Selasa, 30 September 2025


   

Hari Selasa, 30 September 2025

KELAS III . B

GURU KELAS : Fuji lestari, S. Pd

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, segala puji hanya milik Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat sehat, iman, dan kesempatan untuk berkumpul kembali di hari kedua sekolah ini. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat, dan kita semua sebagai umatnya. Aamiin ya Rabbal ‘alamin.

Anak-anak yang sholeh dan sholehah,
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga semuanya sehat dan semangat ya!

Hari ini kita sudah belajar seperti biasakalian. semoga kalian semakin semangat belajar, berteman dengan baik, dan menunjukkan akhlak yang mulia. Ingatlah, anak-anak, bahwa menuntut ilmu adalah ibadah. Rasulullah SAW bersabda:
"Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap Muslim." (HR. Ibnu Majah)

Jadi, mari kita awali hari ini dengan niat yang baik, semangat belajar, dan tidak lupa berdoa. Semoga Allah SWT memberikan kita ilmu yang bermanfaat dan hati yang selalu bersyukur.

Selamat belajar, anak-anak hebat! Semoga hari ini menjadi hari yang penuh kebaikan dan keberkahan

Mapel matematika 
Tujuan pembelajaran murid dapat memahami pembagian sebagai pengurangan berulang 

Media pembelajaran : Ppt mgk, buku cetak, ljpd

Metode Pembelajaran : praktek pembagian secara langsung dan diskusi kelompok

Pembagian sebagai kebalikan perkalian
Kamu telah belajar pembagian titik pembagian sebagai pengurangan berulang. Coba Ingat kembali titik perkalian sebagai penjumlahan berulang contoh 3 * 9 = 9 + 9 + 9 = 27 bawahnya 3 * 9 artinya penjumlahan bilangan 9 sebanyak 3 kali Bagaimana pembagiannya 27 / 9 bawahnya 27 / 9 artinya pengurangan bilangan 27 dengan bilangan 9 pengurangan dilakukan hingga hasilnya 0 27 dibagi 9 = 27 - 9 - 9 - 9 = 0 banyak pengurangan 3 kali perhatikan perkalian dan pembagian di atas perkalian sebagai penjumlahan berulang pembagian sebagai pengurangan berulang jadi pembagian kebalikan dari perkalian. 


Perkalian adalah penjumlahan berulang.
Contoh:

3 × 4 = 12 → artinya: 3 + 3 + 3 + 3 = 12 (sebanyak 4 kali)

Pembagian adalah kebalikan dari perkalian.
Contoh:

12 ÷ 3 = 4 → artinya: 12 dibagi menjadi 3 bagian, tiap bagian berisi 4.

Jadi:

12 ÷ 3 = 4 karena 3 × 4 = 12


🔁 Hubungan Perkalian dan Pembagian:

Perkalian Pembagian
3 × 4 = 12 12 ÷ 4 = 3 atau 12 ÷ 3 = 4
5 × 2 = 10 10 ÷ 2 = 5 atau 10 ÷ 5 = 2
6 × 3 = 18 18 ÷ 3 = 6 atau 18 ÷ 6 = 3

✅ Contoh Soal dan Penjelasan:

  1. Perkalian:

    4 × 5 = 20
    Pembagian:
    20 ÷ 5 = 4
    20 ÷ 4 = 5

  2. Soal Cerita:
    Ibu memiliki 15 apel. Apel itu akan dimasukkan ke dalam 5 kantong sama banyak.
    Berapa apel di tiap kantong?
    Jawab:
    15 ÷ 5 = 3
    (Karena 5 × 3 = 15)                              ✍️ Latihan Soal:

