Kamis, 23 Oktober 2025


   

Hari Kamis, 23 Oktober 2025.

KELAS III . B

GURU KELAS : Fuji lestari, S. Pd

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, segala puji hanya milik Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat sehat, iman, dan kesempatan untuk berkumpul kembali di hari kedua sekolah ini. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat, dan kita semua sebagai umatnya. Aamiin ya Rabbal ‘alamin.

Anak-anak yang sholeh dan sholehah,
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga semuanya sehat dan semangat ya!

Hari ini kita sudah belajar seperti biasakalian. semoga kalian semakin semangat belajar, berteman dengan baik, dan menunjukkan akhlak yang mulia. Ingatlah, anak-anak, bahwa menuntut ilmu adalah ibadah. Rasulullah SAW bersabda:
"Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap Muslim." (HR. Ibnu Majah)

Jadi, mari kita awali hari ini dengan niat yang baik, semangat belajar, dan tidak lupa berdoa. Semoga Allah SWT memberikan kita ilmu yang bermanfaat dan hati yang selalu bersyukur.

Selamat belajar, anak-anak hebat! Semoga hari ini menjadi hari yang penuh kebaikan dan keberkahan

 Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran, siswa diharapkan dapat:

  1. Menyebutkan macam-macam wujud zat (padat, cair, gas) dengan benar.

  2. Mengidentifikasi ciri-ciri masing-masing wujud zat melalui contoh di sekitar mereka.

  3. Mengelompokkan benda berdasarkan wujud zatnya secara tepat.

  4. Menjelaskan perubahan wujud zat sederhana (mencair, membeku, menguap) melalui pengamatan.         Media Pembelajaran

Media yang digunakan antara lain:

  • Benda konkret: es batu, air, balon berisi udara, kelereng, minyak, dll.

  • Gambar atau poster wujud zat.

  • Video animasi pendek tentang wujud zat dan perubahannya.

  • Kartu gambar untuk kegiatan pengelompokan.

  • Lembar kerja siswa (LKS).                 3. Metode Pembelajaran

  • Ceramah interaktif (penjelasan guru disertai tanya jawab).

  • Demonstrasi (contoh perubahan wujud zat: es mencair, air mendidih).

  • Diskusi kelompok kecil (mengelompokkan benda berdasarkan wujudnya).                      Materi Pembelajaran

Materi pokok:

a. Macam-macam Wujud Zat

  1. Padat

    • Ciri: bentuk tetap, volume tetap.

    • Contoh: batu, kayu, kelereng.

  2. Cair

    • Ciri: bentuk mengikuti wadah, volume tetap.

    • Contoh: air, susu, minyak.

  3. Gas

    • Ciri: bentuk dan volume tidak tetap.

    • Contoh: udara, asap, uap air.

🥰b. Perubahan Wujud Zat (pengantar)

  • Mencair: padat → cair (es batu meleleh)

  • Membeku: cair → padat (air menjadi es)

  • Menguap: cair → gas (air dipanaskan jadi uap)

Materi: Macam-macam Wujud Zat

A. Pengertian Zat

Zat adalah segala sesuatu yang menempati ruang dan memiliki massa (berat). Semua benda yang ada di sekitar kita adalah zat.

B. Macam-macam Wujud Zat

Zat dibagi menjadi tiga wujud, yaitu:1. Zat Padat

Ciri-ciri:

  • Bentuk tetap

  • Volume tetap

  • Tidak mengikuti bentuk wadah

Contoh:

  • Batu

  • Buku

  • Pensil

  • Meja

  • Kelereng

🧠 Contoh kegiatan: Menyentuh benda padat seperti kelereng dan buku.                  2. Zat Cair

Ciri-ciri:

  • Bentuk berubah-ubah mengikuti bentuk wadah

  • Volume tetap

  • Mengalir dari tempat tinggi ke tempat rendah

Contoh:

  • Air

  • Susu

  • Minyak goreng

  • Sirup

🧠 Contoh kegiatan: Menuangkan air ke dalam gelas, botol, dan mangkuk lalu amati bentuknya.                                                       3. Zat Gas

Ciri-ciri:

  • Tidak memiliki bentuk tetap

  • Tidak memiliki volume tetap

  • Mengisi seluruh ruang dalam wadah

Contoh:

  • Udara

  • Uap air

  • Asap

  • Gas dalam balon

🧠 Contoh kegiatan: Meniup balon dan melihat balon menjadi mengembang karena udara.

C. Perubahan Wujud Zat (pengantar sederhana)

Beberapa zat dapat berubah wujud jika dipanaskan atau didinginkan.

Perubahan Wujud Penjelasan Contoh
Mencair Padat → Cair Es batu yang meleleh
Membeku Cair → Padat Air dimasukkan ke freezer menjadi es
Menguap Cair → Gas Air dipanaskan menjadi uap air
🧩 Mari Kita Ingat!
  • Zat ada tiga: padat, cair, dan gas.

  • Setiap zat memiliki ciri-ciri yang berbeda.

  • Kita bisa menemukan contoh semua wujud zat di sekitar kita!            Latihan Soal Sederhana

1. Sebutkan 3 contoh zat padat!
2. Apa ciri-ciri zat cair?
3. Apa yang terjadi jika es dibiarkan di luar kulkas?
4. Sebutkan satu contoh perubahan zat cair menjadi gas. 


Mapel :  Bahasa Indonesia 

Tujuan pembelajaran : murid dapat mengerjakan soal formatif secara benar 

Media pembelajaran : Soal latihan profesi 

Metode pembelajaran : tanya jawab, mengerjakan secara Individu 

Soal Pilihan Ganda – Tema: Profesi Kelas 3 

1. Orang yang bertugas mengobati orang sakit disebut …

A. Guru
B. Petani
C. Dokter
D. Polisi

2. Pekerjaan seorang guru adalah …

A. Menyembuhkan pasien
B. Menanam padi
C. Menjaga keamanan
D. Mengajar murid di sekolah

3. Petani biasanya bekerja di …

A. Sekolah
B. Rumah sakit
C. Sawah
D. Kantor polisi

4. Polisi bertugas untuk …

A. Mengajar murid
B. Menanam sayur
C. Menjaga keamanan dan ketertiban
D. Memasak makanan

5. Profesi yang bertugas membuat makanan di restoran adalah …

A. Dokter
B. Guru
C. Petani
D. Koki

6. Ibu Sinta bekerja merawat orang sakit. Maka profesi Ibu Sinta adalah …

A. Perawat
B. Koki
C. Pedagang
D. Montir

7. Ayah Budi adalah seorang nelayan. Setiap hari ia pergi ke …

A. Hutan
B. Laut
C. Pasar
D. Kantor

8. Profesi yang bertugas memperbaiki kendaraan adalah …

A. Dokter
B. Guru
C. Montir
D. Polisi

9. Orang yang menjual barang di pasar disebut …

A. Pedagang
B. Petani
C. Koki
D. Nelayan

10. Profesi yang bertugas menulis berita dan melaporkannya adalah …

A. Dokter
B. Wartawan
C. Perawat
D. Sopir

Kesimpulan dan refleksi hari ini Alhamdulillah kegiatan hari ini berjalan dengan lancar , murid bersemangat bersekolah hari ini

Alhamdulillah siswa bersemangat mempelajari macam macam zat 

Dilanjutkan sholih sholihah tugas Assesmen bahasa Indonesia 

Alhamdulillah kegiatan pembelajaran berjalan dengan baik dan lancar. 

Berikut dokumentasi kegiatan hari ini 




0 komentar:

Posting Komentar