Selasa, 07 Oktober 2025


   

Hari Selasa, 07 Oktober 2025

KELAS III . B

GURU KELAS : Fuji lestari, S. Pd

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, segala puji hanya milik Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat sehat, iman, dan kesempatan untuk berkumpul kembali di hari kedua sekolah ini. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat, dan kita semua sebagai umatnya. Aamiin ya Rabbal ‘alamin.

Anak-anak yang sholeh dan sholehah,
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga semuanya sehat dan semangat ya!

Hari ini kita sudah belajar seperti biasakalian. semoga kalian semakin semangat belajar, berteman dengan baik, dan menunjukkan akhlak yang mulia. Ingatlah, anak-anak, bahwa menuntut ilmu adalah ibadah. Rasulullah SAW bersabda:
"Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap Muslim." (HR. Ibnu Majah)

Jadi, mari kita awali hari ini dengan niat yang baik, semangat belajar, dan tidak lupa berdoa. Semoga Allah SWT memberikan kita ilmu yang bermanfaat dan hati yang selalu bersyukur.

Selamat belajar, anak-anak hebat! Semoga hari ini menjadi hari yang penuh kebaikan dan keberkahan

Mapel Matematika 

Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran, siswa diharapkan dapat

  1. Menyelesaikan soal-soal pembagian sederhana dengan menggunakan metode pengurangan berulang.

  2. Menunjukkan sikap teliti dan sabar dalam menyelesaikan soal pembagian.


🎨 Media Pembelajaran

Media yang digunakan untuk membantu pemahaman:

  • Papan tulis atau whiteboard

  • Kartu bilangan

  • Kancing, batu kecil, atau benda konkret lainnya (manipulatif)

  • Lembar kerja siswa (LKS)

  • Video pendek atau animasi sederhana (jika tersedia)


🧩 Metode Pembelajaran

Metode yang digunakan:

  1. Ceramah interaktif – Guru menjelaskan konsep dengan melibatkan siswa melalui pertanyaan.

  2. Demonstrasi – Guru menunjukkan pembagian sebagai pengurangan berulang menggunakan benda konkret.

  3. Diskusi kelompok kecil – Siswa bekerja sama menyelesaikan soal dengan metode pengurangan berulang.

  4. Latihan soal mandiri – Siswa mengerjakan soal pada LKS untuk menguji pemahaman mereka.


Materi Pembelajaran: Pembagian sebagai Pengurangan Berulang.     Pengantar Konsep:

  • Pembagian dapat dipahami sebagai pengurangan yang dilakukan berulang kali sampai habis.

  • Contoh:

    12 ÷ 3 = ?
    Kita kurangi 12 dengan 3 secara berulang:

    • 12 - 3 = 9 (1 kali)

    • 9 - 3 = 6 (2 kali)

    • 6 - 3 = 3 (3 kali)

    • 3 - 3 = 0 (4 kali)
      Jadi, 12 ÷ 3 = 4               Langkah-langkah Menggunakan Pengurangan Berulang:

  1. Tentukan bilangan yang akan dibagi (dividen) dan pembaginya (divisor).

  2. Kurangi dividen dengan pembagi secara berulang.

  3. Hitung berapa kali pengurangan dilakukan hingga hasilnya nol.

  4. Jumlah pengurangan tersebut adalah hasil bagi.                       Contoh Soal:

  1. 15 ÷ 5 = ?

    • 15 - 5 = 10 (1)

    • 10 - 5 = 5 (2)

    • 5 - 5 = 0 (3)

    • Jadi, 15 ÷ 5 = 3

  2. 20 ÷ 4 = ?

    • 20 - 4 = 16 (1)

    • 16 - 4 = 12 (2)

    • 12 - 4 = 8 (3)

    • 8 - 4 = 4 (4)

    • 4 - 4 = 0 (5)

    • Jadi, 20 ÷ 4 = 5

Soal: Pembagian sebagai Pengurangan Berulang

Petunjuk: Kurangi bilangan yang dibagi (dividen) dengan angka pembagi (divisor) secara berulang sampai hasilnya 0. Hitung berapa kali kamu menguranginya. Jumlah pengurangan itulah hasil bagi.

1. 12 ÷ 3 = ....

2. 20 ÷ 5 = ....

3.16 ÷ 4 = ....

4.18 ÷ 6 = ....

5.24 ÷ 8 = ....

6.15 ÷ 3 = ....

7.21 ÷ 7 = ....

8.10 ÷ 2 = ....

9.30 ÷ 5 = ....

10.9 ÷ 3 = ....

Mapel : Seni Rupa 

"Aturan di Sekolahku"

TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah mengikuti pembelajaran, siswa diharapkan dapat:Menunjukkan sikap disiplin dan tanggung jawab dalam mengikuti aturan di sekolah.