A. Lengkapi pembagian di bawah ini dengan benar:

  1. 16 ÷ 4 = ___

  2. 24 ÷ 6 = ___

  3. 18 ÷ ___ = 6

  4. ___ ÷ 5 = 7

  5. 36 ÷ 9 = ___

B. Lengkapi dengan perkalian yang sesuai:

  1. 20 ÷ 4 = 5 → karena ___ × ___ = ___

  2. 12 ÷ 3 = 4 → karena ___ × ___ = ___

  3. 42 ÷ 6 = 7 → karena ___ × ___ = ___


Mapel : pendidikan pancasila 

Tujuan pembelajaran : Sumatif harian ke 3
Media pembelajaran : soal sumatif harian 3
Metode pembelajaran : mengerjskan secara individu 

Soal ulangan harian pendidikan pancasila ke 3

Soal Pilihan Ganda (10 Soal)

Materi Hak dan Kewajiban di Rumah, Sekolah, dan Lingkungan


1. Di rumah, seorang anak memiliki hak untuk...

A. Memarahi orang tua
B. Mendapat kasih sayang dan perlindungan
C. Tidak membantu pekerjaan rumah
D. Meninggalkan rumah tanpa izin



2. Contoh kewajiban anak di rumah adalah...

A. Menuntut diberi hadiah setiap hari
B. Membantu orang tua membersihkan rumah
C. Bermain seharian tanpa peduli tugas
D. Memerintah adik-adiknya



3. Di sekolah, kita berhak untuk...

A. Menyuruh teman mengerjakan PR
B. Mengganggu teman saat belajar
C. Mendapatkan pelajaran dan bimbingan dari guru
D. Datang terlambat setiap hari


4. Salah satu kewajiban siswa di sekolah adalah..

A. Tidak peduli dengan kebersihan kelas
B. Membantu guru menyontek
C. Mengikuti pelajaran dengan tertib
D. Mengobrol saat guru menjelaskan



5. Contoh hak kita di lingkungan masyarakat adalah...

A. Menggunakan fasilitas umum dengan semaunya
B. Mendapatkan lingkungan yang bersih dan aman
C. Membuang sampah sembarangan
D. Melanggar aturan RT/RW



6. Contoh kewajiban di lingkungan adalah...

A. Ikut serta menjaga kebersihan lingkungan
B. Membiarkan selokan tersumbat
C. Merusak tanaman tetangga
D. Membuat suara bising di malam hari


7. Jika kita sakit, kita tetap memiliki hak untuk...

A. Dimarahi orang tua
B. Tidak diberi makan
C. Mendapatkan perawatan dan perhatian
D. Tidak minum obat



8. Bila ada kerja bakti di lingkungan, kewajiban kita adalah...

A. Menonton saja
B. Bersembunyi di rumah
C. Turut serta membantu
D. Pergi liburan



9. Bila teman kita diejek, maka kewajiban kita adalah...

A. Ikut mengejek
B. Diam saja
C. Membela dan menasihati yang mengejek
D. Tertawa melihatnya



10. Hak dan kewajiban harus dijalankan secara...

A. Tergantung suasana hati
B. Sepihak
C. Seimbang dan bertanggung jawab
D. Jika sedang ingin saja


Soal Uraian Isian (5 Soal)



1. Sebutkan dua contoh kewajiban anak di rumah? 



2. Apa yang dimaksud dengan hak?

3. Sebutkan satu contoh hak dan satu contoh kewajiban di sekolah!


4. Mengapa kita harus menjaga lingkungan tetap bersih?


5. Apa yang terjadi jika kita hanya menuntut hak tanpa melaksanakan kewajiban?*

Kesimpulan dan refleksi hari ini Alhamdulillah kegiatan hari ini berjalan dengan lancar , murid bersemangat bersekolah hari ini. Alhamdulillah seluruh siswa masuk 

Alhamdulillah siswa bersemangat belajar  mapel Matematika materi konsep pembagian 

Dilanjutkan sholih sholihah mengerjakan sumatif harian pendidikan pancasila ke 3

Sholih sholihah mengerjakan latihan soal soal Asesmen 

Alhamdulillah kegiatan pembelajaran berjalan dengan baik dan lancar. 

Berikut dokumentasi kegiatan hari ini :



0 komentar:

Posting Komentar