Kamis, 25 September 2025


   

Hari Kamis , 25 September 2025

KELAS III . B

GURU KELAS : Fuji lestari, S. Pd

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, segala puji hanya milik Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat sehat, iman, dan kesempatan untuk berkumpul kembali di hari kedua sekolah ini. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat, dan kita semua sebagai umatnya. Aamiin ya Rabbal ‘alamin.

Anak-anak yang sholeh dan sholehah,
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga semuanya sehat dan semangat ya!

Hari ini kita sudah belajar seperti biasakalian. semoga kalian semakin semangat belajar, berteman dengan baik, dan menunjukkan akhlak yang mulia. Ingatlah, anak-anak, bahwa menuntut ilmu adalah ibadah. Rasulullah SAW bersabda:
"Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap Muslim." (HR. Ibnu Majah)

Jadi, mari kita awali hari ini dengan niat yang baik, semangat belajar, dan tidak lupa berdoa. Semoga Allah SWT memberikan kita ilmu yang bermanfaat dan hati yang selalu bersyukur.

Selamat belajar, anak-anak hebat! Semoga hari ini menjadi hari yang penuh kebaikan dan keberkahan

Mapel : Ipas 

1. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran, siswa diharapkan dapat:

  1. Menjelaskan pengertian kenampakan alam secara sederhana.

  2. Mengidentifikasi berbagai kenampakan alam (seperti gunung, sungai, pantai, danau, dll.) di lingkungan sekitar                                          2. Media Pembelajaran

Media yang digunakan untuk mendukung pembelajaran:

  • Gambar dan video tentang berbagai kenampakan alam (gunung, sungai, laut, danau, dataran tinggi/rendah, dll.)

  • Peta wilayah lokal (bisa berupa peta cetak atau digital).

  • Buku IPAS Kelas 3 SD sesuai kurikulum.                                             3. Metode Pembelajaran

Metode yang bisa diterapkan:

  • Ceramah interaktif – Guru menjelaskan materi sambil berdialog dengan siswa.

  • Tanya jawab – Untuk menggali pengetahuan awal dan mendorong partisipasi.

  • Diskusi kelompok – Siswa mendiskusikan dan mengelompokkan jenis kenampakan alam.

Materi : kenampakan Alam dilingkungan sekitar 

๐Ÿž️ Apa Itu Kenampakan Alam?
Kenampakan alam adalah semua hal yang ada di bumi secara alami, tanpa dibuat oleh manusia. Kenampakan ini sudah ada sejak dulu dan terbentuk sendiri oleh alam.
Contoh-contoh kenampakan alam:
 * Gunung: Tanah yang tinggi dan besar. Gunung biasanya punya puncak.
 * Laut: Air asin yang sangat luas. Laut adalah tempat tinggal ikan dan banyak hewan laut lainnya.
 * Sungai: Air yang mengalir dari tempat tinggi ke tempat yang lebih rendah. Sungai sering digunakan untuk mandi atau mencuci.
 * Danau: Air yang tergenang dan dikelilingi oleh daratan. Air di danau biasanya tawar.
 * Pantai: Daratan yang berbatasan langsung dengan laut. Biasanya punya pasir putih yang indah.
Kenampakan alam juga bisa disebut kenampakan geografi.
๐Ÿ—️ Apa Itu Kenampakan Buatan?
Kenampakan buatan adalah semua hal yang dibuat oleh manusia. Kenampakan ini dibuat untuk memenuhi kebutuhan kita atau untuk mempermudah hidup kita.
Contoh-contoh kenampakan buatan:
 * Jalan Raya: Jalan yang dibuat dari aspal atau beton untuk dilewati kendaraan.
 * Gedung: Bangunan besar yang bisa digunakan untuk kantor, sekolah, atau rumah sakit. 
 * Jembatan: Jalan yang dibangun di atas sungai atau jurang agar kita bisa menyeberang.
 * Sawah: Lahan yang sengaja dibuat untuk menanam padi.
 * Bendungan: Bangunan yang dibuat untuk menahan air sungai. Gunanya untuk mengairi sawah atau menghasilkan listrik.

