Senin, 20 Oktober 2025


   

Hari Senin, 20 Oktober 2025.

KELAS III . B

GURU KELAS : Fuji lestari, S. Pd

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, segala puji hanya milik Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat sehat, iman, dan kesempatan untuk berkumpul kembali di hari kedua sekolah ini. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat, dan kita semua sebagai umatnya. Aamiin ya Rabbal ‘alamin.

Anak-anak yang sholeh dan sholehah,
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga semuanya sehat dan semangat ya!

Hari ini kita sudah belajar seperti biasakalian. semoga kalian semakin semangat belajar, berteman dengan baik, dan menunjukkan akhlak yang mulia. Ingatlah, anak-anak, bahwa menuntut ilmu adalah ibadah. Rasulullah SAW bersabda:
"Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap Muslim." (HR. Ibnu Majah)

Jadi, mari kita awali hari ini dengan niat yang baik, semangat belajar, dan tidak lupa berdoa. Semoga Allah SWT memberikan kita ilmu yang bermanfaat dan hati yang selalu bersyukur.

Selamat belajar, anak-anak hebat! Semoga hari ini menjadi hari yang penuh kebaikan dan keberkahan

Pembagian sebagai Kebalikan dari Perkalian


Tujuan Pembelajaran:
Siswa dapat memahami bahwa pembagian adalah kebalikan dari perkalian, dan dapat menyelesaikan soal pembagian dengan menggunakan konsep perkalian.

Media pembelajaran :Papan tulis dan spidol – untuk menulis soal dan penjelasan.

  • Benda konkret (manik-manik, kancing, batu kecil, stik es krim) – untuk membagi secara langsung dalam kelompok.

  • Lembar kerja siswa – berisi soal dan latihan.

  • Tabel perkalian – sebagai alat bantu mengerjakan pembagian.                               Metode pembelajara                                     

  • Metode Pembelajaran

    1. Ceramah interaktif
      Guru menjelaskan konsep sambil bertanya-jawab dengan siswa.

    2. Demonstrasi langsung
      Guru membagi benda nyata (contoh: 12 kancing dibagi ke 4 kotak) agar siswa melihat secara konkret.

    3. Diskusi kelompok kecil
      Siswa bekerja dalam kelompok kecil untuk menyelesaikan soal menggunakan benda konkret.

    4. Latihan soal individual
      Siswa mengerjakan soal pembagian yang dikaitkan dengan perkalian di lembar kerja.

    5. Permainan edukatif
      Misalnya: “Pasangkan perkalian dan pembagiannya” menggunakan kartu bilangan atau papan flanel.

  • 1. ๐Ÿ“— Pengertian Dasar

  • A. Perkalian

    Perkalian adalah penjumlahan berulang.
    Contoh:
    3 × 4 artinya 4 + 4 + 4 = 12

    B. Pembagian

    Pembagian adalah kebalikan dari perkalian.
    Contoh:
    Jika 3 × 4 = 12, maka:
    ✅ 12 ÷ 4 = 3
    ✅ 12 ÷ 3 = 4

    Artinya, kita mencari berapa kali suatu bilangan bisa dimasukkan ke dalam bilangan lain.


    2. ๐Ÿ“™ Hubungan Perkalian dan Pembagian

    Kita bisa membuat 3 kalimat matematika dari satu hubungan bilangan.

    Contoh:

    4 × 5 = 20
    Maka:
    ✅ 20 ÷ 5 = 4
    ✅ 20 ÷ 4 = 5

    Ingat:
    Jika a × b = c, maka:

    • c ÷ a = b

    • c ÷ b = a


    3. ๐Ÿ“• Contoh Soal dan Penjelasan

    Contoh 1

    Ibu punya 18 kue. Kue itu dibagikan kepada 6 anak secara merata.
    Berapa kue yang diterima setiap anak?
    ๐Ÿ‘‰ 18 ÷ 6 = ...
    Kita cari:
    6 × berapa = 18?
    Jawab: 6 × 3 = 18
    ✅ Jadi, 18 ÷ 6 = 3

    Contoh 2

    Sinta memiliki 28 permen. Ia ingin membaginya ke dalam 4 kotak.
    Berapa permen di setiap kotak?
    ๐Ÿ‘‰ 28 ÷ 4 = ...
    Cari:
    4 × ... = 28
    Jawab: 4 × 7 = 28
    ✅ Maka 28 ÷ 4 = 7


    4. ๐Ÿงฎ Latihan Soal

    A. Isilah titik-titik berikut dengan benar:

    1. 36 ÷ 6 = ...

    2. 15 ÷ 5 = ...

    3. 7 × 8 = 56 → 56 ÷ 8 = ...

    4. 9 × 4 = 36 → 36 ÷ 9 = ...

    5. 6 × 6 = 36 → 36 ÷ ... = 6

    B. Lengkapi dengan pasangan perkalian yang sesuai:

    1. 12 ÷ 3 = ... → Karena ... × ... = 12

    2. 45 ÷ 5 = ... → Karena ... × ... = 45

    3. 72 ÷ 8 = ... → Karena ... × ... = 72


    5. ๐ŸŸฉ Tips Menghafal Cepat

    • Hafalkan tabel perkalian dari 1 sampai 10

    • Gunakan jari tangan atau alat bantu jika belum hafal

    • Sering latihan dengan cara menebak pasangan perkalian
      Misalnya:
      "20 ÷ 4 = ?" ➝ pikirkan: "4 × berapapa? 


