.
-
Menyelesaikan soal cerita sederhana yang berkaitan dengan kelipatan dan faktor. Media Pembelajaran
-
Papan tulis / papan interaktif
-
Kartu angka (1–50)
-
Lembar kerja siswa (LKS)
-
Video animasi tentang kelipatan dan faktor (opsional)
-
Alat bantu konkret seperti kancing, batu kecil, atau stik es krim untuk mengelompokkan bilangan 🧠 Metode Pembelajaran
-
Pendekatan: Kontekstual (mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari)
-
Metode:
-
Ceramah singkat (penjelasan konsep)
-
Diskusi kelompok kecil
-
Tanya jawab
-
Latihan soal individu dan kelompok ✏️ Contoh Soal Latihan
-
A. Kelipatan
-
Sebutkan lima kelipatan pertama dari 4!
-
Kelipatan 3 yang lebih kecil dari 20 adalah ....
-
Di antara bilangan berikut, manakah yang merupakan kelipatan 5?
a. 8 b. 15 c. 23 d. 27
B. Faktor
-
Sebutkan semua faktor dari 12!
-
Bilangan 6 adalah faktor dari ....
a. 10 b. 12 c. 14 d. 15 -
Tentukan dua faktor terbesar dan terkecil dari 18.
C. Soal Cerita
-
Siti menata 20 bunga ke dalam vas. Ia ingin membaginya sama banyak ke dalam beberapa vas.
-
Berapa jumlah vas yang mungkin digunakan Siti agar setiap vas berisi bunga sama banyak?
(Petunjuk: cari faktor dari 20)
-
-
Ayah membeli 24 jeruk dan ingin menaruhnya ke dalam kantong yang masing-masing berisi 6 jeruk.
-
Berapa kantong yang dibutuhkan ayah?
(Petunjuk: cari kelipatan dari 6 sampai mendekati 24) .
Mapel Pendidikan pancasila
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
-
Menunjukkan sikap tanggung jawab dan menghargai hak orang lain dalam kehidupan sehari-hari.
-
Berdiskusi dan bekerja sama dalam kelompok untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan pelaksanaan hak. Metode Pembelajaran
-
Ceramah interaktif → guru menjelaskan pengertian hak dan memberi contoh konkret.
-
Diskusi kelompok → siswa berdiskusi tentang contoh pelaksanaan hak di lingkungan mereka.
-
Tanya jawab → untuk melatih pemahaman siswa.
-
Bermain peran (role play) → siswa mempraktikkan bagaimana cara melaksanakan hak dan menghargai hak orang lain di sekolah. Media Pembelajaran
-
Gambar atau kartu aktivitas (misalnya gambar anak sedang belajar, bermain, makan, atau antre).
-
Video pendek atau animasi tentang hak anak.
-
Lembar kerja siswa (LKS).
-
Papan tulis dan spidol.
-
Lagu atau yel-yel tentang “hak dan kewajiban”
Contoh Soal Diskusi
Diskusi Kelompok 1
Gambar: Seorang anak sedang belajar di kelas.
-
Pertanyaan:
-
Apa hak anak dalam gambar tersebut?
-
Bagaimana cara kita melaksanakan hak belajar dengan baik?
-
Apa kewajiban kita saat melaksanakan hak belajar?
-
Diskusi Kelompok 2
Gambar: Anak-anak sedang bermain di taman.
-
Pertanyaan:
-
Apa hak yang sedang dilakukan anak-anak di gambar ini?
-
Bagaimana cara menghargai hak teman saat bermain?
-
Apa yang terjadi jika kita tidak menghormati hak teman?
-
Diskusi Kelompok 3
Gambar: Anak sedang makan bersama keluarga.
-
Pertanyaan:
-
Apa hak yang sedang diterima anak tersebut?
-
Apa kewajiban anak ketika mendapatkan hak makan?
-
Bagaimana jika anak tidak mau membantu orang tua setelah makan?
-
Diskusi Kelompok 4
Gambar: Siswa sedang antre mencuci tangan di sekolah.
-
Pertanyaan:
-
Hak apa yang ditunjukkan dalam gambar ini?
-
Mengapa kita harus antre dan sabar menunggu giliran?
-
Apa yang terjadi jika seseorang tidak mau antre
Kesimpulan dan refleksi hari ini Alhamdulillah kegiatan hari ini berjalan dengan lancar , murid bersemangat bersekolah hari ini
Alhamdulillah siswa bersemangat mempelajari materi kelipatan dan faktor
Dilanjutkan sholih sholihah melaksanakan hak
Alhamdulillah kegiatan pembelajaran berjalan dengan baik dan lancar.
Berikut dokumentasi kegiatan hari ini :
0 komentar:
Posting Komentar