 Perbedaan Kenampakan Alam dan Buatan
Cara paling mudah untuk membedakannya adalah dengan bertanya: "Siapa yang membuat ini?"
| Kenampakan Alam | Kenampakan Buatan 
| Dibuat oleh alam. | Dibuat oleh manusia. |
| Contoh: Gunung, laut, sungai. | Contoh: Jalan, gedung, jembatan. |
| Tidak bisa dipindahkan. | Bisa diubah atau dibangun di tempat lain. |

Sekarang, coba kamu lihat sekeliling. Adakah gunung? Atau mungkin ada jalan raya? Coba sebutkan mana yang kenampakan alam dan mana yang buatan! 

Mapel : PAK 
Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran, siswa diharapkan dapat:

  1. Menjelaskan pengertian disiplin secara sederhana.

  2. Menyebutkan contoh sikap disiplin di lingkungan sekolah dan rumah.       Media Pembelajaran

  1. Video pendek/animasi tentang disiplin di sekolah.

  2. Gambar ilustrasi/situasi (contoh: datang tepat waktu, mengantre, merapikan alat belajar).

  3. Lembar kerja siswa (LKS) berupa cerita pendek dan soal sederhana.    Metode Pembelajaran

  1. Diskusi Kelompok Kecil:
    Siswa berdiskusi tentang pengalaman mereka dalam menerapkan disiplin (contoh: bangun pagi, datang ke sekolah tepat waktu).

  2. Role Play (Bermain Peran):
    Siswa memerankan situasi di sekolah (misalnya: datang tepat waktu, mematuhi aturan kelas, antre .

๐Ÿ“˜ MATERI PENDIDIKAN ANTI KORUPSI

Tema: Disiplin


Pengertian Disiplin

Disiplin adalah sikap patuh pada aturan dan melakukan sesuatu tepat waktu.

Contoh mudah:

  • Datang ke sekolah tepat waktu.

  • Mengikuti aturan kelas.

  • Mengerjakan PR sesuai jadwal.


๐ŸŽฏ Mengapa Disiplin Itu Penting?

  1. Membuat kita teratur dan tidak terlambat.

  2. Membantu kita menjadi anak yang bertanggung jawab.

  3. Menunjukkan bahwa kita menghargai waktu dan orang lain.

  4. Membentuk kebiasaan baik untuk masa depan.

  5. Disiplin mencegah kita melakukan hal yang merugikan, termasuk korupsi.


๐Ÿงฉ Contoh Sikap Disiplin di Sekolah

Situasi Sikap Disiplin
Bel masuk berbunyi Masuk kelas tepat waktu
Guru sedang menjelaskan Mendengarkan dengan tenang
Piket kelas Melakukan piket sesuai jadwal
Bel istirahat selesai Kembali ke kelas tanpa disuruh

๐Ÿก Contoh Sikap Disiplin di Rumah

  • Bangun pagi dan membereskan tempat tidur.

  • Menyelesaikan tugas rumah dari orang tua.

  • Belajar sebelum bermain.

  • Tidak menunda-nunda makan dan mandi.


⚖️ Hubungan Disiplin dengan Anti Korupsi

Orang yang disiplin akan terbiasa jujur, tertib, dan tidak mengambil hak orang lain.

Contoh:

  • Anak yang disiplin tidak akan mencontek.

  • Anak yang disiplin tidak akan berbohong kepada guru atau orang tua.

  • Disiplin melatih kita untuk patuh pada aturan, seperti tidak korupsi saat dewasa nanti.

