KELAS III . B
GURU KELAS : Fuji lestari, S. Pd
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, segala puji hanya milik Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat sehat, iman, dan kesempatan untuk berkumpul kembali di hari kedua sekolah ini. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat, dan kita semua sebagai umatnya. Aamiin ya Rabbal ‘alamin.
Anak-anak yang sholeh dan sholehah,
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga semuanya sehat dan semangat ya!
Hari ini kita sudah belajar seperti biasakalian. semoga kalian semakin semangat belajar, berteman dengan baik, dan menunjukkan akhlak yang mulia. Ingatlah, anak-anak, bahwa menuntut ilmu adalah ibadah. Rasulullah SAW bersabda:
"Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap Muslim." (HR. Ibnu Majah)
Jadi, mari kita awali hari ini dengan niat yang baik, semangat belajar, dan tidak lupa berdoa. Semoga Allah SWT memberikan kita ilmu yang bermanfaat dan hati yang selalu bersyukur.
Selamat belajar, anak-anak hebat! Semoga hari ini menjadi hari yang penuh kebaikan dan keberkahan.
1. Tujuan Pembelajaran
A. Pengetahuan
-
Siswa dapat menjelaskan pengertian peta cita-cita.
-
Siswa dapat mengidentifikasi informasi sederhana dari internet tentang profesi atau cita-cita.
-
Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri informasi yang penting dari sumber bacaan/website sederhana.
2. Media Pembelajaran
-
Gambar profesi (dokter, guru, pilot, polisi, petani, dll).
-
Kertas karton atau kertas A3 untuk membuat peta cita-cita.
-
Spidol, krayon, pensil warna, gunting, lem.
-
Akses internet terbimbing (hanya untuk mencari informasi profesi).
-
Template peta cita-cita (mind map sederhana).
-
Papan tulis / LCD proyektor. 3. Metode Pembelajaran
-
Ceramah Interaktif
Guru menjelaskan apa itu peta cita-cita dan bagaimana cara menyusun informasi dari internet. -
Tanya Jawab
Siswa berdiskusi tentang berbagai profesi yang mereka ketahui -
Diskusi Kelompok
Siswa bekerja sama mencari informasi tentang satu profesi. Materi Pembelajaran: Kreatif Membuat Peta Cita-Cita
1. Pengertian Cita-Cita
Cita-cita adalah keinginan atau harapan seseorang tentang apa yang ingin dicapai di masa depan.
Contoh cita-cita: menjadi dokter, guru, polisi, pilot, penulis, atlet, petani, atau koki.
2. Pengertian Peta Cita-Cita
Peta cita-cita adalah gambar atau bagan yang berisi informasi tentang cita-cita seseorang.
Peta ini membantu kita menjelaskan:
-
ingin menjadi apa,
-
apa tugas profesi tersebut,
-
apa alat atau perlengkapannya,
-
di mana profesi itu bekerja,
-
dan mengapa ingin memilih cita-cita tersebut.
Peta cita-cita biasanya dibuat dalam bentuk mind map: ada gambar di tengah, lalu dikelilingi cabang-cabang informasi.3. Mencari Informasi dari Internet (Secara Aman dan Sederhana)
Siswa diajari untuk mencari informasi dasar tentang profesi tertentu menggunakan internet dengan bimbingan guru.
Informasi yang dicari:
-
Nama profesi
-
Tugas utama profesi
-
Alat-alat yang digunakan
-
Tempat bekerja
-
Gambar profesi
-
Alasan memilih profesi
Contoh penggunaan internet dengan aman:
-
Menggunakan situs khusus anak atau mesin pencari aman.
-
Mencari gambar profesi (misalnya: "gambar dokter", "tugas pemadam kebakaran").
-
Tidak membuka situs sembarangan.
-
Tidak memberikan data pribadi. 4. Contoh Informasi Profesi
A. Dokter
-
Tugas utama: memeriksa dan mengobati orang sakit.
-
Alat kerja: stetoskop, termometer, obat-obatan.
-
Tempat bekerja: rumah sakit, klinik.
-
Alasan dipilih: membantu orang sakit agar sembuh.
B. Guru
-
Tugas utama: mengajar murid dan memberi pengetahuan.
-
Alat kerja: buku, papan tulis, laptop, alat peraga.
-
Tempat bekerja: sekolah.
-
Alasan dipilih: ingin berbagi ilmu dan membantu murid belajar.
C. Polisi
-
Tugas utama: menjaga keamanan dan ketertiban.
