KELAS III . B
GURU KELAS : Fuji lestari, S. Pd
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, segala puji hanya milik Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat sehat, iman, dan kesempatan untuk berkumpul kembali di hari kedua sekolah ini. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat, dan kita semua sebagai umatnya. Aamiin ya Rabbal ‘alamin.
Anak-anak yang sholeh dan sholehah,
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga semuanya sehat dan semangat ya!
Hari ini kita sudah belajar seperti biasakalian. semoga kalian semakin semangat belajar, berteman dengan baik, dan menunjukkan akhlak yang mulia. Ingatlah, anak-anak, bahwa menuntut ilmu adalah ibadah. Rasulullah SAW bersabda:
"Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap Muslim." (HR. Ibnu Majah)
Jadi, mari kita awali hari ini dengan niat yang baik, semangat belajar, dan tidak lupa berdoa. Semoga Allah SWT memberikan kita ilmu yang bermanfaat dan hati yang selalu bersyukur.
Selamat belajar, anak-anak hebat! Semoga hari ini menjadi hari yang penuh kebaikan dan keberkahan.
Mapel : Ipas
Tujuan pembelajaran :
Menjawab 10 soal pilihan ganda dengan tepat sesuai materi yang dipelajari.
Menyelesaikan 5 soal uraian dengan penjelasan yang runtut dan benar. Media pembelajaran
Buku IPAS Kelas 3 Semester 1 sebagai referensi.
Alat tulis siswa (pensil, penghapus, buku tulis).
Metode pembelajaran
Latihan Mandiri
-
Siswa mengerjakan 10 soal pilihan ganda dan 5 uraian secara individu.
-
Menanamkan sikap jujur dan teliti.
.I. Soal Pilihan Ganda (PG)
(Pilih jawaban yang paling tepat!)
1. Makhluk hidup membutuhkan makanan untuk…
A. Bermain
B. Bertambah energi
C. Menghibur diri
D. Berpindah tempat
Jawaban:
2. Contoh makhluk hidup adalah…
A. Batu
B. Air
C. Kucing
D. Kursi
Jawaban:
3. Perubahan wujud dari padat menjadi cair disebut…
A. Membeku
B. Mencair
C. Menguap
D. Mengembun
Jawaban:
4. Tumbuhan membuat makanan sendiri dengan bantuan…
A. Cahaya matahari
B. Angin
C. Suara
D. Bunyi
Jawaban:
5. Energi yang dihasilkan oleh matahari disebut energi…
A. Bunyi
B. Cahaya
C. Listrik
D. Gerak
Jawaban:
6. Benda yang dapat ditarik magnet disebut benda…
A. Keras
B. Elastis
C. Logam
D. Rapuh
Jawaban:
7. Contoh sumber energi yang tidak dapat habis adalah…
A. Minyak bumi
B. Batu bara
C. Gas alam
D. Matahari
Jawaban:
8. Air yang dipanaskan lama-lama akan…
A. Membeku
B. Menguap
C. Mencair
D. Mengendap
Jawaban:
9. Hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur adalah…
A. Sapi
B. Kucing
C. Ayam
D. Kelinci
Jawaban:
10. Contoh kegiatan yang membutuhkan energi gerak adalah…
A. Tidur
B. Membaca buku
C. Berlari
D. Duduk diam
II. Soal Uraian (Isian Panjang)
1. Sebutkan 3 ciri-ciri makhluk hidup!
2. Mengapa tumbuhan membutuhkan cahaya matahari?
3. Jelaskan perubahan wujud ketika es dibiarkan di tempat panas!
4. Berikan contoh sumber energi dan kegunaannya!
5. Sebutkan 2 contoh benda yang dapat ditarik magnet dan 2 yang tidak dapat ditarik magnet!
Mapel PAK
Materi Diskusi Kelompok
Tema: Jujur, Disiplin, dan Bertanggung Jawab1
. Pengantar Materi
Pada kehidupan sehari-hari, baik di sekolah maupun di rumah, setiap anak perlu memiliki sikap:
-
Jujur
-
Disiplin
-
Bertanggung jawab
Sikap-sikap ini membantu kita menjadi anak yang baik, dipercaya, dan disukai orang lain.
2. Penjelasan Materi
A. Jujur
Jujur berarti mengatakan hal yang sebenarnya dan tidak berbohong.
Contoh perilaku jujur:
-
Mengakui jika melakukan kesalahan.
-
Mengembalikan barang yang bukan miliknya.
-
Tidak menyontek saat ulangan.
Manfaat jujur:
-
Disukai dan dipercaya teman dan guru.
-
Hati menjadi tenang karena tidak menyembunyikan kebohongan.
B. Disiplin
Disiplin berarti mematuhi aturan dan melakukan sesuatu tepat waktu.
Contoh perilaku disiplin:
-
Datang ke sekolah tepat waktu.
-
Mengumpulkan tugas sesuai jadwal.
-
Mengikuti aturan di kelas dan rumah.
Manfaat disiplin:
-
Tugas cepat selesai.
-
Hidup lebih teratur dan rapi.
C. Bertanggung Jawab
Bertanggung jawab berarti melakukan tugas dengan baik dan menerima akibat dari perbuatan sendiri.
