senin, 03 Nov 2025


   

Hari :  Senin, 3 November 2025.

KELAS III . B

GURU KELAS : Fuji lestari, S. Pd

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, segala puji hanya milik Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat sehat, iman, dan kesempatan untuk berkumpul kembali di hari kedua sekolah ini. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat, dan kita semua sebagai umatnya. Aamiin ya Rabbal ‘alamin.

Anak-anak yang sholeh dan sholehah,
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga semuanya sehat dan semangat ya!

Hari ini kita sudah belajar seperti biasakalian. semoga kalian semakin semangat belajar, berteman dengan baik, dan menunjukkan akhlak yang mulia. Ingatlah, anak-anak, bahwa menuntut ilmu adalah ibadah. Rasulullah SAW bersabda:
"Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap Muslim." (HR. Ibnu Majah)

Jadi, mari kita awali hari ini dengan niat yang baik, semangat belajar, dan tidak lupa berdoa. Semoga Allah SWT memberikan kita ilmu yang bermanfaat dan hati yang selalu bersyukur.

Selamat belajar, anak-anak hebat! Semoga hari ini menjadi hari yang penuh kebaikan dan keberkahan. 

  • Tujuan utama: Siswa dapat memahami konsep dasar kelipatan dan faktor suatu bilangan.
Metode pembelajaran : 

Metode Eksplorasi (Belajar Kelompok):
  • Siswa dibagi menjadi kelompok kecil dan masing-masing kelompok diberikan benda-benda konkret (misalnya ubin
Pengertian Kelipatan
Kelipatan suatu bilangan adalah hasil dari perkalian bilangan tersebut dengan bilangan asli. Cara termudah untuk mencari kelipatan adalah dengan menjumlahkan bilangan itu secara berulang.
Contoh kelipatan 
  • 1 x 2 = 2 
  • 2 x 2 = 4
  • 3 x 2 = 6
  • 4 x 2 = 8
  • Jadi, kelipatan 2 adalah 2, 4, 6, 8, dan seterusnya.
Pengertian Faktor
Faktor suatu bilangan adalah semua bilangan yang dapat membagi habis bilangan tersebut tanpa sisa.
Cara mencari faktor: Cari pasangan bilangan yang jika dikalikan hasilnya adalah bilangan tersebut.
Contoh faktor dari 12:
1 x 12 = 12
2 x 6 = 12
3 x 4 = 12 
4 x 3 = 12
6 x 2 = 12
Jadi, faktor dari 12 adalah 1, 2, 3, 4, 6, dan 12.
Perbedaan Antara Kelipatan dan Faktor
Secara sederhana, perbedaannya adalah sebagai berikut:
  • Kelipatan adalah hasil perkalian.
  • Faktor adalah bilangan pembagi.
Lihat kembali contoh 30 pada hasil perkalian :
  • 30 adalah kelipatan dari 5 dan 6.
  • 5 dan 6 adalah faktor dari 30.
Mapel Seni Rupa 
Tujuan pembelajaran : Murid dapat menjelaskan pengertian tekstur 
Media pembelajaran : 
  • Benda konkret: Benda-benda di sekitar siswa seperti kain, kayu, batu, keramik, daun, dan lainnya untuk diraba.
  • Kertas gambar dan pensil/pastel: Untuk membuat arsiran atau kesan tekstur.
  • Cat air/cat minyak: Untuk teknik melukis dan teknik grattage (menggores cat) 
Metode pembelajaran : Observasi dan Eksplorasi: Siswa diminta mengamati, menyentuh, dan merasakan tekstur berbagai benda di sekitarnya. Mereka bisa diminta mengelompokkan tekstur berdasarkan kasar atau halus, seperti yang diajarkan 

Tekstur adalah sifat permukaan benda yang bisa dirasakan dengan indra peraba dan dilihat dengan indra penglihatan. Dalam seni rupa, tekstur adalah kesan halus atau kasar pada suatu benda. Ada dua jenis tekstur: tekstur nyata (yang terasa sama saat dilihat dan diraba) dan tekstur semu (yang terlihat kasar di gambar tapi sebenarnya rata saat disentuh). 
Jenis tekstur : 
Tekstur nyata: Tekstur yang bisa dirasakan langsung dengan tangan. Contohnya adalah permukaan kulit kayu yang kasar atau bulu kucing yang lembut.
Contohnya :

Tekstur semu: Tekstur yang hanya terlihat dari gambar atau lukisan, tetapi sebenarnya permukaan gambarnya rata. Misalnya, dalam lukisan, ada gambar batu yang terlihat kasar, namun permukaan lukisannya tetap halus ketika disentuh.
Contohnya : 
Lkpd tekstur 

Kesimpulan dan refleksi hari ini Alhamdulillah kegiatan hari ini berjalan dengan lancar , murid bersemangat bersekolah hari ini

Alhamdulillah siswa bersemangat mempelajari materi pecahan 

Dilanjutkan sholih sholihah memahami materi tekstur 

Alhamdulillah kegiatan pembelajaran berjalan dengan baik dan lancar. 

Berikut dokumentasi kegiatan hari ini :


0 komentar:

Posting Komentar