1.Melatih siswa memahami dan mendiskusikan aturan di sekolah serta mengembangkan sikap tanggung jawab dan kerja sama.Memberi contoh perilaku yang sesuai dan tidak sesuai dengan aturan sekolah.                                        MEDIA PEMBELAJARAN

Media yang digunakan:

  • Gambar poster "Aturan Sekolah"

  • Video pendek tentang kehidupan di sekolah

  • Kartu bergambar (perilaku sesuai dan tidak sesuai aturan)

  • Lembar kerja siswa (LKS)        METODE PEMBELAJARAN

  1. Diskusi kelompok kecil – Siswa mencari contoh aturan dan akibat melanggarnya.

  2. Bernyanyi/lomba kecil – Lagu tentang kedisiplinan atau permainan edukatif.


📘 MATERI PEMBELAJARAN: "Aturan di Sekolahku"


A. Pengertian Aturan Sekolah

  • Aturan sekolah adalah ketentuan yang harus dipatuhi oleh semua warga sekolah agar kegiatan belajar berjalan tertib dan nyaman.


B. Contoh Aturan di Sekolah

Kegiatan Aturan yang Berlaku
Masuk kelas Masuk tepat waktu, berbaris dengan rapi
Belajar Mendengarkan guru, tidak ribut
Istirahat Tidak berkelahi, menjaga kebersihan
Di kantin Antre dengan tertib
Upacara Berdiri tegak, sikap hormat
Menggunakan fasilitas Tidak merusak bangku, meja, mainan, dll

C. Pentingnya Mematuhi Aturan

  • Agar sekolah menjadi tempat yang aman dan nyaman.

  • Melatih kedisiplinan sejak dini.

  • Menghindari konflik antar teman.

  • Menjadi anak yang bertanggung jawab.                                                    D. Contoh Perilaku yang Sesuai dan Tidak Sesuai Aturan

✅ Sesuai aturan:

  • Membuang sampah di tempatnya

  • Mengangkat tangan saat ingin bicara

  • Datang ke sekolah tepat waktu

❌ Tidak sesuai aturan:

  • Berteriak di kelas

  • Bermain saat guru menerangkan

  • Membuang sampah sembarangan

 Tugas Diskusi Kelompok: Aturan di Sekolahku

Kelas: 3 SD
Mapel : Aturan di Sekolahku
Tujuan: Melatih siswa memahami dan mendiskusikan aturan di sekolah serta mengembangkan sikap tanggung jawab dan kerja sama.


📌 Petunjuk Tugas:

  1. Kalian akan dibagi menjadi beberapa kelompok kecil (3–5 siswa per kelompok).

  2. Diskusikan bersama teman-teman kelompok kalian mengenai:

    • Aturan yang berlaku di sekolah.

    • Mengapa aturan itu penting.

    • Apa akibat jika aturan tidak dipatuhi.

    • Contoh perilaku yang sesuai dan tidak sesuai dengan aturan.

  3. Catat hasil diskusi kalian di kertas yang disediakan (atau buku tugas).

  4. Pilih satu anggota kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.


📋 Panduan Diskusi:

Gunakan tabel berikut untuk membantu diskusi kelompok kalian:

No. Aturan di Sekolah Alasan Aturan Itu Penting Akibat Jika Melanggar Contoh Perilaku
1 Datang ke sekolah tepat waktu Agar tidak ketinggalan pelajaran Dimarahi guru, ketinggalan pelajaran Datang jam 06.45
2 Tidak berteriak di kelas Agar suasana belajar tenang Teman terganggu, guru marah Diam saat guru menjelaskan
3 Membuang sampah di tempatnya Agar sekolah tetap bersih Sekolah kotor dan bau Membuang sampah di tempatnya
... ... ... ... ...

Tujuan Diskusi:

  • Melatih siswa berpikir kritis dan bekerja sama dalam kelompok.

  • Menanamkan nilai disiplin, tanggung jawab, dan kepedulian terhadap lingkungan sekolah.                           📝 Penilaian (Opsional untuk Guru):

Kriteria Skor Maksimal
Kerja sama dalam kelompok 25
Kelengkapan hasil diskusi 25
Pemahaman saat presentasi 25
Sikap saat diskusi (aktif/sopan) 25
Total

Kesimpulan dan refleksi hari ini Alhamdulillah kegiatan hari ini berjalan dengan lancar , murid bersemangat bersekolah hari ini, ada 1 siswa yg tidak masuk sekolah

Alhamdulillah siswa bersemangat mempelajari pembagian sebagai pengulangan berkurang 

Dilanjutkan sholih sholihah diskusi kelompok materi aturan di sekolahku 

Alhamdulillah kegiatan pembelajaran berjalan dengan baik dan lancar. 

Berikut dokumentasi kegiatan hari ini :


100


0 komentar:

Posting Komentar