-
Alat kerja: seragam, peluit, kendaraan patroli.
-
Tempat bekerja: kantor polisi, jalan raya.
-
Alasan dipilih: melindungi masyarakat. 5. Langkah-Langkah Membuat Peta Cita-Cita
-
Tentukan cita-cita yang ingin dibuat.
-
Cari informasi dari internet tentang profesi tersebut (dengan pengawasan guru).
-
Tulis informasi penting dalam bentuk poin-poin.
-
Siapkan kertas karton/A3, spidol, dan gambar profesi.
-
Buat gambar cita-cita di bagian tengah kertas.
-
Buat cabang-cabang informasi berisi:
-
Tugas
-
Alat kerja
-
Tempat bekerja
-
Alasan memilih
-
Gambar tambahan
-
-
Hias peta cita-cita agar menarik dengan warna atau stiker.
-
Presentasikan hasilnya di depan kelas.6. Contoh Peta Cita-Cita (Deskripsi)
Di tengah: gambar Dokter.
Cabang-cabang:
-
Tugas: mengobati pasien
-
Alat: stetoskop, termometer
-
Tempat bekerja: rumah sakit
-
Keahlian: harus rajin belajar dan peduli
-
Alasan: ingin membantu orang sakit 7. Manfaat Membuat Peta Cita-Cita
-
Mengetahui informasi tentang profesi yang ingin dicapai.
-
Membantu siswa memahami langkah yang diperlukan untuk meraih cita-cita.
-
Melatih kreativitas dalam membuat poster atau mind map.
-
Melatih keberanian presentasi.
-
Membiasakan siswa menggunakan internet secara sehat, aman, dan bertanggung jawab.
Tujuan pembelajaran : Murid dapat mengerjakan Assesmen pendidikan pancasila dengan teliti
Media pembelajaran : Soal _ soal manfaat hak dan kewajiban
Metode pembelajaran : mengerjakan secara mandiri dan tanya jawab
Pilihlah jawaban yang paling tepat!
Hak adalah…
a. Sesuatu yang harus kita lakukan
b. Sesuatu yang pantas kita terima
c. Sesuatu yang menyulitkan keluargaBerikut ini yang termasuk contoh kewajiban di rumah adalah…
a. Mendapat kasih sayang
b. Mendapat makanan
c. Membantu orang tuaSalah satu hak di sekolah adalah…
a. Mengikuti piket kelas
b. Mendapat pengajaran dari guru
c. Mengerjakan tugas rumahMembersihkan kelas saat piket merupakan contoh…
a. Hak sebagai siswa
b. Kewajiban sebagai siswa
c. Permainan di sekolahJika semua anggota keluarga melaksanakan kewajiban, maka suasana rumah akan menjadi…
a. Kacau dan berantakan
b. Rame dan gaduh
c. Rukun dan nyamanMenghormati guru adalah contoh…
a. Hak di sekolah
b. Kewajiban di sekolah
c. Hak di rumahContoh hak sebagai anggota keluarga adalah…
a. Merapikan tempat tidur
b. Mendapatkan perlindungan
c. Membantu pekerjaan rumahKita harus melaksanakan kewajiban terlebih dahulu agar…
a. Bisa menuntut hak orang lain
b. Mendapatkan hak dengan baik
c. Tidak perlu belajar lagiMenjaga kebersihan rumah adalah kewajiban yang bermanfaat untuk…
a. Menjadikan rumah rapi dan sehat
b. Membuat keluarga marah
c. Menambah pekerjaan orang tuaTidak boleh mengganggu teman saat belajar karena…
a. Itu hak teman untuk belajar dengan tenang
b. Supaya tidak bosan
c. Agar cepat pulang B. Isian Singkat
Sesuatu yang harus kita lakukan disebut ________.
Mendapatkan rasa aman di sekolah termasuk contoh ________.
Setelah bermain, kita wajib ________ mainan.
Salah satu kewajiban di sekolah adalah datang ________ waktu.
Jika kita menjaga hak dan kewajiban, maka kehidupan menjadi lebih ________.
Kesimpulan dan refleksi hari ini Alhamdulillah kegiatan hari ini berjalan dengan lancar , murid bersemangat bersekolah hari ini
Alhamdulillah siswa bersemangat mempelajari materi peta cita2
Dilanjutkan sholih sholihah Assesmen pendidikan pancasila
Alhamdulillah kegiatan pembelajaran berjalan dengan baik dan lancar.
Berikut dokumentasi kegiatan hari ini :
0 komentar:
Posting Komentar