Jumat, 07 November 2025

   

Hari :  jumat,7 November 2025.

KELAS III . B

GURU KELAS : Fuji lestari, S. Pd

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, segala puji hanya milik Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat sehat, iman, dan kesempatan untuk berkumpul kembali di hari kedua sekolah ini. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat, dan kita semua sebagai umatnya. Aamiin ya Rabbal ‘alamin.

Anak-anak yang sholeh dan sholehah,
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga semuanya sehat dan semangat ya!

Hari ini kita sudah belajar seperti biasakalian. semoga kalian semakin semangat belajar, berteman dengan baik, dan menunjukkan akhlak yang mulia. Ingatlah, anak-anak, bahwa menuntut ilmu adalah ibadah. Rasulullah SAW bersabda:
"Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap Muslim." (HR. Ibnu Majah)

Jadi, mari kita awali hari ini dengan niat yang baik, semangat belajar, dan tidak lupa berdoa. Semoga Allah SWT memberikan kita ilmu yang bermanfaat dan hati yang selalu bersyukur.

Selamat belajar, anak-anak hebat! Semoga hari ini menjadi hari yang penuh kebaikan dan keberkahan. 

Mapel : Seni Rupa 

Tujuan pembelajaran : murid praktik membuat tekstur nyata 

Media yang digunakan : plastisin, Cleo, lidi, sendok plastik, tutup pulpen 

Metode pembelajaran : individu dan kelompok membuat hasil karya dari plastisin 

 MATERI: Membuat Tekstur Nyata dari Plastisin Bentuk Ikan

Pengertian Materi

Tekstur nyata adalah permukaan benda yang dapat dirasakan langsung oleh indera peraba (kulit).
Contoh tekstur nyata: halus, kasar, licin, bergelombang, berbintik, dan sebagainya.

Dalam karya seni rupa, tekstur nyata dapat dibuat dengan menekan, menggores, menempel, atau menambahkan bahan lain agar permukaan karya terasa berbeda bila disentuh.


🐠 Penerapan: Membuat Tekstur Nyata dari Plastisin Bentuk Ikan

🔧 Alat dan Bahan:

  • Plastisin berbagai warna (biru, hijau, merah, kuning, putih, hitam)

  • Alas kerja (kardus tebal/papan kecil)

  • Tusuk gigi atau lidi kecil

  • Sendok plastik atau spatula kecil

  • Biji-bijian kecil (opsional, untuk hiasan mata atau sisik)


🪄 Langkah-Langkah Kegiatan:

  1. Amati Bentuk Ikan Asli
    Guru menunjukkan gambar ikan atau membawa contoh mainan ikan.
    Siswa memperhatikan bentuk tubuh, sirip, ekor, dan sisik ikan.

  2. Bentuk Dasar Tubuh Ikan
    Ambil plastisin secukupnya, bentuk menjadi oval memanjang menyerupai tubuh ikan.

  3. Buat Sirip dan Ekor
    Gunakan plastisin warna lain, bentuk segitiga pipih, lalu tempelkan di bagian atas, bawah, dan belakang tubuh ikan.

  4. Beri Tekstur Nyata

    • Gunakan tusuk gigi atau ujung pensil untuk membuat pola sisik di seluruh tubuh ikan.

    • Buat garis-garis pada sirip dan ekor agar tampak nyata.

    • Jika mau, tempelkan biji-bijian kecil atau manik-manik untuk mata.

  5. Hasil Akhir dan Refleksi
    Setelah selesai, sentuh permukaan ikan dan rasakan teksturnya. Diskusikan: bagian mana yang halus dan bagian mana yang bertekstur.     Nilai-Nilai Karakter yang Dikembangkan

  • Kreatif: menciptakan bentuk dan tekstur baru.

  • Teliti: memperhatikan detail sisik dan bentuk ikan.

  • Disiplin: mengikuti langkah-langkah dengan urut.

