Kamis, 30 Oktober 2025


   

Hari :  Kamis , 30 Oktober 2025.

KELAS III . B

GURU KELAS : Fuji lestari, S. Pd

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, segala puji hanya milik Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat sehat, iman, dan kesempatan untuk berkumpul kembali di hari kedua sekolah ini. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat, dan kita semua sebagai umatnya. Aamiin ya Rabbal ‘alamin.

Anak-anak yang sholeh dan sholehah,
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga semuanya sehat dan semangat ya!

Hari ini kita sudah belajar seperti biasakalian. semoga kalian semakin semangat belajar, berteman dengan baik, dan menunjukkan akhlak yang mulia. Ingatlah, anak-anak, bahwa menuntut ilmu adalah ibadah. Rasulullah SAW bersabda:
"Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap Muslim." (HR. Ibnu Majah)

Jadi, mari kita awali hari ini dengan niat yang baik, semangat belajar, dan tidak lupa berdoa. Semoga Allah SWT memberikan kita ilmu yang bermanfaat dan hati yang selalu bersyukur.

Selamat belajar, anak-anak hebat! Semoga hari ini menjadi hari yang penuh kebaikan dan keberkahan. 

Tujuan Pembelajaran

  1. Mengidentifikasi berbagai macam perubahan wujud zat (mencair, membeku, menguap, mengembun, menyublim).

  2. Menjelaskan contoh perubahan wujud zat dalam kehidupan sehari-hari.

  3. Melakukan percobaan sederhana untuk mengamati perubahan wujud zat.                                                        Metode Pembelajaran

  • Demonstrasi / Eksperimen sederhana:

    • Contoh:

      • Melelehkan es batu di bawah sinar matahari (mencair).

      • Menaruh air di freezer (membeku).

      • Memanaskan air di panci (menguap) 

  • Diskusi kelompok: siswa membahas hasil pengamatan percobaan.

  • Refleksi / Tanya jawab: siswa menyimpulkan perubahan wujud zat yang diamati.                                      🎥 Media Pembelajaran

  1. Benda konkret / alat dan bahan percobaan:

    • Es batu, air, panci kecil, lilin atau kompor listrik mini, wadah kaca, sendok logam, kapur barus.

  2. Gambar atau video perubahan wujud zat (bisa dari YouTube atau buku teks).

  3. Lembar kerja siswa (LKS) untuk mencatat hasil percobaan.

  4. Poster atau kartu wujud zat (padat–cair–gas)

  1. Materi Pembelajaran

  1. Pengertian wujud zat

    • Zat memiliki tiga wujud: padat, cair, dan gas.

    • Contoh: es (padat), air (cair), udara (gas).

  2. Perubahan wujud zat

    • Mencair: padat → cair (contoh: es menjadi air).

    • Membeku: cair → padat (contoh: air menjadi es).

    • Menguap: cair → gas (contoh: air mendidih menjadi uap).

    • Mengembun: gas → cair (contoh: embun di pagi hari).

    • Menyublim: padat → gas (contoh: kapur barus yang habis).

  3. Penyebab perubahan wujud

    • Pemanasan (penambahan panas).

    • Pendinginan (pengurangan panas).

  4. Penerapan dalam kehidupan sehari-hari :Membuat es batu, menjemur pakaian, melihat embun, memasak air, dll.                                                          Pengertian Zat dan Wujudnya

    Segala sesuatu yang ada di sekitar kita disebut zat.
    Zat memiliki bentuk dan sifat yang berbeda-beda.
    Ada tiga wujud zat, yaitu:

    1. Padat

      • Bentuk dan ukurannya tetap.

      • Contoh: batu, kayu, meja, es batu.

    2. Cair

      • Bentuknya berubah sesuai wadahnya.

      • Ukurannya tetap.

      • Contoh: air, minyak, susu.

    3. Gas

      • Tidak memiliki bentuk dan ukuran tetap.

      • Menyebar ke segala arah.

      • Contoh: udara, asap, uap air.


    🔥 2. Perubahan Wujud Zat

    Zat dapat berubah wujud karena pemanasan (ditambah panas) atau pendinginan (dikurangi panas).
    Berikut macam-macam perubahan wujud zat:

    a. Mencair

    Padat → Cair
    Terjadi karena benda padat dipanaskan.
    Contoh:

    • Es batu mencair menjadi air.

    • Lilin yang dipanaskan menjadi cair.

    ➡️ Penyebab: penambahan panas.


    b. Membeku

    Cair → Padat
    Terjadi karena benda cair didinginkan.
    Contoh:

    • Air yang dimasukkan ke freezer menjadi es batu.

    • Lilin cair yang didiamkan mengeras kembali.

    ➡️ Penyebab: pengurangan panas.


    c. Menguap

    Cair → Gas
    Terjadi karena benda cair dipanaskan hingga berubah menjadi uap.
    Contoh:

    • Air yang direbus menjadi uap.

    • Pakaian basah yang dijemur menjadi kering.

