KELAS III . B
GURU KELAS : Fuji lestari, S. Pd
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, segala puji hanya milik Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat sehat, iman, dan kesempatan untuk berkumpul kembali di hari kedua sekolah ini. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat, dan kita semua sebagai umatnya. Aamiin ya Rabbal ‘alamin.
Anak-anak yang sholeh dan sholehah,
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga semuanya sehat dan semangat ya!
Hari ini kita sudah belajar seperti biasakalian. semoga kalian semakin semangat belajar, berteman dengan baik, dan menunjukkan akhlak yang mulia. Ingatlah, anak-anak, bahwa menuntut ilmu adalah ibadah. Rasulullah SAW bersabda:
"Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap Muslim." (HR. Ibnu Majah)
Jadi, mari kita awali hari ini dengan niat yang baik, semangat belajar, dan tidak lupa berdoa. Semoga Allah SWT memberikan kita ilmu yang bermanfaat dan hati yang selalu bersyukur.
Selamat belajar, anak-anak hebat! Semoga hari ini menjadi hari yang penuh kebaikan dan keberkahan.
📌 Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran, siswa dapat menyelesaikan soal-soal latihan penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah dengan benar dan percaya diri. 🎯 Media Pembelajaran
-
Lembar kerja siswa (LKS) berisi soal latihan penjumlahan dan pengurangan
-
Kartu angka dan simbol operasi (+, –)
-
Papan tulis atau papan interaktif (jika tersedia) 🧠 Metode Pembelajaran
-
Metode Latihan Soal (Drill and Practice):
Siswa diberikan soal-soal latihan bertingkat dari mudah ke sulit untuk dikerjakan secara individu maupun kelompok kecil, dengan bimbingan guru.
Latihan soal Bilangan Cacah Kelas 3
A. Penjumlahan dan Pengurangan
-
234 + 145 = …
-
567 – 289 = …
-
Hasil dari 305 + 190 – 85 = …
-
458 + 342 = …
-
900 – 475 = …
B. Membandingkan Bilangan Cacah
-
Manakah yang lebih besar: 678 atau 867?
-
Gunakan tanda <, >, atau = pada perbandingan berikut:
a. 742 … 724
b. 600 + 50 … 650
C. Urutan Bilangan
-
Urutkan bilangan berikut dari yang terkecil ke yang terbesar:
345, 123, 567, 210 -
Urutkan bilangan berikut dari yang terbesar ke yang terkecil:
890, 750, 980, 810
D. Soal Cerita (Aplikatif)
-
Ibu membeli 125 apel dan 230 jeruk. Berapa jumlah buah yang dibeli ibu?
-
Danu memiliki 475 kelereng. Ia memberikan 138 kelereng kepada temannya. Berapa sisa kelereng Danu?
-
Siswa di kelas 3 ada 325 orang. Jika 157 siswa perempuan, berapa siswa laki-laki?
-
Dalam sebuah perpustakaan ada 248 buku cerita dan 167 buku pelajaran. Berapa jumlah semua buku?
-
Ayah mempunyai 1.000 rupiah. Ia membeli mainan seharga 675 rupiah. Berapa uang kembalian yang diterima ayah?
-
Siti menabung 250 rupiah setiap hari. Berapa tabungan Siti dalam 5 hari Mapel Seni Rupa : Tujuan pembelajaran :Menyusun ide cerita ke dalam bentuk gambar dengan ekspresi kreatif.Membuat gambar cerita berdasarkan pengalaman atau imajinasi.
Media Pembelajaran
-
Contoh gambar cerita (buku gambar, majalah anak, atau tayangan slide)
-
Kertas gambar (A4 atau A3)
-
Alat menggambar: pensil, penghapus, krayon/spidol/pensil warna
🧠 Metode Pembelajaran
Ceramah interaktif: Guru menjelaskan materi sambil mengajak siswa berdiskusi.
Demonstrasi: Guru menunjukkan langkah-langkah menggambar cerita.
Materi Pembelajaran – Gambar Cerita
-
Pengertian Gambar Cerita:
Gambar yang menceritakan suatu peristiwa, kegiatan, atau pengalaman, baik nyata maupun imajinasi. Fungsi Gambar Cerita:
-
Mengungkapkan gagasan dan perasaan.
-
Menyampaikan pesan melalui gambar.
-
Menarik perhatian pembaca (misalnya dalam buku cerita anak).
- Langkah-langkah Membuat Gambar Cerita:
a. Menentukan tema (misalnya: bermain di taman, liburan ke pantai, saat ulang tahun, dll)
b. Membuat sketsa ringan
c. Menebalkan garis dan memberi warna
Tugas untuk Siswa
Judul Tugas: "Gambarkan Cerita dari Pengalamanmu Sendiri!"
-
Buatlah satu gambar cerita berdasarkan pengalamanmu yang menyenangkan (misalnya saat bermain bersama teman,
Warnai gambarmu dengan rapi dan penuh warna.
-
Tuliskan 2–3 kalimat pendek di bawah gambar untuk menjelaskan cerita dalam gambarmu.
Kesimpulan
1. Matematika – Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Cacah
-
Bilangan cacah adalah bilangan yang dimulai dari 0, 1, 2, 3, ... dan seterusnya.
-
Penjumlahan adalah proses menambahkan dua atau lebih bilangan.
-
Pengurangan adalah proses mengurangi satu bilangan dari bilangan lainnya.
-
Penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah digunakan dalam kehidupan sehari-hari, seperti saat berbelanja, membagi makanan, dan menghitung waktu.
2. SBdP – Gambar Cerita dan Seniman Rupa
-
-
Gambar cerita adalah gambar yang dibuat untuk menceritakan suatu peristiwa atau kegiatan.
-
Jenis-jenis gambar cerita antara lain:
-
Gambar cerita bertema kegiatan sehari-hari
-
Gambar cerita bertema dongeng atau legenda
-
Gambar cerita bertema lingkungan
-
-
Seniman rupa adalah orang yang ahli dalam membuat karya seni rupa, seperti pelukis, pemahat, dan perancang gambar.
Alhamdulillah kegiatan hari ini berjalan dengan lancar , murid bersemangat bersekolah hari ini ada 1 siswa yang tidak hadir kelas 3B
Alhamdulillah siswa bersemangat dalam mengerjakan soal cerita penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah.
Dilanjutkan sholih sholihah mendengarkan penjelasan ibu guru seni rupa materi cerita bergambar.
Sholih sholihah membuat cerita bergambar.
Alhamdulillah kegiatan pembelajaran berjalan dengan baik dan lancar.
Berikut dokumentasi kegiatan hari ini :
0 komentar:
Posting Komentar