Contoh perilaku bertanggung jawab:
-
Merapikan tempat duduk setelah belajar.
-
Menjaga barang milik sendiri.
-
Menyelesaikan tugas kelompok dengan sungguh-sungguh.
Manfaat bertanggung jawab:
-
Menjadi anak yang dapat dipercaya.
-
Orang lain merasa aman bekerja sama dengan kita.
3. Pertanyaan Diskusi Kelompok
Instruksi:
Setiap kelompok berisi 4–5 siswa. Diskusikan setiap pertanyaan berikut, lalu tulis kesimpulan kelompok.
A. Topik Jujur
-
Apa yang terjadi jika kita tidak jujur pada teman?
-
Berikan contoh situasi di sekolah yang membuatmu harus jujur!
B. Topik Disiplin
-
Mengapa kita harus datang tepat waktu ke sekolah?
-
Apa akibatnya jika kita tidak disiplin mengerjakan tugas?
C. Topik Bertanggung Jawab
-
Bagaimana cara menunjukkan tanggung jawab dalam kelompok belajar?
-
Apa yang harus kita lakukan jika memecahkan barang teman secara tidak sengaja?
4. Kegiatan Diskusi
-
Guru menjelaskan tiga nilai utama: jujur, disiplin, bertanggung jawab.
-
Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
-
Setiap kelompok membaca materi singkat di atas.
-
Siswa mendiskusikan pertanyaan yang diberikan.
-
Setiap kelompok menuliskan hasil diskusi dalam satu kertas.
-
Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi ke depan kelas.
Mapel Bahasa Indonesia
I. Soal Pilihan Ganda (PG)
(Pilih jawaban yang paling tepat!)
1. Kalimat yang menggunakan huruf kapital dengan benar adalah…
A. ibu pergi ke pasar.
B. Adik bermain di taman.
C. kami belajar bersama ayah.
D. kakak membeli buku baru.
Jawaban:
2. Bacalah kalimat berikut!
Burung itu sedang membuat sarang di pohon mangga.
Informasi yang tepat dari kalimat tersebut adalah…
A. Burung sedang mencari makan
B. Burung membuat sarang
C. Burung terbang sangat tinggi
D. Burung tidur di sarang
Jawaban:
3. Cerita yang tidak benar-benar terjadi disebut…
A. Biografi
B. Dongeng
C. Laporan
D. Iklan
Jawaban:
4. Tujuan membaca petunjuk adalah untuk…
A. Mengetahui cerita
B. Menghafal kata
C. Memahami langkah-langkah
D. Menemukan tokoh utama
Jawaban:
5. Tokoh utama dalam sebuah cerita adalah…
A. Tokoh yang muncul sebentar
B. Tokoh yang selalu jahat
C. Tokoh yang paling jarang diceritakan
D. Tokoh yang paling banyak berperan
Jawaban:
6. Kalimat yang menunjukkan ungkapan perasaan senang adalah…
A. Aku sedih karena hilang mainan
B. Aku kecewa dengan hasil ulangan
C. Aku sangat gembira mendapatkan hadiah
D. Aku takut melihat ular
Jawaban:
7. Bacalah paragraf berikut!
Rina rajin merawat bunga di halaman rumah. Setiap pagi ia menyiram dan membersihkan daun yang kering. Bunga-bunga itu tampak segar dan indah.
Hal yang dilakukan Rina adalah…
A. Bermain sepeda
B. Menyiram dan merawat bunga
C. Tidur di halaman
D. Menjual bunga
Jawaban:
8. Kata tanya yang tepat untuk menanyakan “tempat” adalah…
A. Siapa
B. Kapan
C. Di mana
D. Mengapa
Jawaban:
9. Kalimat ajakan yang tepat adalah…
A. Tolong ambilkan buku itu.
B. Ayo kita menjaga kebersihan kelas!
C. Jangan berlari di koridor!
D. Kamu harus belajar giat.
Jawaban:
10. Bacalah dialog berikut!
A: “Besok kita ada tugas menanam kacang hijau.”
B: “Baik, aku akan membawa tanah dan pot.”
Dialog tersebut membahas tentang…
A. Belanja di pasar
B. Rencana kegiatan sekolah
C. Jalan-jalan ke taman
D. Bermain bola II. Soal Uraian
1. Sebutkan 3 contoh kalimat permintaan tolong!
2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan tokoh utama dalam cerita!
3. Buatlah 2 kalimat menggunakan kata tanya “kapan”!
4. Bacalah kalimat berikut:
Dito membaca buku cerita di ruang tamu.
Tulis dua informasi dari kalimat tersebut!
Jawaban contoh:
5. Tuliskan 3 langkah yang dapat dilakukan dalam membaca teks petunjuk!
Kesimpulan dan refleksi hari ini Alhamdulillah kegiatan hari ini berjalan dengan lancar , murid bersemangat bersekolah hari ini
Alhamdulillah siswa bersemangat mempelajari pembahasan soal seni rupa dan ipas
Alhamdulillah kegiatan pembelajaran berjalan dengan baik dan lancar.
Berikut dokumentasi kegiatan hari ini :
0 komentar:
Posting Komentar