๐Ÿ“ Latihan Singkat

Tandai (✔️) jika kamu sudah melakukan hal berikut:

Kegiatan Sudah Belum
Datang ke sekolah tepat waktu
Belajar tanpa disuruh
Mengikuti aturan kelas
Tidak mencontek
Merapikan mainan setelah bermain
๐ŸŽต Lagu Pendek (Opsional)

๐ŸŽถ
Aku anak disiplin
Selalu datang tepat waktu
Belajar dengan semangat
Tidak suka melanggar aturan
Disiplin hari ini
Jadi anak baik nanti

Mapel : Bahasa Indonesia 

1. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran, siswa dapat:

  1. Mengidentifikasi makna semangat pantang menyerah dalam teks yang dibacakan atau dibaca sendiri.

  2. Menyebutkan contoh sikap pantang menyerah dalam kehidupan sehari-hari.

  3. Menjawab pertanyaan berdasarkan teks tentang tokoh yang memiliki sikap pantang menyerah.                   ๐Ÿ“Œ 2. Media Pembelajaran

  • Teks bacaan tentang tokoh atau cerita dengan tema pantang menyerah (misalnya: cerita pendek tentang B.J. Habibie, atau anak yang belajar sepeda).

  • Gambar ilustrasi terkait aktivitas semangat pantang menyerah.

  • Video pendek edukatif bertema semangat juang.

  • Lembar kerja dan soal evaluasi.        ๐Ÿ“Œ 3. Metode Pembelajaran

  • Tanya jawab klasikal: Menguji pemahaman siswa secara langsung.

  • Latihan soal individu: Siswa mengerjakan soal pilihan ganda sebagai bentuk asesmen formatif.

1. Arti dari pantang menyerah adalah …
A. Tidak mau bekerja keras
B. Mudah putus asa
C. Selalu semangat meski mengalami kesulitan
D. Cepat merasa bosan

Jawaban: 


2. Sikap pantang menyerah ditunjukkan oleh orang yang …
A. Mudah menyerah jika gagal
B. Terus berusaha walau sering gagal
C. Menyerah saat lelah
D. Suka menyalahkan orang lain

Jawaban: 


3. Berikut ini contoh sikap pantang menyerah adalah …
A. Tidak mau belajar karena nilainya jelek
B. Tetap belajar walau sulit memahami pelajaran
C. Menyontek saat ulangan
D. Bermain terus dan tidak belajar

Jawaban: 


4. Dinda belajar naik sepeda. Meski sering jatuh, ia terus mencoba. Sikap Dinda menunjukkan …
A. Malas
B. Berani
C. Pantang menyerah
D. Egois

Jawaban: 


5. Sikap pantang menyerah dapat membuat kita …
A. Cepat marah
B. Menjadi putus asa
C. Tidak suka belajar
D. Meraih cita-cita

Jawaban: 


6. Ketika gagal dalam lomba, Rian tidak sedih. Ia berlatih lebih giat agar menang tahun depan. Rian adalah anak yang …
A. Mudah kecewa
B. Sombong
C. Pantang menyerah
D. Penakut

Jawaban: 


7. Tokoh yang terkenal karena semangat pantang menyerahnya adalah …
A. B.J. Habibie
B. Malin Kundang
C. Si Kancil
D. Timun Mas

Jawaban: 


8. Sifat berikut yang bukan ciri pantang menyerah adalah …
A. Gigih
B. Rajin
C. Mudah putus asa
D. Tekun

Jawaban: 


9. Jika kita gagal dalam ujian, yang sebaiknya kita lakukan adalah …
A. Tidak mau sekolah lagi
B. Marah kepada teman
C. Terus belajar agar lebih baik
D. Menyalahkan guru

Jawaban:                                    10. Orang yang pantang menyerah akan selalu …

A. Berhenti saat gagal
B. Mencoba lagi sampai berhasil
C. Menghindari tantangan
D. Menyerah saat lelah

Jawaban: 

Kesimpulan dan refleksi hari ini Alhamdulillah kegiatan hari ini berjalan dengan lancar , murid bersemangat bersekolah hari ini, ada 3 siswa yg tidak sekolah 

Alhamdulillah siswa bersemangat belajar tentang kenampakan alam 

Dilanjutkan sholih sholihah mengerjakan latihan soal pantang menyerah 

Sholih sholihah mengerjakan latihan soal soal Asesmen 

Alhamdulillah kegiatan pembelajaran berjalan dengan baik dan lancar. 

Berikut dokumentasi kegiatan hari ini :




0 komentar:

Posting Komentar