  • mapel : seni Rupa 

    A. Tujuan Pembelajaran

    Setelah mengikuti pembelajaran, siswa diharapkan dapat:

    1. Menjelaskan pengertian gambar dekoratif dengan bahasa sendiri.

    2. Mengenali unsur-unsur gambar dekoratif seperti bentuk, garis, dan warna.

    3. Membuat karya gambar dekoratif sederhana dengan tema tertentu (misalnya: tumbuhan, hewan, atau bentuk geometri).

    Media pembelajaran :
    1. Contoh gambar dekoratif (bisa dari buku, majalah, atau cetakan).

    2. Kertas gambar/A4 sebagai media berkarya siswa.

    3. Pensil, penghapus, penggaris – untuk menggambar awal.

    4. Pewarna (crayon, pensil warna, atau spidol).

    5. Video pendek atau slide PowerPoint yang menunjukkan proses pembuatan gambar dekoratif.

    6. Alat bantu visual seperti bentuk pola, motif, atau stensil sederhana (opsional).                                             C. Metode Pembelajaran

    1. Demonstrasi
      Guru menunjukkan contoh gambar dekoratif dan cara membuat pola dasar serta pewarnaan.

    2. Ceramah singkat interaktif
      Guru menjelaskan secara ringkas pengertian, ciri, dan contoh gambar dekoratif sambil bertanya jawab.

    3. Tanya jawab
      Untuk menggali pemahaman siswa tentang gambar dekoratif dan unsur seninya.

    4. Praktik langsung (learning by doing)
      Siswa membuat karya gambar dekoratif mereka sendiri sesuai tema yang diberikan.                                   ๐ŸŽจ   Materi: Membuat Karya Gambar Dekoratif Bertema Daun

    Pengertian Gambar Dekoratif

    Gambar dekoratif adalah gambar yang dibuat dengan tujuan menghias. Biasanya berupa bentuk yang diulang, dihias dengan garis dan warna agar menarik.

    Gambar dekoratif tidak harus mirip aslinya, tetapi tetap bisa dikenali.


    ๐ŸŒฟ Daun Sebagai Objek Dekoratif

    Daun memiliki bentuk yang beragam dan unik. Daun bisa dijadikan objek gambar dekoratif karena:

    • Bentuknya mudah dikenali

    • Bisa dihias dengan pola garis, titik, atau motif

    • Bisa dikreasikan dengan warna-warna cerah


    ✏️ Langkah-langkah Membuat Gambar Dekoratif Daun

    1. Siapkan alat dan bahan:
      Kertas gambar, pensil, penghapus, dan pewarna (krayon/spidol/pensil warna).

    2. Gambar bentuk dasar daun:
      Misalnya bentuk daun mangga, daun jambu, atau daun pepaya.

    3. Buat garis-garis pola di dalam daun:
      Tambahkan hiasan seperti garis lengkung, zig-zag, titik-titik, atau bentuk geometri kecil di dalam daun.

    4. Warnai daun dan hiasannya:
      Gunakan warna cerah dan kontras agar menarik.

    5. Beri latar belakang jika perlu:
      Tambahkan hiasan di sekitar daun (misalnya pola gelombang atau titik-titik).


    ๐Ÿ–ผ️ Contoh Gambar Dekoratif Daun

    Saya akan buatkan contoh sederhana berupa gambar dekoratif bertema daun. Berikut adalah deskripsi dan akan saya tampilkan gambarnya juga:

    Contoh 1: Daun dengan Pola Garis & Titik

    • Daun berbentuk lonjong (seperti daun mangga)

    • Di dalam daun ada garis-garis menyilang, zig-zag, dan titik-titik

    • Daun diwarnai dengan warna gradasi (hijau, kuning, biru)

    ๐Ÿ”ฝ Sedang menyiapkan gambar...

    Untuk melihat contoh gambar dekoratif bertema daun, kamu perlu login ke ChatGPT agar bisa melihat atau membuat gambar otomatis.2

    Naeun, kamu juga bisa menggambar sendiri dengan langkah ini:

    ✏️wwwwu waktu waktu Gambar Manu2wal Sederhana:

    1. Gambar bentuk daun lonjong (seperti wdaun mangga).

    2. Di bagian dalam daun, buat hiasan seperti ini:

      • Garis zigzag dari bawah ke atas

      • Titik-titik di antara garis

      • Garis lengkung mengikuti tepi daun

    3. Warnai bagian-bagian dalam pola dengan warna berbeda-beda (misalnya: hijau, kuning, merah, biru)

    4. Gunakan warna cerah agar tampak menarik dan dekoratif. 

    Kesimpulan dan refleksi hari ini Alhamdulillah kegiatan hari ini berjalan dengan lancar , murid bersemangat bersekolah hari ini, ada 4 siswa yg tidak masuk sekolah

    Alhamdulillah siswa bersemangat mempelajari pembagian sebagai perkalian berulang 

    Dilanjutkan sholih sholihah menggambar dekoratig 

    Alhamdulillah kegiatan pembelajaran berjalan dengan baik dan lancar. 

    Berikut dokumentasi kegiatan hari ini :


    0 komentar:

    Posting Komentar