Selasa, 16 September 2025


   

Hari Selasa, 16  September 2025

KELAS III . B

GURU KELAS : Fuji lestari, S. Pd

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, segala puji hanya milik Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat sehat, iman, dan kesempatan untuk berkumpul kembali di hari kedua sekolah ini. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat, dan kita semua sebagai umatnya. Aamiin ya Rabbal ‘alamin.

Anak-anak yang sholeh dan sholehah,
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga semuanya sehat dan semangat ya!

Hari ini kita sudah belajar seperti biasakalian. semoga kalian semakin semangat belajar, berteman dengan baik, dan menunjukkan akhlak yang mulia. Ingatlah, anak-anak, bahwa menuntut ilmu adalah ibadah. Rasulullah SAW bersabda:
"Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap Muslim." (HR. Ibnu Majah)

Jadi, mari kita awali hari ini dengan niat yang baik, semangat belajar, dan tidak lupa berdoa. Semoga Allah SWT memberikan kita ilmu yang bermanfaat dan hati yang selalu bersyukur.

Selamat belajar, anak-anak hebat! Semoga hari ini menjadi hari yang penuh kebaikan dan keberkahan.

Mapel matematika 

Tujuan  pembelajaran, siswa diharapkan dapat:

  1. Mengidentifikasi perkalian sebagai penjumlahan berulang.
    Contoh: Menyadari bahwa 4 × 3 sama dengan 3 + 3 + 3 + 3.            Media yang digunakan : 

  1. Menggunakan media konkret (misalnya gambar, alat peraga, atau benda nyata) untuk memvisualisasikan proses perkalian sebagai penjumlahan berulang.

  2. Menunjukkan kemampuan menyelesaikan soal perkalian bilangan cacah 1–100 dengan cara menjumlahkan bilangan secara berulang. 

Metode pembelajaran : diskusi kelompok kecil 
๐Ÿ“˜ Materi: Perkalian sebagai Penjumlahan Berulang

Kelas: 3 SD
Topik: Perkalian Bilangan Cacah 1 – 100


✍️ Pengantar Materi

Perkalian adalah cara cepat untuk menghitung penjumlahan berulang.
Artinya, kita menjumlahkan bilangan yang sama berulang kali.

Contoh sederhana:
Kalau kita punya 3 kantong, dan setiap kantong berisi 4 permen,
maka jumlah seluruh permen bisa dihitung dengan cara:

➡️ 4 + 4 + 4 = 12
➡️ Ini juga bisa ditulis sebagai 3 × 4 = 12

Jadi, 3 × 4 artinya 4 ditambah sebanyak 3 kali.


๐Ÿ”ข Rumus Umum

Perkalian = Jumlah pengulangan × Bilangan yang diulang

Contoh:

  • 5 × 2 = 2 + 2 + 2 + 2 + 2 = 10

  • 4 × 3 = 3 + 3 + 3 + 3 = 12

  • 6 × 5 = 5 + 5 + 5 + 5 + 5 + 5 = 30


๐Ÿง  Cara Mengubah Perkalian Menjadi Penjumlahan Berulang

Perkalian Penjumlahan Berulang Hasil
2 × 3 3 + 3 6
3 × 4 4 + 4 + 4 12
5 × 2 2 + 2 + 2 + 2 + 2 10
4 × 5 5 + 5 + 5 + 5 20
6 × 3 3 + 3 + 3 + 3 + 3 + 3 18

๐ŸŽฒ Contoh Soal

1. Ubahlah perkalian berikut menjadi penjumlahan berulang dan hitung hasilnya!
a. 3 × 6 =
b. 5 × 4 =
c. 7 × 2 =
d. 6 × 3 =

2. Hitunglah banyak benda di gambar berikut ini:
(Misalnya ada 4 baris apel, masing-masing berisi 5 apel)
Berapa jumlah seluruh apel?


