Selasa, 23 September 2025


   

Hari Selasa, 23 September 2025.

KELAS III . B

GURU KELAS : Fuji lestari, S. Pd

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, segala puji hanya milik Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat sehat, iman, dan kesempatan untuk berkumpul kembali di hari kedua sekolah ini. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat, dan kita semua sebagai umatnya. Aamiin ya Rabbal ‘alamin.

Anak-anak yang sholeh dan sholehah,
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga semuanya sehat dan semangat ya!

Hari ini kita sudah belajar seperti biasakalian. semoga kalian semakin semangat belajar, berteman dengan baik, dan menunjukkan akhlak yang mulia. Ingatlah, anak-anak, bahwa menuntut ilmu adalah ibadah. Rasulullah SAW bersabda:
"Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap Muslim." (HR. Ibnu Majah)

Jadi, mari kita awali hari ini dengan niat yang baik, semangat belajar, dan tidak lupa berdoa. Semoga Allah SWT memberikan kita ilmu yang bermanfaat dan hati yang selalu bersyukur.

Selamat belajar, anak-anak hebat! Semoga hari ini menjadi hari yang penuh kebaikan dan keberkahan

Mapel : Matematika 
Tujuan Pembelajaran
Tujuan utama dari pembelajaran ini adalah agar siswa dapat memahami konsep dasar perkalian sebagai penjumlahan berulang. Siswa diharapkan mampu:
 * Menganalisis dan memahami konsep perkalian melalui visualisasi.
 * Menyelesaikan soal-soal perkalian sederhana dengan tepat.


Media Pembelajaran
Media yang digunakan adalah puzzle gambar yang dirancang khusus untuk pembelajaran perkalian. Media ini terdiri dari beberapa potong puzzle dengan:
 * Gambar-gambar yang menarik, seperti hewan atau benda.
 * Soal perkalian tertulis pada setiap potong puzzle.
 * Jawaban perkalian yang terpisah dari soalnya.
   Siswa harus mencocokkan potongan soal dengan potongan jawaban yang sesuai untuk membentuk gambar utuh. Puzzle ini bisa dibuat dari kertas karton atau bahan lain yang lebih tahan lama.

Metode Pembelajaran
Metode yang digunakan adalah metode demonstrasi dan metode bermain sambil belajar. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
 * Pendahuluan: Guru memulai pelajaran dengan memberikan pengantar tentang perkalian, misalnya dengan menggunakan contoh dari kehidupan sehari-hari, seperti menghitung jumlah roda dari beberapa mobil.
 * Demonstrasi: Guru mendemonstrasikan cara bermain puzzle. Guru menunjukkan salah satu potongan puzzle yang berisi soal perkalian, kemudian menunjukkan potongan lain yang berisi jawabannya. Guru mencontohkan cara mencocokkan kedua potongan tersebut.
 * Aktivitas Kelompok: Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok kecil. Setiap kelompok diberikan satu set puzzle perkalian. Setiap anggota kelompok berdiskusi untuk memecahkan soal dan menyusun puzzle bersama. Ini melatih kerja sama dan komunikasi.
 * Presentasi dan Diskusi: Setelah selesai, setiap kelompok mempresentasikan hasil susunan puzzle mereka dan menjelaskan bagaimana mereka menyelesaikan soal-soal tersebut. Guru dapat memberikan pertanyaan-pertanyaan pancingan untuk menguji pemahaman mereka.
 * Evaluasi: Guru memberikan soal latihan perkalian mandiri untuk mengukur pemahaman siswa secara individu. Soal-soal ini bisa berupa lembar kerja atau kuis singkat.
   

Perkalian bilangan 1–10, misalnya:

  • 2 × 3 = 6

  • 4 × 5 = 20

  • 7 × 6 = 42

  • dst

Cocok untuk anak yang suka visual.

Contoh:
2 × 3 = buat 2 baris, tiap baris ada 3 bintang:
★★★
★★★
Total = 6


Diskusi kelompok : 

Buku saku perkalian : 


Mapel : Pendidikan pancasila 

Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran, siswa dapat menjelaskan dan memberikan contoh hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga dan warga sekolah secara tepat, serta menunjukkan sikap tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari.


๐Ÿ–ผ️ Media Pembelajaran

Poster Gambar Interaktif berisi:

  • Ilustrasi kegiatan anak di rumah dan di sekolah.

  • Setiap gambar diberi label apakah itu “hak” atau “kewajiban”.

