KELAS III . B
GURU KELAS : Fuji lestari, S. Pd
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, segala puji hanya milik Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat sehat, iman, dan kesempatan untuk berkumpul kembali di hari kedua sekolah ini. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat, dan kita semua sebagai umatnya. Aamiin ya Rabbal ‘alamin.
Anak-anak yang sholeh dan sholehah,
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga semuanya sehat dan semangat ya!
Hari ini kita sudah belajar seperti biasakalian. semoga kalian semakin semangat belajar, berteman dengan baik, dan menunjukkan akhlak yang mulia. Ingatlah, anak-anak, bahwa menuntut ilmu adalah ibadah. Rasulullah SAW bersabda:
"Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap Muslim." (HR. Ibnu Majah)
Jadi, mari kita awali hari ini dengan niat yang baik, semangat belajar, dan tidak lupa berdoa. Semoga Allah SWT memberikan kita ilmu yang bermanfaat dan hati yang selalu bersyukur.
Selamat belajar, anak-anak hebat! Semoga hari ini menjadi hari yang penuh kebaikan dan keberkahan
Perkalian adalah penjumlahan berulang.
Contoh:
3 × 4 = 12 → artinya: 3 + 3 + 3 + 3 = 12 (sebanyak 4 kali)
Pembagian adalah kebalikan dari perkalian.
Contoh:
12 ÷ 3 = 4 → artinya: 12 dibagi menjadi 3 bagian, tiap bagian berisi 4.
Jadi:
12 ÷ 3 = 4 karena 3 × 4 = 12
🔁 Hubungan Perkalian dan Pembagian:
| Perkalian | Pembagian |
|---|---|
| 3 × 4 = 12 | 12 ÷ 4 = 3 atau 12 ÷ 3 = 4 |
| 5 × 2 = 10 | 10 ÷ 2 = 5 atau 10 ÷ 5 = 2 |
| 6 × 3 = 18 | 18 ÷ 3 = 6 atau 18 ÷ 6 = 3 |
✅ Contoh Soal dan Penjelasan:
-
Perkalian:
4 × 5 = 20
Pembagian:
20 ÷ 5 = 4
20 ÷ 4 = 5 -
Soal Cerita:
Ibu memiliki 15 apel. Apel itu akan dimasukkan ke dalam 5 kantong sama banyak.
Berapa apel di tiap kantong?
Jawab:
15 ÷ 5 = 3
(Karena 5 × 3 = 15) ✍️ Latihan Soal:
A. Lengkapi pembagian di bawah ini dengan benar:
-
16 ÷ 4 = ___
-
24 ÷ 6 = ___
-
18 ÷ ___ = 6
-
___ ÷ 5 = 7
-
36 ÷ 9 = ___
B. Lengkapi dengan perkalian yang sesuai:
-
20 ÷ 4 = 5 → karena ___ × ___ = ___
-
12 ÷ 3 = 4 → karena ___ × ___ = ___
-
42 ÷ 6 = 7 → karena ___ × ___ = ___
Kesimpulan dan refleksi hari ini Alhamdulillah kegiatan hari ini berjalan dengan lancar , murid bersemangat bersekolah hari ini. Alhamdulillah seluruh siswa masuk
Alhamdulillah siswa bersemangat belajar mapel Matematika materi konsep pembagian
Dilanjutkan sholih sholihah mengerjakan sumatif harian pendidikan pancasila ke 3
Sholih sholihah mengerjakan latihan soal soal Asesmen
Alhamdulillah kegiatan pembelajaran berjalan dengan baik dan lancar.
Berikut dokumentasi kegiatan hari ini :
0 komentar:
Posting Komentar