Lkpd


Mapel : Pendidikan pancasila 
Tujuan Pembelajaran
  • Mengidentifikasi dan Memahami:
    Peserta didik mampu mengenali serta menjelaskan hak dan kewajiban mereka di sekolah. 
Media Pembelajaran
  • Video:
    Tayangan video dapat membantu siswa memahami makna hak dan kewajiban melalui visualisasi. 
Metode Pembelajaran
  • Diskusi Kelompok:
    Metode ini memungkinkan siswa untuk bertukar pikiran, berbagi pemahaman, dan menganalisis hak serta kewajiban secara kolektif. 
  • Penugasan LKPD:
    Siswa mengerjakan LKPD untuk menganalisis, mengelompokkan, atau menyajikan pemahaman mereka tentang hak dan kewajiban. ๐ŸŒŸ Soal Cerita 1: Hak dan Kewajiban di Rumah

Rani adalah anak yang rajin. Setiap pagi, ia membantu ibunya menyapu halaman rumah. Setelah itu, Rani sarapan dan pergi ke sekolah. Di sekolah, Rani belajar dengan sungguh-sungguh. Sepulang sekolah, Rani diberi waktu untuk bermain dan beristirahat.

Pertanyaan:

  1. Apa kewajiban Rani di rumah?

  2. Apa hak yang didapat Rani setelah melaksanakan kewajibannya?


๐ŸŒŸ Soal Cerita 2: Hak dan Kewajiban di Sekolah

Andi datang ke sekolah tepat waktu. Ia mengikuti pelajaran dengan tertib dan mendengarkan penjelasan guru. Ketika jam istirahat, Andi bermain di halaman sekolah bersama teman-temannya.

Pertanyaan:

  1. Apa kewajiban Andi di sekolah?

  2. Apa hak yang diterima Andi di sekolah?


๐ŸŒŸ Soal Cerita 3: Hak dan Kewajiban di Lingkungan

Dina tinggal di lingkungan yang bersih dan rapi. Setiap hari Jumat, Dina ikut kerja bakti bersama warga membersihkan selokan dan halaman rumah. Karena lingkungan bersih, Dina dan teman-teman bisa bermain dengan nyaman dan sehat.

Pertanyaan:

  1. Apa kewajiban Dina di lingkungan tempat tinggalnya?

  2. Apa hak yang dinikmati Dina setelah menjalankan kewajibannya?



๐Ÿ“˜ Rangkuman Materi Kelas 3 SD

1. Matematika: Mengidentifikasi Perkalian sebagai Penjumlahan Berulang

  • Perkalian adalah penjumlahan berulang dari bilangan yang sama.

  • Contoh:

    Artinya, angka 4 dijumlahkan sebanyak 3 kali.

  • Contoh lain:

๐Ÿ“ Catatan:

  • Bilangan pertama menyatakan banyaknya kelompok.

  • Bilangan kedua menyatakan isi tiap kelompok.


2. PPKn: Hak dan Kewajiban di Sekolah

Hak Siswa

  • Mendapatkan pelajaran dari guru.

  • Menggunakan fasilitas sekolah (meja, kursi, buku).

  • Istirahat di jam yang ditentukan.

  • Mendapat perlakuan adil dari guru dan teman.

Kewajiban Siswa

  • Menghormati guru dan teman.

  • Mengerjakan tugas dengan sungguh-sungguh.

  • Menjaga kebersihan kelas dan sekolah.

  • Mematuhi peraturan yang berlaku.

Alhamdulillah kegiatan hari ini berjalan dengan lancar , murid bersemangat bersekolah hari ini

Alhamdulillah siswa bersemangat dalam megidentifikasi perkalian sebagai penjumlahan berulang 

Dilanjutkan sholih sholihah mendengarkan penjelasan hak dan kewajibanku 

Sholih sholihah membuat cerita bergambar. 

Alhamdulillah kegiatan pembelajaran berjalan dengan baik dan lancar. 

Berikut dokumentasi kegiatan hari ini :


0 komentar:

Posting Komentar