๐Ÿ“ Contoh isi poster:

Gambar Keterangan
Anak belajar di rumah Kewajiban
Anak mendapat makanan bergizi Hak
Menyapu halaman rumah Kewajiban
Bermain saat istirahat di sekolah Hak
Membuang sampah di tempatnya Kewajiban
Mendapat pelajaran dari guru Hak

๐Ÿงฉ Metode Pembelajaran

Metode Diskusi + Mencocokkan (Matching Activity)

Langkah-langkah:

  1. Guru menjelaskan pengertian hak dan kewajiban dengan bahasa sederhana.

  2. Tampilkan poster bergambar (atau bagikan kartu bergambar).

  3. Siswa secara berkelompok mencocokkan gambar dengan kategori “hak” atau “kewajiban”.

  4. Setelah mencocokkan, masing-masing kelompok menyebutkan contoh nyata hak/kewajiban yang mereka lakukan di rumah/sekolah.

  5. Guru memberikan penguatan dan koreksi jika ada kesalahan pemahaman.               Materi Ringkas: Hak dan Kewajiban di Rumah dan Sekolah

๐Ÿ  A. Di Rumah

Hak Anak Kewajiban Anak
Mendapat kasih sayang Membantu pekerjaan rumah
Mendapat makanan bergizi Merapikan tempat tidur sendiri
Memperoleh tempat tinggal yang aman Hormat kepada orang tua

๐Ÿซ B. Di Sekolah

Hak Siswa Kewajiban Siswa
Mendapat pelajaran dari guru Mengikuti pelajaran dengan tertib
Bermain saat istirahat Menjaga kebersihan lingkungan sekolah
Mendapat perlindungan di sekolah Menghormati guru dan teman



๐Ÿ“„ LEMBAR KERJA SISWA

Nama: _______________________
Kelas: _______
Tanggal: ____________________

๐Ÿ“˜ Tema: Hak dan Kewajiban di Rumah dan Sekolah


๐Ÿ”ถ A. Pilihlah mana yang termasuk Hak (H) atau Kewajiban (K)!

Beri tanda ✔️ pada kolom H atau K yang sesuai.

No Pernyataan H  K
1 Mendapatkan makanan dari orang tua
2 Membantu ibu membersihkan rumah
3 Mendengarkan pelajaran di kelas
4 Bermain dengan teman saat istirahat
5 Merapikan tempat tidur sendiri
6 Mendapat bimbingan dari guru
7 Menjaga kebersihan lingkungan sekolah
8 Mendapatkan pakaian yang bersih dari orang tua

๐Ÿ”ถ B. Hubungkan!

Tarik garis antara kolom kiri dan kanan yang sesuai antara kegiatan dan jenisnya.

Kegiatan Jenisnya
Mendapatkan pelajaran dari guru A. Hak
Membuang sampah di tempatnya B.Kewajiban
Mendapatkan perlindungan dari orang tua C. Hak
Membantu menyapu halaman rumah D.Kewajiban
Menghormati guru E.Kewajiban
Bermain setelah belajar F. Hak

๐Ÿ”ถ C. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!

  1. Kewajiban kita di rumah adalah membantu _________.

  2. Hak anak di sekolah adalah mendapatkan __________ dari guru.

  3. Kita harus menghormati orang tua karena itu adalah __________ kita.

  4. Bermain di waktu istirahat adalah contoh dari __________.

  5. Membuang sampah pada tempatnya adalah contoh __________ terhadap lingkungan.


๐Ÿ”ถ D. Soal Cerita (Jawaban Singkat)

1. Budi suka membantu ibu menyapu lantai dan merapikan tempat tidur.
Apa yang dilakukan Budi termasuk hak atau kewajiban? Jelaskan!
✍️ _______________________________________________________
✍️ _______________________________________________________

2. Ani mendapat hadiah dari orang tuanya karena rajin belajar.
Apa contoh hak yang diterima Ani di rumah?
✍️ _______________________________________________________
✍️ _______________________________________________________


๐Ÿ“Œ Penilaian

Aspek Dinilai Skor Maksimal
Menjawab dengan benar 100
Kerapihan menulis 10
Keaktifan berdiskusi (opsional) 10




Kesimpulan dan refleksi hari ini Alhamdulillah kegiatan hari ini berjalan dengan lancar , murid bersemangat bersekolah hari ini, ada 1 siswa yg tidak sekolah 

Alhamdulillah siswa bersemangat dalam mengerjakan pekalian menyusun fazel 

Dilanjutkan sholih sholihah mengerjakan latihan hal dan kewajiban 

Sholih sholihah mengerjakan latihan soal soal Asesmen 

Alhamdulillah kegiatan pembelajaran berjalan dengan baik dan lancar. 

Berikut dokumentasi kegiatan hari ini :


0 komentar:

Posting Komentar