Senin, 8 September 2025


   

Hari Senin ,08 September 2025

KELAS III . B

GURU KELAS : Fuji lestari, S. Pd

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, segala puji hanya milik Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat sehat, iman, dan kesempatan untuk berkumpul kembali di hari kedua sekolah ini. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat, dan kita semua sebagai umatnya. Aamiin ya Rabbal ‘alamin.

Anak-anak yang sholeh dan sholehah,
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga semuanya sehat dan semangat ya!

Hari ini kita sudah belajar seperti biasakalian. semoga kalian semakin semangat belajar, berteman dengan baik, dan menunjukkan akhlak yang mulia. Ingatlah, anak-anak, bahwa menuntut ilmu adalah ibadah. Rasulullah SAW bersabda:
"Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap Muslim." (HR. Ibnu Majah)

Jadi, mari kita awali hari ini dengan niat yang baik, semangat belajar, dan tidak lupa berdoa. Semoga Allah SWT memberikan kita ilmu yang bermanfaat dan hati yang selalu bersyukur.

Selamat belajar, anak-anak hebat! Semoga hari ini menjadi hari yang penuh kebaikan dan keberkahan.

Mapel : Matematika 

Tujuan pembelajaran :  murid dapat melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah melaui soal cerita 

Media pembelajaran : 

PowerPoint / Video Animasi

  • Menampilkan cerita bergambar atau video sederhana yang menggambarkan aktivitas belanja.

  • Bisa digunakan untuk menjelaskan konsep secara menarik.

 Metode pembelajaran : Media Diskusi Kelompok Kecil

  • Siswa menyelesaikan soal cerita secara berkelompok.

  • Mendorong kerja sama dan pemahaman bersama.

3. Problem Based Learning (PBL)

  • Guru menyajikan masalah nyata (misalnya "Bagaimana cara Rani membelanjakan Rp20.000 agar cukup membeli dua barang?")

  • Siswa mencari solusi melalui diskusi

Latihan soal 
1.Ibu memberi Dina uang sebesar Rp10.000 untuk membeli jajanan di sekolah. Saat di sekolah, Dina juga diberi uang jajan tambahan oleh ayahnya sebesar Rp5.000.

Berapa jumlah uang yang dimiliki Dina sekarang?

2.Andi membeli sebuah buku tulis seharga Rp7.000 dan sebuah pensil seharga Rp3.000.
Berapa total uang yang dikeluarkan Andi untuk belanja?

3.Rina membeli es krim seharga Rp6.500 dan membeli roti seharga Rp4.000.
Berapa jumlah uang yang Rina keluarkan?

4.Budi membawa uang Rp15.000 ke warung. Ia membeli susu seharga Rp8.000 dan biskuit seharga Rp6.000.
Berapa total uang yang dibelanjakan Budi?

5.Tina ingin membeli alat tulis. Ia membeli penghapus seharga Rp2.500 dan pensil warna seharga Rp10.000.
Berapa jumlah uang yang dibelanjakan Tina?

6.Doni membawa uang Rp20.000 ke sekolah. Ia membeli minuman seharga Rp8.000.
Berapa sisa uang Doni sekarang?

7.Siska memiliki uang Rp15.000. Ia membeli satu pensil seharga Rp5.500.
Berapa uang Siska yang tersisa?

8.Ibu memberikan uang Rp25.000 kepada Riko. Ia membeli mainan seharga Rp17.000.
Berapa sisa uang Riko setelah membeli mainan?

9.Rani membawa uang Rp10.000 ke kantin. Ia membeli donat seharga Rp3.500.
Berapa sisa uang Rani?

10.Andra memiliki uang Rp50.000. Ia membeli buku cerita seharga Rp32.000.
Berapa sisa uang Andra setelah membeli buku?



Mapel : seni rupa 
Tujuan pembelajaran : murid dapat menjelaskan gambar cerita 
Media pembelajaran : 
  1. Buku Cerita Bergambar:
    Gabungkan teks naratif dengan ilustrasi yang menarik untuk membantu siswa memahami cerita dan konsep abstrak secara menyenangkan. 2. Komik Edukatif:
  2. Buat komik dengan panel-panel gambar yang menggambarkan aksi dan dialog karakter untuk menyampaikan informasi secara visual dan interaktif. 

Metode pembelajaran : Metode Picture and Picture
: Guru menyajikan beberapa gambar yang berkaitan dengan materi, kemudian siswa diminta mengurutkan gambar tersebut secara berurutan untuk memahami konsepnya. 


Mengenal gambar cerita 
Gambar cerita merupakan gambar yang menceritakan tentang sesuatu kisah atau cerita cerita tersebut telah disusun sesuai dengan tokoh, alur, setting maupun Amanat atau pesan cerita. 

Fungsi gambar cerita
Gambar cerita memiliki beberapa fungsi diantaranya seperti berikut
a. Lebih mudah dalam memahami cerita B memberikan kesan yang berbeda C memiliki seni visual bagi para pembaca D membangkitkan emosi para pembaca
2. Ciri-ciri ciri gambar cerita 
Terdapat beberapa ciri-ciri gambar cerita antara lain sebagai berikut
a. Gambar lebih dominan
Membuat gambar cerita Sebenarnya cukup mudah karena tidak perlu memikirkan kata-kata panjang titik gambar cerita lebih banyak menampilkan gambar daripada teks yang ditampilkan harus ringkas padat dan jelas. 
b. Gambar menceritakan suatu peristiwa
Gambar harus menciptakan runtutan peristiwa dengan baik dengan teks yang singkat kamu harus dapat menyampaikan pesan tersebut lewat gambar 
C. Bahasa mudah dipahami
Penggunaan dalam gambar cerita harus mudah dipahami paling mudah menggunakan kosakata percakapan sehari-hari kamu juga dapat menyisipkan dialog dengan balon kata agar lebih menarik

3. Jenis gambar cerita berikut beberapa jenis gambar cerita yang dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari

Kesimpulan dan Refleksi kegiatan hari ini 

Alhamdulillah kegiatan hari ini berjalan dengan lancar , murid bersemangat bersekolah hari ini ada 5 siswa yang tidak hadir kelas 3B

Alhamdulillah siswa bersemangat dalam mengerjakan soal cerita penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah. 

Dilanjutkan sholih sholihah mendengarkan penjelasan ibu guru seni rupa materi cerita bergambar. 

Sholih sholihah membuat cerita bergambar. 

Alhamdulillah kegiatan pembelajaran berjalan dengan baik dan lancar. 

Berikut dokumentasi kegiatan hari ini : 


0 komentar:

Posting Komentar