Selasa, 21 Oktober 2025



 

   

Hari Selasa, 21 Oktober 2025.

KELAS III . B

GURU KELAS : Fuji lestari, S. Pd

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, segala puji hanya milik Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat sehat, iman, dan kesempatan untuk berkumpul kembali di hari kedua sekolah ini. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat, dan kita semua sebagai umatnya. Aamiin ya Rabbal ‘alamin.

Anak-anak yang sholeh dan sholehah,
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga semuanya sehat dan semangat ya!

Hari ini kita sudah belajar seperti biasakalian. semoga kalian semakin semangat belajar, berteman dengan baik, dan menunjukkan akhlak yang mulia. Ingatlah, anak-anak, bahwa menuntut ilmu adalah ibadah. Rasulullah SAW bersabda:
"Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap Muslim." (HR. Ibnu Majah)

Jadi, mari kita awali hari ini dengan niat yang baik, semangat belajar, dan tidak lupa berdoa. Semoga Allah SWT memberikan kita ilmu yang bermanfaat dan hati yang selalu bersyukur.

Selamat belajar, anak-anak hebat! Semoga hari ini menjadi hari yang penuh kebaikan dan keberkahan

 Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran, siswa diharapkan dapat:

  1. Memahami konsep pembagian sebagai kebalikan dari perkalian.

  2. Menyelesaikan soal pembagian sederhana dengan bantuan fakta perkalian.

  3. Menghubungkan operasi perkalian dan pembagian dalam kehidupan sehari-hari.

  4. Menyelesaikan soal-soal pembagian dengan angka hingga 100 secara tepat.                                                    🎨 Media Pembelajaran

  1. Papan tulis dan spidol/kapur

  2. Kartu perkalian dan pembagian

  3. Alat peraga konkret (kancing, lidi, biji-bijian, batu kecil)

  4. Lembar kerja siswa (LKS)

  5. Video animasi singkat tentang pembagian dan perkalian (opsional)

  6. Slide PowerPoint berisi gambar/ilustrasi pembagian             🧠 Metode Pembelajaran

  1. Ceramah interaktif: Menjelaskan hubungan antara perkalian dan pembagian.

  2. Diskusi kelompok kecil: Siswa mengerjakan soal bersama menggunakan alat peraga.

  3. Demonstrasi langsung: Mengelompokkan benda menjadi bagian-bagian yang sama.

  4. Latihan soal individu: Mengasah keterampilan siswa secara mandiri.

  5. Tanya jawab: Untuk mengecek pemahaman siswa terhadap materi.📝 Latihan Soal (15 Soal Pembagian Kelas 3 SD)

Petunjuk: Gunakan perkalian untuk membantu menyelesaikan pembagian di bawah ini.

  1. 12 ÷ 3 = ___

  2. 15 ÷ 5 = ___

  3. 18 ÷ 6 = ___

  4. 20 ÷ 4 = ___

  5. 30 ÷ 5 = ___

  6. 16 ÷ 4 = ___

  7. 9 ÷ 3 = ___

  8. 28 ÷ 7 = ___

  9. 24 ÷ 6 = ___

  10. 21 ÷ 3 = ___

  11. 36 ÷ 6 = ___

  12. 25 ÷ 5 = ___

  13. 27 ÷ 9 = ___

  14. 40 ÷ 8 = ___

  15. 32 ÷ 4 = ___

Mapel : Pendidikan pancasila           TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah mengikuti pembelajaran, siswa diharapkan dapat:

  1. Menjelaskan pengertian hak dan kewajiban di rumah.

  2. Mengidentifikasi contoh hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga..                                       MEDIA PEMBELAJARAN

  1. Gambar atau video pendek tentang kegiatan anak di rumah

  2. Kartu berisi contoh hak dan kewajiban                                    MODEL PEMBELAJARAN: PROJECT BASED LEARNING (PjBL)

Metode pembelajaran :

  1. Pertanyaan Mendasar (Start with a Driving Question)
    → "Apa saja hak dan kewajibanmu di rumah sebagai anak?"

  2. Perencanaan Proyek (Design a Plan for the Project)
    → Siswa diminta membuat poster atau cerita bergambar berisi hak dan kewajiban yang mereka lakukan di rumah.

  3. Penyusunan Jadwal (Create a Schedule)
    → Pembelajaran dibagi menjadi:

    • Hari 1: Diskusi dan pencatatan hak & kewajiban

    • Hari 2: Pengerjaan proyek

    • Hari 3: Presentasi dan refleksi 

    • LATIHAN SOAL

Petunjuk: Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!

Pilihan Ganda

  1. Hak seorang anak di rumah adalah...
    a. Mencuci piring
    b. Mendapat kasih sayang
    c. Menyapu rumah
    d. Merapikan tempat tidur

  2. Kewajiban seorang anak terhadap orang tua adalah...
    a. Minta dibelikan mainan
    b. Membantu orang tua
    c. Marah jika diminta belajar
    d. Bermain seharian

  3. Jika kamu bermain dan membuat berantakan, maka kewajibanmu adalah...
    a. Menyuruh adik membersihkannya
    b. Dibiarkan saja
    c. Meminta tolong ibu
    d. Merapikannya kembali

  4. Contoh hak di rumah adalah...
    a. Tidur di kamar
    b. Mencuci baju sendiri
    c. Menyapu halaman
    d. Membantu adik belajar

  5. Jika kamu tidak melaksanakan kewajiban, akibatnya adalah...
    a. Orang tua senang
    b. Rumah jadi rapi
    c. Orang tua marah
    d. Semuanya menjadi lebih baik


Isian Singkat

  1. Hak adalah sesuatu yang ____________ kita terima.

  2. Kewajiban adalah sesuatu yang ____________ kita lakukan.

  3. Contoh kewajiban di rumah: __________________________

  4. Contoh hak di rumah: _______________________________

  5. Jika semua anggota keluarga melaksanakan kewajiban, maka rumah akan menjadi _____________ dan _____________.                         Tugas Proyek

Buatlah poster berisi:

  • 3 contoh hakmu di rumah

  • 3 contoh kewajibanmu di rumah

  • Gambar yang sesuai

  • Judul: "Hak dan Kewajibanku di Rumah"

Kesimpulan dan refleksi hari ini Alhamdulillah kegiatan hari ini berjalan dengan lancar , murid bersemangat bersekolah hari ini, ada 1 siswa yg tidak masuk sekolah

Alhamdulillah siswa bersemangat mempelajari pembagian sebagai perkalian berulang 

Dilanjutkan sholih sholihah diskusi kelompok hak dan kewajiban 

Alhamdulillah kegiatan pembelajaran berjalan dengan baik dan lancar. 

Berikut dokumentasi kegiatan hari ini :


0 komentar:

Posting Komentar