  • Kerjasama: saat berbagi alat dan bahan dengan teman.                         📊 Penilaian (Rubrik Sederhana)

Aspek yang Dinilai Skor 3 (Baik Sekali) Skor 2 (Cukup) Skor 1 (Perlu Bimbingan)
Bentuk ikan Bentuk jelas menyerupai ikan Bentuk agak menyerupai ikan Bentuk belum menyerupai ikan
Tekstur nyata Tekstur sisik dan sirip tampak dan terasa jelas Tekstur terlihat sebagian Tidak ada tekstur nyata
Kerapian Rapi, bersih, warna serasi Cukup rapi Kurang rapi, warna tercampur
Kreativitas Ada variasi bentuk dan warna Variasi sedikit Kurang variasi
Refleksi dan Pertanyaan Pemantik
  1. Bagian mana dari karya ikanmu yang paling kamu sukai? Mengapa?

  2. Bagaimana cara kamu membuat tekstur sisik agar terasa nyata?

  3. Apa perbedaan antara tekstur halus dan tekstur kasar pada karya plastisinmu. 


Mapel Ipas

Tujuan Pembelajaran

  1. Sumatif harian Ipas 

  2. Menyebutkan berbagai macam perubahan wujud benda (mencair, membeku, menguap, mengembun, menyublim).

  3. Memberikan contoh perubahan wujud benda yang terjadi di lingkungan sekitar                         Media Pembelajaran

  1. Lembar kerja siswa (LKS) untuk mencatat hasil pengamatan, buku PH   Metode Pembelajaran

  1. Penugasan individu – membuat laporan sederhana dari hasil percobaan.

  2. Refleksi dan tanya jawab – guru dan siswa menyimpulkan hasil pembelajaran bersama.A. Soal Pilihan Ganda (10 Butir)

Pilihlah jawaban yang paling tepat!

  1. Es yang dibiarkan di udara terbuka lama-kelamaan akan berubah menjadi air. Peristiwa ini disebut …
    a. Membeku
    b. Menguap
    c. Mencair
    d. Menyublim

  2. Perubahan dari air menjadi uap air disebut …
    a. Mengembun
    b. Menguap
    c. Membeku
    d. Mencair

  3. Perhatikan peristiwa berikut: lilin dinyalakan → lilin meleleh.
    Peristiwa tersebut merupakan perubahan wujud …
    a. Mencair
    b. Membeku
    c. Menyublim
    d. Mengembun

  4. Uap air yang menempel di dinding gelas berisi es menjadi titik-titik air disebut …
    a. Membeku
    b. Menguap
    c. Mengembun
    d. Menyublim

  5. Kapur barus yang lama-kelamaan habis disebut mengalami perubahan wujud …
    a. Mencair
    b. Menyublim
    c. Menguap
    d. Mengembun

  6. Perubahan wujud dari gas menjadi cair disebut …
    a. Menguap
    b. Mengembun
    c. Membeku
    d. Mencair

  7. Air yang dimasukkan ke dalam freezer akan menjadi es. Peristiwa ini disebut …
    a. Mencair
    b. Membeku
    c. Menguap
    d. Mengembun

  8. Contoh perubahan wujud mencair di rumah adalah …
    a. Es batu yang dibiarkan di meja
    b. Air yang direbus
    c. Uap air menempel di jendela
    d. Kapur barus di lemari

  9. Perubahan wujud yang terjadi saat pagi hari embun muncul di daun adalah …
    a. Menguap
    b. Mengembun
    c. Membeku
    d. Mencair

  10. Contoh perubahan wujud padat menjadi gas adalah …
    a. Air mendidih
    b. Kapur barus menghilang
    c. Lilin mencair
    d. Es menjadi air


✍️ B. Soal Esai (5 Butir)

  1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan perubahan wujud benda!

  2. Sebutkan dan jelaskan tiga macam perubahan wujud benda beserta contohnya!

  3. Apa yang terjadi jika air dipanaskan terus-menerus? Jelaskan alasannya!

  4. Mengapa saat pagi hari sering terlihat embun di daun atau kaca jendela?

  5. Tuliskan hasil pengamatanmu ketika es batu dibiarkan di udara terbuka selama beberapa menit!

Kesimpulan dan refleksi hari ini Alhamdulillah kegiatan hari ini berjalan dengan lancar , murid bersemangat bersekolah hari ini

Alhamdulillah siswa bersemangat mempelajari materi ipas dan seni rupa

Dilanjutkan sholih sholihah melaksanakan sumatif harian ipas 

Alhamdulillah kegiatan pembelajaran berjalan dengan baik dan lancar. 

Berikut dokumentasi kegiatan hari ini :


0 komentar:

Posting Komentar