    ➡️ Penyebab: penambahan panas.


    d. Mengembun

    Gas → Cair
    Terjadi karena gas didinginkan.
    Contoh:

    • Embun di pagi hari berasal dari uap air yang mendingin di udara.

    • Tutup panci yang dipanaskan muncul titik-titik air di bagian bawahnya.

    ➡️ Penyebab: pengurangan panas.


    e. Menyublim

    Padat → Gas
    Terjadi tanpa melalui bentuk cair.
    Contoh:

    • Kapur barus yang lama-kelamaan habis.

    • Es kering (dry ice) yang langsung menjadi gas.

    ➡️ Penyebab: penambahan panas.


    🌍 3. Contoh Perubahan Wujud Zat di Sekitar Kita

    Kegiatan Sehari-hari Jenis Perubahan Wujud Penjelasan
    Es batu mencair di gelas Mencair Es (padat) menjadi air (cair)
    Air di freezer menjadi es Membeku Air (cair) menjadi es (padat)
    Air mendidih saat dimasak Menguap Air (cair) menjadi uap (gas)
    Embun muncul di pagi hari Mengembun Uap air (gas) menjadi air (cair)
    Kamar beraroma kapur barus Menyublim Kapur barus (padat) berubah menjadi gas
     4. Kesimpulan
    • Zat dapat berubah wujud karena panas.

    • Pemanasan menyebabkan zat mencair, menguap, atau menyublim.

    • Pendinginan menyebabkan zat membeku atau mengembun.

    • Perubahan wujud zat sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari.                                  5. Kegiatan Percobaan Sederhana (Opsional)

    Percobaan 1: Es Batu Mencair

    Alat dan bahan: es batu, wadah, stopwatch.
    Langkah-langkah:

    1. Letakkan es batu di wadah.

    2. Diamkan di ruangan terbuka.

    3. Amati berapa lama es berubah menjadi air.
      Hasil: es mencair karena terkena panas dari udara.

    Percobaan 2: Air Menguap dan Mengembun

    Alat dan bahan: panci, air, kompor, tutup panci.
    Langkah-langkah:

    1. Panaskan air hingga mendidih.

    2. Amati uap air yang naik.

    3. Lihat bagian bawah tutup panci — muncul titik air (embun).
      Hasil: air menguap menjadi uap, lalu mengembun menjadi air kembali.

Mapel : Pak 

Berikut 5 soal essay pemecahan masalah dengan materi disiplin, jujur, dan tanggung jawab

1. Disiplin

Soal:
Kamu memiliki tugas sekolah yang harus dikumpulkan besok pagi, tetapi temanmu mengajak bermain game malam ini. Jika kamu ikut bermain, kamu mungkin tidak sempat menyelesaikan tugas.
Pertanyaan:
Apa yang akan kamu lakukan agar tetap bisa menikmati waktu bersama teman tanpa melanggar sikap disiplin? Jelaskan alasanmu.

2. Jujur

Soal:
Saat ujian berlangsung, kamu tidak sengaja melihat jawaban teman di sebelahmu. Guru tidak menyadarinya.
Pertanyaan:
Bagaimana tindakanmu untuk menunjukkan sikap jujur dalam situasi tersebut? Jelaskan akibat jika kamu memilih untuk tidak jujur.                             3. Tanggung Jawab

Soal:
Kamu ditugaskan sebagai ketua kelompok untuk menyelesaikan proyek kelas, tetapi dua anggota kelompokmu tidak mau bekerja sama.
Pertanyaan:
Apa langkah-langkah yang akan kamu lakukan untuk tetap bertanggung jawab terhadap tugas kelompokmu?                     4. Disiplin dan Tanggung Jawab

Soal:
Kamu sering terlambat datang ke sekolah karena tidur larut malam bermain ponsel. Akibatnya, kamu sering mendapat teguran dari guru.
Pertanyaan:
Bagaimana cara kamu memperbaiki kebiasaan tersebut agar bisa lebih disiplin dan bertanggung jawab terhadap kewajiban sebagai siswa?                            5. Jujur dan Disiplin

Soal:
Guru memberikan tugas individu, tetapi salah satu temanmu mengajak mengerjakan bersama dan menyalin sebagian besar jawabannya.
Pertanyaan:
Bagaimana cara kamu bersikap agar tetap jujur dan disiplin dalam mengerjakan tugas tersebut? Jelaskan alasanmu.




Mapel : Bahasa Indonesia 

Tujuan pembelajaran : Murid mengerjakan latihan literasi Assesmen 

Media pembelajaran : Buku cetak Bahasa Indonesia 

Metode pembelajaran : Mengerjakan secara Individu 
Latihan Assesmen hal 99 - 101

Kesimpulan dan refleksi hari ini Alhamdulillah kegiatan hari ini berjalan dengan lancar , murid bersemangat bersekolah hari ini

Alhamdulillah siswa bersemangat mempelajari materi ipas 

Dilanjutkan sholih sholihah tugas pak dan bahasa Indonesia 

Alhamdulillah kegiatan pembelajaran berjalan dengan baik dan lancar. 

Berikut dokumentasi kegiatan hari ini :


0 komentar:

Posting Komentar