Jumat, 26 September 2025


   

Hari Jumat, 26 September 2025

KELAS III . B

GURU KELAS : Fuji lestari, S. Pd

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, segala puji hanya milik Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat sehat, iman, dan kesempatan untuk berkumpul kembali di hari kedua sekolah ini. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat, dan kita semua sebagai umatnya. Aamiin ya Rabbal ‘alamin.

Anak-anak yang sholeh dan sholehah,
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga semuanya sehat dan semangat ya!

Hari ini kita sudah belajar seperti biasakalian. semoga kalian semakin semangat belajar, berteman dengan baik, dan menunjukkan akhlak yang mulia. Ingatlah, anak-anak, bahwa menuntut ilmu adalah ibadah. Rasulullah SAW bersabda:
"Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap Muslim." (HR. Ibnu Majah)

Jadi, mari kita awali hari ini dengan niat yang baik, semangat belajar, dan tidak lupa berdoa. Semoga Allah SWT memberikan kita ilmu yang bermanfaat dan hati yang selalu bersyukur.

Selamat belajar, anak-anak hebat! Semoga hari ini menjadi hari yang penuh kebaikan dan keberkahan

Mapel : Seni Rupa

Tujuan pembelajaran : murid dapat menyelesaikan persoalan literasi terkait gambar cerita. 

Media pembelajaran : LCD, soal cerita 

Metode pembelajaran : diskusi dan mengerjakan soal individu 

Literasi ku 



Mengenal dan Membuat Cerita Bergambar                                 Latihan Soal Pilihan Ganda (10 Soal)

1. Cerita bergambar disebut juga dengan...
A. Komik
B. Lukisan
C. Puisi
D. Poster

2. Fungsi gambar dalam cerita bergambar adalah untuk...
A. Membuat kertas penuh
B. Membingungkan pembaca
C. Membantu memahami cerita
D. Menghiasi halaman

3. Berikut ini termasuk media yang bisa digunakan untuk membuat cerita bergambar, kecuali...

A. Kertas gambar
B. Pensil warna
C. Cat air
D. Sendok


4. Urutan gambar dalam cerita bergambar harus...
A. Acak
B. Terbalik
C. Sesuai alur cerita
D. Tanpa urutan

5. Cerita bergambar biasanya dibagi menjadi beberapa...

A. Halaman kosong
B. Lirik lagu
C. Panel atau kotak
D. Garis lurus                                                 6. Cerita bergambar yang lucu dan menghibur disebut...

A. Komik humor
B. Komik horor
C. Komik sejarah
D. Komik pendidikan


7. Dalam membuat cerita bergambar, kita harus memperhatikan...
A. Harga buku
B. Warna kesukaan teman
C. Alur cerita dan gambar
D. Nama toko buku                                        8. Cerita bergambar bisa membantu anak-anak untuk...

A. Menjadi pelukis
B. Belajar membaca dengan menyenangkan
C. Menjadi pemain bola
D. Tidur siang

9. Tokoh dalam cerita bergambar biasanya digambar dengan...

A. Huruf kapital
B. Warna gelap
C. Ekspresi wajah yang jelas
D. Banyak tulisan

   10. Cerita bergambar yang memiliki pesan moral disebut...

A. Cerita kosong
B. Cerita nasihat
C. Cerita bergambar
D. Cerita lucu

Jawaban:

📝 Latihan Soal Uraian (5 Soal)

1. Apa yang dimaksud dengan cerita bergambar?


2. Sebutkan tiga alat yang bisa digunakan untuk membuat cerita bergambar!


3. Mengapa urutan gambar penting dalam cerita bergambar?


4. Apa saja yang perlu diperhatikan ketika membuat cerita bergambar?


5. Jelaskan manfaat membaca cerita bergambar bagi anak-anak!


Mapel Ipas

Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran dan asesmen, siswa diharapkan dapat:

  1. Mengidentifikasi berbagai jenis lingkungan tempat tinggal (desa, kota, pegunungan, pesisir).

  2. Menyebutkan ciri-ciri lingkungan tempat tinggal mereka.

  3. Mendeskripsikan kegiatan masyarakat sesuai dengan karakteristik tempat tinggalnya.

  4.  Metode Pembelajaran

Metode yang digunakan dalam mengerjakan soal asesmen antara lain:

  1. Diskusi Kelompok:
    Siswa berdiskusi untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang tempat tinggal masing-masing.

  2. Tanya Jawab Interaktif:
    Guru mengajukan pertanyaan untuk menggali pemahaman siswa sebelum mengerjakan soal.Penugasan Individu, Assesmen         Media Pembelajaran

Media yang digunakan untuk mendukung asesmen materi ini meliputi:

  1. Lembar Kerja Siswa (LKS) atau Soal Cetak:
    Digunakan untuk asesmen tertulis berupa pilihan ganda, isian, atau uraian.

  2. Gambar dan Peta Lingkungan:
    Gambar berbagai jenis tempat tinggal (kota, desa, dll) sebagai alat bantu visual.

  3. Video Edukasi Singkat:
    Video tentang kehidupan masyarakat di berbagai lingkungan (jika tersedia). 

Tugas mengerjakan Assesmen ipas hal 85 - 87

Kesimpulan dan refleksi hari ini Alhamdulillah kegiatan hari ini berjalan dengan lancar , murid bersemangat bersekolah hari ini, ada 1 siswa yg tidak sekolah 

Alhamdulillah siswa bersemangat belajar  mapel Seni Rupa mengerjakan soal latihan 

Dilanjutkan sholih sholihah mengerjakan latihan soal ipas 

Sholih sholihah mengerjakan latihan soal soal Asesmen 

Alhamdulillah kegiatan pembelajaran berjalan dengan baik dan lancar. 

Berikut dokumentasi kegiatan hari ini :


0 komentar:

Posting Komentar