KELAS III . B
GURU KELAS : Fuji lestari, S. Pd
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, segala puji hanya milik Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat sehat, iman, dan kesempatan untuk berkumpul kembali di hari kedua sekolah ini. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat, dan kita semua sebagai umatnya. Aamiin ya Rabbal ‘alamin.
Anak-anak yang sholeh dan sholehah,
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga semuanya sehat dan semangat ya!
Hari ini kita sudah belajar seperti biasakalian. semoga kalian semakin semangat belajar, berteman dengan baik, dan menunjukkan akhlak yang mulia. Ingatlah, anak-anak, bahwa menuntut ilmu adalah ibadah. Rasulullah SAW bersabda:
"Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap Muslim." (HR. Ibnu Majah)
Jadi, mari kita awali hari ini dengan niat yang baik, semangat belajar, dan tidak lupa berdoa. Semoga Allah SWT memberikan kita ilmu yang bermanfaat dan hati yang selalu bersyukur.
Selamat belajar, anak-anak hebat! Semoga hari ini menjadi hari yang penuh kebaikan dan keberkahan
Perkalian bilangan 1–10, misalnya:
-
2 × 3 = 6
-
4 × 5 = 20
-
7 × 6 = 42
-
dst
Cocok untuk anak yang suka visual.
Contoh:
2 × 3 = buat 2 baris, tiap baris ada 3 bintang:
★★★
★★★
Total = 6Diskusi kelompok :
Buku saku perkalian :
Mapel : Pendidikan pancasila
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran, siswa dapat menjelaskan dan memberikan contoh hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga dan warga sekolah secara tepat, serta menunjukkan sikap tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari.
๐ผ️ Media Pembelajaran
Poster Gambar Interaktif berisi:
Ilustrasi kegiatan anak di rumah dan di sekolah.
Setiap gambar diberi label apakah itu “hak” atau “kewajiban”.
๐ Contoh isi poster:
Gambar Keterangan Anak belajar di rumah Kewajiban Anak mendapat makanan bergizi Hak Menyapu halaman rumah Kewajiban Bermain saat istirahat di sekolah Hak Membuang sampah di tempatnya Kewajiban Mendapat pelajaran dari guru Hak ๐งฉ Metode Pembelajaran
Metode Diskusi + Mencocokkan (Matching Activity)
Langkah-langkah:
Guru menjelaskan pengertian hak dan kewajiban dengan bahasa sederhana.
Tampilkan poster bergambar (atau bagikan kartu bergambar).
Siswa secara berkelompok mencocokkan gambar dengan kategori “hak” atau “kewajiban”.
Setelah mencocokkan, masing-masing kelompok menyebutkan contoh nyata hak/kewajiban yang mereka lakukan di rumah/sekolah.
Guru memberikan penguatan dan koreksi jika ada kesalahan pemahaman. Materi Ringkas: Hak dan Kewajiban di Rumah dan Sekolah
๐ A. Di Rumah
Hak Anak Kewajiban Anak Mendapat kasih sayang Membantu pekerjaan rumah Mendapat makanan bergizi Merapikan tempat tidur sendiri Memperoleh tempat tinggal yang aman Hormat kepada orang tua ๐ซ B. Di Sekolah
Hak Siswa Kewajiban Siswa Mendapat pelajaran dari guru Mengikuti pelajaran dengan tertib Bermain saat istirahat Menjaga kebersihan lingkungan sekolah Mendapat perlindungan di sekolah Menghormati guru dan teman
๐ LEMBAR KERJA SISWA
Nama: _______________________
Kelas: _______
Tanggal: ____________________๐ Tema: Hak dan Kewajiban di Rumah dan Sekolah
๐ถ A. Pilihlah mana yang termasuk Hak (H) atau Kewajiban (K)!
Beri tanda ✔️ pada kolom H atau K yang sesuai.
No Pernyataan H K 1 Mendapatkan makanan dari orang tua 2 Membantu ibu membersihkan rumah 3 Mendengarkan pelajaran di kelas 4 Bermain dengan teman saat istirahat 5 Merapikan tempat tidur sendiri 6 Mendapat bimbingan dari guru 7 Menjaga kebersihan lingkungan sekolah 8 Mendapatkan pakaian yang bersih dari orang tua
๐ถ B. Hubungkan!
Tarik garis antara kolom kiri dan kanan yang sesuai antara kegiatan dan jenisnya.
Kegiatan Jenisnya Mendapatkan pelajaran dari guru A. Hak Membuang sampah di tempatnya B.Kewajiban Mendapatkan perlindungan dari orang tua C. Hak Membantu menyapu halaman rumah D.Kewajiban Menghormati guru E.Kewajiban Bermain setelah belajar F. Hak
๐ถ C. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
Kewajiban kita di rumah adalah membantu _________.
Hak anak di sekolah adalah mendapatkan __________ dari guru.
Kita harus menghormati orang tua karena itu adalah __________ kita.
Bermain di waktu istirahat adalah contoh dari __________.
Membuang sampah pada tempatnya adalah contoh __________ terhadap lingkungan.
๐ถ D. Soal Cerita (Jawaban Singkat)
1. Budi suka membantu ibu menyapu lantai dan merapikan tempat tidur.
Apa yang dilakukan Budi termasuk hak atau kewajiban? Jelaskan!
✍️ _______________________________________________________
✍️ _______________________________________________________2. Ani mendapat hadiah dari orang tuanya karena rajin belajar.
Apa contoh hak yang diterima Ani di rumah?
✍️ _______________________________________________________
✍️ _______________________________________________________
๐ Penilaian
Aspek Dinilai Skor Maksimal Menjawab dengan benar 100 Kerapihan menulis 10 Keaktifan berdiskusi (opsional) 10
Kesimpulan dan refleksi hari ini Alhamdulillah kegiatan hari ini berjalan dengan lancar , murid bersemangat bersekolah hari ini, ada 1 siswa yg tidak sekolah
Alhamdulillah siswa bersemangat dalam mengerjakan pekalian menyusun fazel
Dilanjutkan sholih sholihah mengerjakan latihan hal dan kewajiban
Sholih sholihah mengerjakan latihan soal soal Asesmen
Alhamdulillah kegiatan pembelajaran berjalan dengan baik dan lancar.
Berikut dokumentasi kegiatan hari ini :
0 komentar:
Posting Komentar