Senin, 22 September 2025


   

Hari Senin, 22 September 2025

KELAS III . B

GURU KELAS : Fuji lestari, S. Pd

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, segala puji hanya milik Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat sehat, iman, dan kesempatan untuk berkumpul kembali di hari kedua sekolah ini. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat, dan kita semua sebagai umatnya. Aamiin ya Rabbal ‘alamin.

Anak-anak yang sholeh dan sholehah,
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga semuanya sehat dan semangat ya!

Hari ini kita sudah belajar seperti biasakalian. semoga kalian semakin semangat belajar, berteman dengan baik, dan menunjukkan akhlak yang mulia. Ingatlah, anak-anak, bahwa menuntut ilmu adalah ibadah. Rasulullah SAW bersabda:
"Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap Muslim." (HR. Ibnu Majah)

Jadi, mari kita awali hari ini dengan niat yang baik, semangat belajar, dan tidak lupa berdoa. Semoga Allah SWT memberikan kita ilmu yang bermanfaat dan hati yang selalu bersyukur.

Selamat belajar, anak-anak hebat! Semoga hari ini menjadi hari yang penuh kebaikan dan keberkahan


Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran, siswa diharapkan dapat:

  1. Menjelaskan konsep perkalian sebagai penjumlahan berulang.

  2. Menggunakan metode jari tangan untuk menghitung perkalian angka 2 sampai 7.

  3. Menyelesaikan soal-soal perkalian 2 sampai 7 dengan menggunakan jari tangan secara tepat dan cepat          📚 Media Pembelajaran

  1. Media utama:

    • Jari tangan siswa (alat bantu alami).

  2. Media tambahan:

    • Gambar ilustrasi cara menghitung perkalian dengan jari (dicetak/poster).

    • Video pendek demonstrasi penggunaan jari untuk perkalian 2–7.

    • Lembar kerja siswa (LKS).

    • Papan tulis dan spidol/kapur.

    • Alat peraga tangan dari karton/plastik (opsional).


🧠 Metode Pembelajaran

Metode yang digunakan bersifat aktif dan kontekstual, agar siswa mudah memahami konsep perkalian melalui alat tubuh sendiri (jari). Metode yang direkomendasikan:

  1. Demonstrasi

    • Guru menunjukkan cara menggunakan jari untuk menghitung perkalian.

    • Siswa meniru secara langsung dan dipandu guruLatihan Soal Interaktif

    • Guru memberikan soal perkalian secara lisan atau tertulis, siswa menjawab dengan menggunakan metode jari. Tanya JawabDigunakan untuk mengkonfirmasi pemahaman siswa terhadap langkah-langkah yang digunakan dalam metode jari. 

  2. Setelah siswa bisa melakukan perkalian jari, siswa diskusi kelompok melengkapi / menyusun Fazzel perkalian. 

Perkalian 2–5 bisa dilakukan dengan cara sederhana dengan menghitung secara berulang (penjumlahan berulang) dan menggunakan jari tangan untuk membantu menghitung.

✅ Contoh Perkalian 2, 3, 4, 5:

Misalnya kita ingin menghitung:

  • 2 × 4 = ?

Cara:

  • Angkat 2 jari tangan kiri

  • Masing-masing jari mewakili 4

  • Jadi: 4 + 4 = 8

💡 Ini bisa dibalik:

  • Angkat 4 jari tangan kiri → masing-masing mewakili 2

  • 2 + 2 + 2 + 2 = 8

✨ Latihan Sendiri:

  • 3 × 5 =

  • 4 × 3 =

  • 5 × 2 =

Tugas :Menyusun Fazzel perkalian 

mapel : Seni Rupa

Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran dan asesmen, siswa diharapkan mampu:

  1. Mengungkapkan ide atau pengalaman melalui gambar cerita secara sederhana dan kreatif.

  2. Menggunakan unsur-unsur rupa seperti garis, warna, dan bentuk dalam gambar cerita                           Media Pembelajaran

  1. Lembar asesmen/rubrik penilaian

  2. Video pendek atau gambar bertema cerita sebagai pemicu ide menggambar (opsional)                   🎨 Metode Pembelajaran

  1. Diskusi dan Tanya Jawab

    • Guru memancing siswa dengan pertanyaan: "Pernahkah kalian menceritakan pengalaman melalui gambar?", "Apa cerita favorit kalian?"

    • Diskusi mengenai unsur-unsur dalam gambar dan mengerjakan latihan soal Assesmen  (AKM) 

  2. Presentasi Singkat (Sharing Session)

    • Siswa menjelaskan gambar ceritanya di depan kelas atau kelompok kecil.

    • Guru atau teman memberikan tanggapan.

  3. Refleksi & Penilaian (Assessment)

    • Guru menggunakan rubrik penilaian untuk menilai aspek kreativitas, keterpaduan cerita, penggunaan unsur rupa, dan keberanian menyampaikan cerita. 

Assesmen AKM 

Kesimpulan dan refleksi hari ini Alhamdulillah kegiatan hari ini berjalan dengan lancar , murid bersemangat bersekolah hari ini, ada 3 siswa yg tidak sekolah 

Alhamdulillah siswa bersemangat dalam mengerjakan pekalian 

Dilanjutkan sholih sholihah mendengarkan penjelasan karakteristik tempat tinggal

Sholih sholihah mengerjakan latihan soal soal Asesmen 

Alhamdulillah kegiatan pembelajaran berjalan dengan baik dan lancar. 

Berikut dokumentasi kegiatan hari ini :


0 komentar:

Posting Komentar