KELAS III . B
GURU KELAS : Fuji lestari, S. Pd
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, segala puji hanya milik Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat sehat, iman, dan kesempatan untuk berkumpul kembali di hari kedua sekolah ini. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat, dan kita semua sebagai umatnya. Aamiin ya Rabbal ‘alamin.
Anak-anak yang sholeh dan sholehah,
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga semuanya sehat dan semangat ya!
Hari ini kita sudah belajar seperti biasakalian. semoga kalian semakin semangat belajar, berteman dengan baik, dan menunjukkan akhlak yang mulia. Ingatlah, anak-anak, bahwa menuntut ilmu adalah ibadah. Rasulullah SAW bersabda:
"Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap Muslim." (HR. Ibnu Majah)
Jadi, mari kita awali hari ini dengan niat yang baik, semangat belajar, dan tidak lupa berdoa. Semoga Allah SWT memberikan kita ilmu yang bermanfaat dan hati yang selalu bersyukur.
Selamat belajar, anak-anak hebat! Semoga hari ini menjadi hari yang penuh kebaikan dan keberkahan
Mapel Matematika
Tujuan Pembelajaran
-
Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan pembagian.
-
Menunjukkan sikap teliti, percaya diri, dan tanggung jawab dalam menyelesaikan soal pembagian. ๐ฏ Media Pembelajaran
-
Gambar objek (apel, kue, bola, dll)
-
Alat peraga konkret (kancing, kelereng, lidi)
-
Video animasi pembagian
-
Papan tulis / LCD projector� Metode Pembelajaran : Diskusi kelompok – Siswa bekerja dalam kelompok menyelesaikan soal pembagian. Tanya jawab dan refleksi – Mengecek pemahaman siswa di akhir pembelajaran. ๐ 5 Soal Cerita Literasi Matematika (Pembagian) – Kelas 3 SD
Soal 1
Ibu memiliki 54 kue dan ingin membaginya sama rata kepada 6 anaknya.
Pertanyaannya:
Berapa kue yang diterima setiap anak?
Soal 2
Andi mempunyai 56 kelereng. Ia ingin memasukkan kelereng itu ke dalam kantong plastik, masing-masing berisi 7 kelereng.
Pertanyaannya:
Berapa kantong plastik yang dibutuhkan Andi?
Soal 3
Sebuah toko memiliki 72 botol minuman. Botol-botol itu akan disusun ke dalam 8 rak dengan jumlah yang sama.
Pertanyaannya:
Berapa botol yang ada di setiap rak?
Soal 4
Di kebun, ada 28 jeruk yang ingin dibagikan kepada 7 anak secara adil.
Pertanyaannya:
Berapa jeruk yang diterima masing-masing anak?
Soal 5
Seorang guru membawa 45 buku cerita dan membaginya ke dalam 5 kelompok belajar secara merata.
Pertanyaannya:
Berapa buku yang diterima oleh setiap kelompok? Pecahan Biasa
๐ Pengertian Pecahan
Pecahan adalah bilangan yang menunjukkan bagian dari keseluruhan.
Contohnya:
๐ Jika satu pizza dibagi menjadi 4 bagian sama besar dan kamu makan 1 bagian, maka kamu memakan ¼ pizza.
๐ Bagian-bagian Pecahan
Sebuah pecahan ditulis seperti ini:
a/b
Keterangan:
-
a = pembilang (bagian yang diambil)
-
b = penyebut (jumlah seluruh bagian)
Contoh:
3/5
Artinya: dari 5 bagian sama besar, diambil 3 bagian.
๐ก Contoh Pecahan Biasa
-
½ dibaca “satu per dua”
-
⅓ dibaca “satu per tiga”
-
¾ dibaca “tiga per empat” ๐ข 2. Pecahan Desimal
๐ Pengertian Pecahan Desimal
Pecahan desimal adalah pecahan yang penyebutnya 10, 100, 1000, dan seterusnya, dan ditulis dengan tanda koma (,).
Contoh:
-
½ = 0,5
-
¼ = 0,25
-
¾ = 0,75
๐ก Membaca Pecahan Desimal
-
0,5 dibaca “nol koma lima”
-
0,25 dibaca “nol koma dua lima”
-
1,75 dibaca “satu koma tujuh lima”
Mapel : Seni Rupa
Tujuan pembelajaran : Pelaksanaan sumatif harian ke 4
Media pembelajaran : Soal Sumatif, buku Penilaian harian
Metode pembelajaran : mengerjakan secara Individu materi komposisi
Materi : Komposisi
Pengertian komposisi
Fungsi komposisi
Jenis komposisi
Gambar jenis komposisi
Kirigami dan origami
Gambar dekoratif
Soal Sumatif
1.Saat menggambar, susunan gambar yang terlalu berat di satu sisi dan kosong di sisi lain akan terasa...
a. Kaku
b. Menarik
c. Tidak seimbang
d. Indah
2.Karya seni yang memiliki unsur-unsur visual yang tersusun rapi dan saling menunjang disebut komposisi yang...
a. Kacau
b. Kuat
c. Serasi
d. Bermacam-macam
3.Salah satu jenis komposisi dalam seni rupa adalah keseimbangan. Ada dua jenis keseimbangan, yaitu simetris dan...
a. Kaku
b. Datar
c. Aneh
d. Asimetris
4.Contoh komposisi yang baik adalah ketika semua objek dalam gambar terlihat...
a. Sama persis
b. Beraturan
c. Saling berhubungan dan harmonis
d. Terlalu banyak
5Jika kita membuat komposisi gambar dengan meletakkan objek yang besar di tengah dan objek kecil di sekitarnya, ini disebut keseimbangan...
a. Simetris
b. Asimetris
c. Kaku
d. Bervariasi
Isian Singkat
11.Susunan unsur-unsur seni rupa dalam suatu karya disebut _____.
12.Prinsip komposisi yang membuat semua unsur saling berhubungan disebut _____.
13.Keseimbangan _____ artinya susunan benda di sebelah kanan dan kiri sama persis.
14.Keseimbangan _____ artinya susunan benda di sebelah kanan dan kiri tidak sama persis, tetapi tetap terlihat seimbang.
15.Sebelum mulai menggambar, kita perlu membuat _____, yang berfungsi sebagai panduan meletakkan objek.
Kesimpulan dan refleksi hari ini Alhamdulillah kegiatan hari ini berjalan dengan lancar , murid bersemangat bersekolah hari ini
Alhamdulillah siswa bersemangat mempelajari materi pembagian berkaitan dengan cerita sehari hari
Dilanjutkan sholih sholihah tugas Sumatif harian ke 4 Seni Rupa
Alhamdulillah kegiatan pembelajaran berjalan dengan baik dan lancar.
Berikut dokumentasi kegiatan hari ini
0 komentar:
Posting Komentar